Murahnya Berlibur di Pantai Bangsring Banyuwangi

Murahnya Berlibur di Pantai Bangsring Banyuwangi – Beberapa tahun belakangan, Banyuwangi menjadi destinasi wisata favorit domestik dan dunia. Kota di ujung timur pulau Jawa ini dianugerahi Tuhan kekayaan alam yang luar biasa. Pantai-pantai yang cantik, gunung, air terjun dan hutan yang kaya.

Sekembalinya saya dari Kawah Ijen, saya dan rombongan tidak langsung kembali ke penginapan. Kami melanjutkan perjalanan ke Pantai Bangsring. Sebenarnya ini diluar rencana awal kami. Namun, sopir kendaraan kami sangat merekomendasikan pantai ini. Cantik dan menarik katanya. Sayang kalau sudah sampai Kota Banyuwangi dan tidak mampir ke Pantai Bangsring.

Akhirnya kami tiba juga di Pantai Bangsring. Akses menuju pantai ini mudah ditempuh. Apalagi jalannya sudah beraspal apalagi hotmix, mulus. Waktu tempuh dari kawasan Gunung Ijen menuju Pantai Bangsring kurang lebih adalah 1 (satu) jam.

Siang itu, Pantai Bangsring cukup ramai. Untuk dapat masuk ke area pantai ini, pengunjung harus membayar tiket masuk dan parkir kendaraan. Kalau tidak salah ingat, tiket masuknya hanya Rp. 2.000 atau Rp. 5.000. Sedangkan parkir mobil besar sekitar Rp. 10.000.

Namun jika Anda ingin menikmati keindahan Bangsring Underwater (Bunder), ada biaya lain yang harus Anda bayar. Ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan selama berada di Pantai Bangsring. Diantaranya adalah snorkeling, menyelam, naik perahu kano, naik banana boat ataupun naik kapal ke Pulau Tabuhan dan Menjangan.

Harga untuk kegiatan tersebut kira-kira adalah sebagai berikut : naik kapal menuju Rumah Apung termasuk jaket pengaman dan alat snorkeling Rp. 35.000. Perahu kano disewakan per jam dengan harga Rp. 40.000. Untuk menyewa alat menyelam dan pemandu, Anda harus membayar sekitar Rp. 800.000. Oh ya, tersedia alat gesek jika Anda membayar dengan kartu debit atau kredit. Tapi perlu dipastikan bahwa mesin berfungsi saat Anda akan membayar.
Berbeda lagi jika Anda ingin menyeberang ke Pulau Tabuhan ataupun Pulau Menjangan. Jika datang dengan rombongan sekitar 10 orang, saya sarankan Anda mengambil paket saja. Rata-rata harga paket ke Pulau Menjangan adalah Rp. 2.100.000. Dengan membayar paket ini, Anda akan mendapatkan kapal cepat pulang pergi, makan siang, minum, alat snorkeling, pemandu dan mampir ke Rumah Apung.

Sebaiknya Anda membawa tas anti air ataupun menyewa loker jika Anda dan rombongan ingin mengikuti aktivitas air di Pantai Bangsring ini. Jangan sampai barang-barang Anda basah kuyup karena air. Jika menyewa loker, ada biaya tambahan yang harus Anda keluarkan.

Karena Pantai Bangsring ini adalah kawasan konservasi laut, maka semua pengunjung harus mengikuti semua aturan yang ada. Ini semua dimaksudkan untuk tetap menjaga kelestarian alam bawah laut dan kawasan Pantai Bangsring ini. Secara umum, Pantai Bangsring ini bersih dengan pasirnya yang berwarna putih halus.

Nah, jika Anda sudah berada di pantai ini maka berperahumenuju Rumah Apung adalah hal yang harus dilakukan. Di Rumah Apung Bangsring ini, Anda dapat bermain dengan ikan-ikan hias cantik dan menikmati keindahan terumbu laut melalui alat snorkeling yang Anda sewa. Selain itu berfoto dengan latar belakang laut luas serta Selat Bali yang cantik juga jangan sampai terlewatkan.

Oh ya, ada penangkaran ikan hiu juga di lokasi Rumah Apung ini. Ikan-ikan hiu disini nampaknya sudah lebih jinak. Tetapi tetap ikuti aturan bahwa jika ada luka di salah satu bagian tubuh Anda, sebaiknya Anda tidak masuk ke area penangkaran hiu ini. Karena akan membahayakan diri Anda sendiri.

Dari Pantai Bangsring ini, kita dapat melihat Pulau Bali dari jauh. Bahkan Pulau Menjangan yang dapat dicapai dengan perahu cepat dari Pantai Bangsring ini adalah bagian dari Taman Nasional Bali Barat. Jadi, jika menjejakkan kaki di Pulau Menjangan berarti Anda sudah berada di Pulau Bali. Ini hanya sekitar 30 menit dari Pantai Bangsring dengan kapal cepat.

Kegiatan di Pantai Bangsring ini dapat dilakukan setiap hari selama dalam jam operasional mereka. Jam operasional di pantai ini adalah 07:00 – 18;00. Sebenarnya Anda dapat langsung datang ke pantai ini dan menyewa kapal cepat. Namun ada baiknya, kita dapat menghubungi salah satu pemilik kapal sehingga kita pasti mendapatkan unit untuk berwisata di Pantai Bangsring ini.

Salah satu pemilik kapal yang dapat dihubungi untuk disewa adalah Pak Haji Ihwan. Jika Anda membutuhkan paket ke Pulau Menjangan juga dapat dipesan kepada beliau. Silahkan menghubungi Pak Haji Ihwan di +62-812 3351 548

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!