Meriahnya Pasar Apung Klong Hae di Hat Yai Thailand Selatan

Meriahnya Pasar Apung Klong Hae di Hat Yai Thailand Selatan – Setelah seharian berputar-putar di Provinsi Songkhla, Thailand Selatan, akhirnya tibalah kami di tujuan wisata terakhir hari itu sebelum kembali ke penginapan kami selama di Hat Yai yaitu GET Guesthouse.

Meriahnya Pasar Apung Klong Hae di Hat Yai Thailand Selatan Meriahnya Pasar Apung Klong Hae di Hat Yai Thailand Selatan

Tempat wisata terakhir yang kami datangi adalah Pasar Apung Klong Hae di Hat Yai.  Jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat kota Hat Yai, mungkin kurang lebih 30 menit dari Pasar Apung ini ke GET Guesthouse. Setelah Uncle Pee Boon, salah satu sopir tuk-tuk berbahasa Inggris, memarkir tuk-tuknya di halaman salah satu kuil; beliau mengantar kami ke area pasar apung dan memberi tahu jam berapa kami bertemu kembali.

Meriahnya Pasar Apung Klong Hae di Hat Yai Thailand Selatan ini memang terkenal di kalangan wisatawan yang berlibur ke Hat Yai. Sayangnya pasar apung ini hanya beroperasi di setiap akhir pekan yaitu di hari Jumat, Sabtu dan Minggu mulai pukul 13:00 – 21:00. Ini mengingatkan saya pada jadwal pasar malam di Jonker Street, Melaka, Malaysia yang juga beroperasi di setiap akhir pekan saja. Jadi bagi mereka yang ingin menikmati meriahnya Pasar Apung Klong Hae di Hat Yai Thailand Selatan ini, datanglah di akhir pekan.

Di Sabtu sore itu, Pasar Apung Klong Hae sangat ramai. Mayoritas pengunjung adalah wisatawan seperti saya. Kami bertiga segera membaur dalam keramaian dan kemeriahan pasar apung ini. Apalagi di salah satu sisi pasar, terdengar suara musik tradisional Thailand serta kerumuman pengunjung yang sepertinya sedang menonton pertunjukan.

Meriahnya Pasar Apung Klong Hae di Hat Yai Thailand Selatan Meriahnya Pasar Apung Klong Hae di Hat Yai Thailand Selatan

Setelah melewati jembatan yang cukup panjang, sampailah kami di pasar apung ini. Jadi pasar ini berada tepat di bawah jembatan dan disisi sungai. Senja itu matahari cukup cantik sehingga menambah cantiknya pasar apung ini. Beberapa anak muda berfoto di sepanjang jembatan sehingga mendapatkan gambar pasar sebagai latar belakangnya.

Dari tangga di pintu masuk, saya segera menuju area dimana terlihat pertunjukan tari oleh sekelompok anak muda yang ternyata berasal dari fakultas seni salah satu universitas di Hat Yai. Wah, penari lelaki nya pun sangat gemulai membawakan beberapa tarian tradisional. Pertunjukan ini menambah meriahnya Pasar Apung Klong Kae di Hat Yai Thailand Selatan.

Meriahnya Pasar Apung Klong Hae di Hat Yai Thailand Selatan Meriahnya Pasar Apung Klong Hae di Hat Yai Thailand Selatan

Setelah puas menikmati pertunjukan tari, kami segera menuju area penjual di sisi sungai. Kami menyusur dari ujung hingga ujung sebelum memutuskan apa yang akan kami beli. Untuk area di sisi sungai ini, semua menjual aneka makanan dan minuman. Jenis makanan dan minuman yang dijual di perahu ini hampir sama semua. Soal rasa juga mirip-mirip.

Pertama kami membeli minuman karena memang sangat haus. Lalu ada penjual makanan sejenis otak-otak, es krim kelapa, nasi goreng, pat thai dan masih banyak lagi. Sebenarnya saya tertarik membeli udang rebus tetapi masih kenyang. Jadi akhirnya berjalan-jalan lagi dan berpindah ke area atas yang tidak kalah ramai dan menariknya.

Meriahnya Pasar Apung Klong Hae di Hat Yai Thailand Selatan Meriahnya Pasar Apung Klong Hae di Hat Yai Thailand Selatan

Bagian atas pasar apung ini, terdapat area yang luas dimana penjual makanan, baju, sepatu dan oleh-oleh yang tidak kalah menariknya. Lapak-lapak ini berjajar rapi dan bersih. Mau apa? Manggo sticky rice yang terkenal? Wah, banyak sekali tinggal pilih di lapak yang mana akan membelinya. Harganya sekitar THB 40 – 50 tergantung besar porsinya.

Menurut saya harga makanan di Pasar Apung Klong Hae di Hat Yai ini cukup murah. Enaknya setelah membeli makanan dan minuman, kita dapat duduk-duduk disekitar area untuk menikmati makanan dan minuman kita. Tetapi jika penuh ya mau tidak mau makan sambil jalan atau berdiri. Siapkan waktu sekitar 2-3 jam jika ingin menikmati kuliner dan santai berbelanja di pasar apung ini.

Saya sempat membeli oleh-oleh yaitu teh Thailand dengan angan-angan bisa membuat teh tarik sendiri di rumah nanti. Ternyata harganya sama loh dengan harga di pasar di pusat kota Hat Yai bahkan lebih murah dari pusat oleh-oleh yang kami datangi. Yang laris dibeli pengunjung adalah bumbu Tom Yam. Jika membeli bumbu Tom Yam ini, pastikan Anda membeli atau mempunyai bagasi saat pulang nanti karena bentuk pasta tidak bisa masuk dalam kabin pesawat.

Selamat makan-makan, berbelanja dan menikmati meriahnya Pasar Apung Klong Hae di Hat Yai Thailand Selatan !

KLONG HAE FLOATING MARKET

Buka setiap akhir pekan (Jumat – Minggu)

Jam operasiona : 15:00 – 21:00

Alamat : Klong Hae Khutao Road, Hat Yai, Thailand

 

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!