Syarat dan Biaya Pengajuan Visa Australia Online Untuk WNI

Syarat dan Biaya Pengajuan Visa Australia Online Untuk WNI – Terbilang nekad, beberapa bulan lalu saya membeli tiket pulang-pergi Denpasar-Perth saat Airasia memberikan promo luar biasa. Saya mendapatkan tiket itu dengan harga dibawah 2 (dua) juta rupiah saja. Lalu setelah melakukan pembayaran dan mencetak tiket, barulah saya berpikir bagaimana saya bisa mendapatkan visa untuk berangkat ke Australia. Seperti kita tahu, Warga Negara Indonesia membutuhkan visa untuk dapat masuk ke negara tetangga kita Australia.

Kadang saya sedih juga, mengapa kita tidak mendapatkan fasilitas bebas visa dari negara Australia disaat negara kita memberikan fasilitas bebas visa bagi warga negara Australia. Tapi ini tidak membuat saya berkecil hati, apalagi setelah pengumunan dari pihak Kedutaan Australia di akhir 2017 yang menginformasikan bahwa WNI bisa mengajukan visa secara online. Ah, senangnya saya yang tinggal jauh dari Bali dan Jakarta ini tidak perlu menambah hari cuti untuk memasukkan dokumen ke kedutaan. Tentu saja tidak menambah biaya tiket untuk ke salah satu dari kedua kota itu dan dapat dilakukan di hari apa saja dan jam berapa saja. Asik bukan?

Syarat dan Biaya Pengajuan Visa Australia Online Untuk WNI

Berbekal mengumpulkan semua informasi dari dunia maya dan dari pengalaman beberapa orang di komunitas traveling, akhirnya saya mendapatkan semua informasi tentang syarat dan biaya pengajuan visa Australia online untuk WNI. Setelah mendaftar semua yang dibutuhkan, sepertinya tidak terlalu sulit untuk mendapatkan semua persyaratannya walaupun saya tidak mempunyai sponsor atau pengundang dari Australia. Berwisata mandiri bagi wisatawan ala ransel seperti saya adalah sebuah kewajiban. Membuat rencana perjalanan, mencari penginapan yang dekat dengan transportasi umum adalah sebuah keharusan apalagi awalnya saya akan berlibur sendiri berikut juga dengan pengurusan visa seperti ini.

Setelah seorang teman memutuskan bergabung dan mendapatkan tiket di tanggal yang sama, akhirnya kami berdua mengumpulkan semua dokumen yang disyaratkan sesuai dalam halaman resmi Kedutaan Australia.

Namun kami menambahkan beberapa dokumen lain sehingga dokumen lengkap kami berdua  adalah sebagai berikut – semua sudah di scan dalam bentuk PDF atau JPG :

  1. Pasfoto ukuran 3,5 x 4,5 dengan latar belakang putih
  2. KTP
  3. SIM
  4. Akte kelahiran
  5. Kartu Keluarga
  6. Rekening tabungan 3 bulan terakhir dan atau slip gaji (untuk rekening tabungan saya mencetak dari transaksi bulanan internet banking. Pastikan ada nama dan nomer rekening Anda disana). Saldo di rekening sebaiknya tidak ada transaksi tambahan dana mendadak dan jumlahnya diperhatikan selama 3 bulan yaitu minimal Rp. 1.500.000/ hari dikalikan jumlah hari kita akan berada di Australia. Jadi tidak perlu mempunyai saldo Rp. 50.000.000 jika akan berlibur selama 5 hari seperti kami.
  7. Bukti pelaporan pajak tahunan
  8. Rencana perjalanan selama di Australia (saya buat dalam format Excel – dengan detail tanggal, jam, dan kegiatan serta nama penginapan dan tur yang akan saya ikuti disana)
  9. Tiket pulang pergi
  10. Bukti pemesanan penginapan selama di Australia – karena saya dan teman akan berbagi kamar dan pemesan adalah saya, maka saya membuat surat pernyataan bahwa teman saya akan tingggal di penginapan bersama saya selama di Australia.
  11. Surat keterangan karyawan dari kantor yang menyatakan bahwa saya adalah karyawan dan mempunyai hak cuti yang akan saya gunakan untuk berlibur ke Australia serta akan kembali setelah liburan saya selesai. Surat ini dibuat dalam bahasa Inggris.
  12. Asuransi perjalanan – ini tidak wajib tetapi menurut informasi ini dapat merupakan nilai tambah. Selai itu memang ada baiknya setiap bepergian ke luar negari, kita dilindungi oleh asuransi perjalanan.

Setelah semua dokumen persyaratan ini terkumpul dan sebelum mulai mengisi formulir secara onlime, kita harus mempunyai akun IMMI yang dapat didaftarkan di tautan ini

Tidak lama kita akan mendapatkan konfirmasi di alamat email kita. Segera setelah itu kita dapat mulai mengisi formulir untuk wisatawan yaitu formulir model e600 – Visa Online. Seperti informasi syarat dan biaya pengajuan Visa Australia Online untuk WNI yang saya dapatkan sebelumnya, memang lembaran isian formulir ini cukup banyak yaitu 20 (dua puluh) lembar. Pastikan semua informasi yang Anda isikan adalah benar. Untungnya, jika Anda tidak dapat menyelesaikan pengisian dalam satu waktu, Anda bisa menyimpannya dan membukanya lagi di waktu berikutnya. Untuk masuk kembali ke akun Anda, nantinya Anda harus masuk lagi dengan akses dari akun IMMI.

Syarat dan Biaya Pengajuan Visa Australia Online Untuk WNI

Ikuti saja semua data, isi satu persatu sesuai yang diminta. Oh ya, form isian ini dalam Bahasa Inggris. Jadi bagi mereka yang bahasa Inggrisnya kurang bagus seperti saya, sesekali kamus dibutuhkan. Setelah kedua puluh halaman terisi, lalu kita harus mengunggah semua data yang telah kita scan sebelumnya. Unggahlah satu persatu sesuai instruksinya.

Setelah selesai, sampailah kita pada bagian terakhir yaitu pembayaran biaya visa Australia. Untuk memudahkan pembayaran, saya sarankan Anda untuk menggunakan kartu kredit saja. Biayanya adalah AUD 141.85 (Agustus 2018) yang nantinya akan ditagihkan dalam mata uang rupiah kepada akun kartu kredit Anda. Harusnya bisa juga dengan kartu debit tetapi saat teman saya mencoba membayar dengan kartu debit, beberapa kali gagal transaksi.

Syarat dan Biaya Pengajuan Visa Australia Online Untuk WNI

Karena proses aplikasi visa Australia ini membutuhkan waktu antara 19-24 hari maka saya sarankan untuk mendaftarkan aplikasi visa Anda paling tidak satu bulan sebelum keberangkatan. Saya dan teman mendaftarkan permohonan visa kami pada hari Minggu dan ternyata pada hari Rabu minggu depannya, kami mendapatkan surat elektronik yang menyatakan bahwa visa kami disetujui. Ya,hanya 10 (sepuluh) hari saja prosesnya dan mendapatkan visa untuk 3 (tiga) tahun.

Nah, inilah syarat dan biaya pengajuan Visa Australia Online untuk WNI. Jadi tidak perlu takut untuk mendapatkan visa Australia karena tidak sesulit yang dibayangkan. 

Selamat berlibur!!!!!

 

 

 

No Responses

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
error: Content is protected !!