Rumah Honai di Kampung Papua di Gunung Banyak Kota Wisata Batu

Rumah Honai di Kampung Papua di Gunung Banyak Kota Wisata Batu – Beberapa tahun terakhir ini, geliat pariwisata di Kota Wisata Batu semakin terasa. Semakin banyak tempat wisata baik baru maupun lama namun diperbaharui di Kota Wisata Batu saat ini. Sebagai pengelola hutan pinus dan hutan-hutan di Indonesia, tak ketinggalan juga di Kota Batu, saat ini Perhutani sedang berbenah mengelola properti yang dimliliki. Perhutani adalah singkatan dari Perusahaan Hutan Negara Indonesia. Perusahaan Hutan Negara Indonesia ini adalah badan usaha milik negara yang bertugas untuk melakukan perencanaan, pengurusan dan perlindungan terhadap hutan milik negara sehingga hutan-hutan ini dapat memberikan manfaat untuk penduduk sekitarnya namun juga memberikan keuntungan bagi negara.



Hutan-hutan negara di sekitar Kota Batu juga dikelola oleh Perhutani unit kerja Jawa Timur. Salah satunya adalah hutan pinus di Kawasan Parayalang Gunung Banyak di Kota Batu yang semakin hari semakin terkenal baik bagi pelancong dan penggiat olahraga paralayang domestik maupun internasional. Bahkan beberapa kompetisi paralayang kelas dunia diadakan di tempat ini.

Rumah Honai di Kampung Papua Rumah Honai di Kampung Papua

Salah satu dari kawasan hutan pinus di Gunung Banyak ini saat ini disulap menjadi sebuah kawasan wisata yang menarik. Tempat ini bernama Hutan Goa Pinus yang didalamnya terdapat Kampung Papua.

Apa yang menarik di Kampung Papua ini? Rumah Honai! Apa itu Rumah Honai? Honai adalah rumah adat Suku Papua. Seperti di daerah asalnya, Honai di Kampung Papua Kawasan Gunung Banyak ini juga dibuat dari kayu dengan atap kerucut dari jerami ataupun ilalang.

Bangunan di Kampung Papua ini juga dibuat persis dengan Honai di Papua yaitu tanpa jendela dan tidak luas. Tingginya sekitar 2,5 meter saja. Bedanya, Honai di Kampung Papua ini tidak dihuni oleh penduduk.

Rumah Honai di Kampung Papua di Gunung Banyak Kota Wisata Batu ini merupakan salah satu tempat wisata baru di Kota Wisata Batu karena baru dibangun di pertengahan tahun 2017. Sebelumnya di kawasan hutan pinus ini hanya terdapat gua yang menurut penduduk sekitar adalah goa Jepang dan beberapa kursi kayu. Bisa dibilang, dulunya kawasan ini kurang menarik.

Dengan adanya Rumah Honai di Kampung Papua di Gunung Banyak Kota Wisata Batu ini, tingkat wisatawan baik domestik maupun internasional semakin meningkat. Karena berada di dataran tinggi, maka udara di Kampung Papua ini sangat sejuk sehingga sangat cocok untuk berlibur dan melepas lelah sejenak. Terasa sekali udara bersih yang kita hirup saat berada di kawasan Gunung Banyak ini.

Rumah Honai di Kampung Papua di Gunung Banyak Rumah Honai di Kampung Papua di Gunung Banyak

Selain Rumah Honai di Kampung Papua, di kawasan Hutan Goa Pinus ini terdapat banyak spot menarik untuk berfoto.

Ini tentunya sangat menarik bagi mereka yang memiliki hobi mengambil foto ataupun difoto sebagai model. Sepertinya banyak sekali titik yang menarik untuk dijadikan latar belakang foto maupun sebagai obyek foto.

Mulai dari pintu gerbang Kampung Papua yang menarik, Rumah Honai itu sendiri, ada juga beberapa titik menarik untuk dijadikan latar belakang foto. Suka selfie? Tempat ini cocok untuk latar belakang selfie loh.

Rumah Honai di Kampung Papua di Gunung Banyak Rumah Honai di Kampung Papua di Gunung Banyak

Salah satu spot paling laris untuk dijadikan latar belakang berfoto adalah sebuah bangunan berbentuk kapal layar. Jika Anda tidak takut ketinggian, spot ini adalah spot cantik dan menarik untuk berfoto. Antrian di spot ini cukup panjang, jadi sabar saja. Bagi pecinta alam, nikmatilah keindahan kawasan ini dari atas. Sungguh menyenangkan !

Ayo berlibur ke Hutan Goa Pinus dan Rumah Honai di Kampung Papua di Gunung Banyak Kota Wisata Batu. Rasakan kesejukan udaranya dan juga berfotolah sebanyak mungkin untuk kenangan Anda di tempat ini. TIket masuknya hanya Rp. 5,000 saja loh (Harga Agustus 2017)

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!