Mendaki Gunung Ijen Banyuwangi dengan Pemandu Wisata Lokal

Mendaki Gunung Ijen Banyuwangi dengan Pemandu Wisata Lokal – Apakah Anda sudah pernah mendaki Gunung Ijen di Banyuwangi? Gunung ini terkenal keindahan cahaya biru (blue fire) serta danau biru di tengahnya. Gunung Ijen sendiri merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Jawa Timur baik untuk wisatawan domestik maupun mancanegara.

Awal Desember 2019, saya berkesempatan datang lagi untuk menikmati indahnya Gunung Ijen. Ini memang bukan pertama kalinya saya mendaki gunung ini tetapi saya masih bersemangat untuk dapat menyelesaikan pendakian. Menurut pengalaman saya, walaupun kita mendaki gunung yang sama atau mendatangi sebuah tempat yang sama, kita akan menemukan sisi dan nuansa yang berbeda pada kedatangan berikutnya.

Berangkat dari Kota Banyuwangi sekitar tengah malam karena beberapa rekan ingin melihat blue fire. Perjalanan kami tempuh dalam waktu kurang lebih 1 (satu) jam dari Hotel Aston Banyuwangi sampai di Paltuding. Oh ya, jalan yang ditempuh menuju Paltuding berada di dua kabupaten yaitu Banyuwangi dan Bondowoso.

Paltuding adalah gerbang utama masuk ke Cagar Alam Taman Wisata Kawah Ijen. Di sini kendaraan bermotor diparkir, tenda para pendaki yang menginap didirikan serta warung-warung siap menyajikan minuman serta makanan panas bagi mereka yang akan naik ataupun turun gunung nanti. Disini juga saya dan rombongan bertemu dengan guide lokal yaitu mantan penambang,

Kendaraan paling besar yang boleh naik sampai ke Paltuding adalah ELF. Jika Anda datang ke Banyuwangi menggunakan bus, ada baiknya Anda segera mencari tim wisata / pemandu wisata lokal untuk mengaturkan kendaraan kecil untuk sampai ke Paltuding.

Pintu gerbang kawasan Kawah Ijen ini dibuka untuk pendaki setiap harinya mulai jam 01.00 hingga jam 11.00. Diluar jam ini, tidak ada pendaki yang diijinkan untuk naik. Jika Anda ingin melihat cahaya biru dari gunung sulfur (blue fire) seperti rekan-rekan saya, sebaiknya Anda mulai berjalan naik saat gerbang dibuka yaitu pukul 01.00.

Saya beruntung, dini hari itu saya melihat blue fire kecil di perjalanan. Dari awal saya memang tidak berencana turun ke tempat penambangan belerang untuk melihat blue fire. Tidak kuat saya menahan bau belerang yang sangat kuat itu. Ternyata walaupun kecil, nyala biru ini memang cantik.

Oh ya, jika ingin ke kawah dan melihat blue fire, pengunjung dapat menyewa masker di warung-warung di parkiran Paltuding. Harganya Rp. 25.000/buah. Pastikan untuk mengembalikan setelah selesai.

Perjalanan santai dari pintu gerbang memakan waktu sekitar 2 jam dengan berjalan kaki. Sebenarnya jalan ke puncak Gunung Ijen ini jelas. Ikuti saja rombongan di depan. Pastikan membawa senter dan air minum serta masker penutup hidung dan mulut. Namun jika ingin lebih nyaman dan tidak ragu di perjalanan, mendaki Gunung Ijen Banyuwangi dengan pemandu wisata lokal tentunya lebih disarankan.

Para pemandu jalan ini tentunya sudah hafal dimana dapat beristirahat, dimana letak tanjakan yang curam, dimana titik cantik untuk berfoto. Tapi sungguh perjalanan ini tidak akan mengecewakan!

Untuk mendapatkan pemandu wisata Gunung Ijen, ada beberapa orang yang dapat kita hubungi. Jika Anda membawa kendaraan kecil pribadi dan langsung parkir di Paltuding, datang ke warung-warung yang ada disana dan carilah pemandu untuk naik disana.

Disini biasanya terjadi tawar-menawar harga. Biasanya berkisar antara Rp. 150.000 – 250.000/ pemandu. 1 pemandu untuk maksimal 10 orang tamu. Pastikan kedua belah pihak saling untung ya.

Jika Anda tidak membawa kendaraan roda empat sendiri, sebenarnya bisa saja naik sepeda motor walaupun tidak disarankan. Namun pastikan benar-benar sepeda motor Anda dalam keadaan sangat fit. Sepeda motor matik sebaiknya jangan digunakan, mengingat kondisi jalan yang cukup berbahaya.

Demi keamanan, sebaiknya menyewa kendaraan dari Kota Banyuwangi saja. Sekaligus pesanlah pemandu lokal untuk menemani naik Gunung Ijen lalu mampir ke tempat wisata lain saat kembali ke kota nanti. Apalagi jika datangnya bersama rombongan 3-5 orang, sebaiknya sih menyewa mobil saja.

Ada beberapa kontak pemandu lokal yang dapat saya rekomendasikan jika Anda ingin mengeksplorasi wisata Banyuwangi dan sekitarnya. Mereka ini adalah orang-orang yang berpengalaman dan tahu seluk-beluk wisata Banyuwangi. Silahkan menghubungi mereka langsung untuk mendapatkan agenda perjalanan dan harga terbaik.

Sigit Banjoewangi (nama di FB) : HP : +62-812 3093 5400

Baim Guide Banyuwangi : HP : +62-821 4466 7746

BosPro Outbound & Travel (Bapak Targi) : HP : +62-852 5907 7923

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!