Menikmati Indahnya Senja di Mercusuar Sembilangan Bangkalan Madura

Menikmati Indahnya Senja di Mercusuar Sembilangan Bangkalan Madura¬†–¬†Bangkalan bukan hanya terkenal dengan aneka olahan makanan bebek saja tapi banyak lokasi wisata menarik yang dapat kita kunjungi.


Hari itu setelah kami berkeliling kota Bangkalan, kami akan menikmati senja di Mercusuar Sembilangan di Bangkalan. Lokasinya tidak terlalu jauh dari jauh dari Jembatan Suramadu yang menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Madura. Sengaja kami memilih waktu sore hari ke Mercusuar ini karena kami ingin menikmati senja yang indah dari atas menaranya.

Bagaimana menuju lokasi ini? Dari Jembatan Suramadu, Anda masuk ke Kota Bangkalan. Gunakan GPS atau tanyakan pada penduduk lokasi Mercusuar Sembilangan (beberapa penduduk sekitar menyebut bangunan ini Lampu) atau Makam KH Kholil. Mercusuar ini letaknya sekitar 3KM – lurus dari arah makam. Tidak ada angkutan umum menuju tempat ini sehingga Anda harus membawa kendaraan pribadi jika ingin ke tempat ini.

Mercusuar Bangkalan

 

Mercusuar ini terletak di Desa Sembilangan, Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan. Tepatnya sekitar 6 kilometer dari kota Bangkalan. Menara ini dibangun pada masa pemerintahan Hindia Belanda Z.M.Willem III pada tahun 1879. Nama beliau dapat ditemukan di plakat yang terpatri di dinding mercusuar.

Sampai hari ini, bangunan ini masih terawat dengan baik karena mercusuar ini masih digunakan oleh Departemen Perhubungan dalam navigasi pelayaran di Selat Madura dan juga memandu kapal yang akan masuk ke Pelabuhan Tanjung Perak. Bangunan kokoh dengan tinggi 78 meter ini terbuat dari baja yang super tebal yang mungkin sudah susah ditemukan di masa sekarang.

IMG_20160604_165437

Menikmati Indahnya Senja di Mercusuar Sembilangan Bangkalan Madura

Saat memasuki mercusuar yang memiliki 17 lantai ini, saya agak merinding juga. Oh ya, setiap lantai memiliki 2 jendela yang berada di sisi depan dan belakang menara. Menaiki tangga satu per satu hingga di tangga bernomor sebelas, saya ragu untuk melanjutkan perjalanan. Tangganya benar-benar lurus, aduh, bagaimana nanti saya harus turun. Akhirnya, saya memutuskan melanjutkan perjalanan setelah seorang sahabat menyemangati saya.

IMG_20160604_170736

Menikmati Indahnya Senja di Mercusuar Sembilangan Bangkalan Madura

IMG_20160604_170622

Menikmati Indahnya Senja di Mercusuar Sembilangan Bangkalan Madura

Yippi, akhirnya sampai juga di lantai 16 dari mercusuar ini (lanta 17 adalah tempat lampu mercusuar). Lalu terbentang di hadapan saya pemandangan yang indah. Senja telah memerah, begitu indah. Terlupa sudah tangga lantai sebelas yang membuat saya ragu. Angin sepoi-sepoi menerpa menyegarkan saat saya menikmati kesibukan lalu lalang kapal yang melintasi Selat Madura. Sore itu cukup banyak pengunjung yang bersama kami Menikmati Indahnya Senja di Mercusuar Sembilangan Bangkalan Madura.

Kembali kami menuruni tangga baja yang terpasang kokoh dengan mur baut yang super ini. Beberapa tangga sudah ada yang hilang sehingga kami harus lebih berhati-hati apalagi penerangan hampir tidak ada. Hampir gelap, selesai sudah menikmati Indahnya Senja di Mercusuar Sembilangan Bangkalan Madura. Waktunya turun kembali ke lantai satu dan kembali ke Surabaya. Pengalaman ini tak terlupakan!

One Response

  1. Meity July 3, 2016

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!