Terpesona Pada Eksotisme Keindahan Bukit Kapur Aermata di Arosbaya Bangkalan

Terpesona Pada Eksotisme Keindahan Bukit Kapur Aermata di Arosbaya Bangkalan – Beberapa kali saya mendengar cerita teman tentang keindahan Bukit Kapur di Kecamatan Arosbaya Kabupaten Bangkalan di Pulau Madura. Akhirnya saya dan beberapa teman bersepakat untuk mengunjungi tempat ini untuk membuktikan cerita tentang keindahan bukit kapur ini.


Kami berangkat dari Malang sebelum pukul 7 pagi lalu menjemput beberapa teman yang telah berada di Surabaya. Karena memang kami ingin sampai Bukit Kapur di Arosbaya ini saat hari tidak terlalu siang, maka segera kami meninggalkan Surabaya dan menuju Pulau Madura. Jalanan hari itu cukup bersahabat sehingga tidak lama kami sampai juga di pintu masuk Jembatan Suramadu yang menghubungkan Pulau Madura dan Pula Jawa.

Terpesona Pada Eksotisme Keindahan Bukit Kapur Aermata di Arosbaya BangkalanSetelah menghabiskan makan siang kami di Bebek Songkem Pak Salim di Bangkalan, kami segera mencari petunjuk arah menuju Kecamatan Arosbaya. Petunjuk arah ke lokasi bukit kapur ini cukup jelas bagi kita yang bukan penduduk lokal. Tidak ada kendaraan umum untuk mencapai tempat ini, jadi pastikan Anda menggunakan kendaraan pribadi sejak awal Anda menuju tempat ini. Jika Anda kesulitan menemukan bukit kapur ini, coba bertanya pada penduduk setempat yang Anda temui di jalan; dimana Pesarean Aermata atau ” Bedel”. Pasti Anda akan diberikan petunjuk arah yang mudah dicapai.

Sebenarnya bukit kapur ini terletak di Desa Berbeluk, Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan. Namun karena lokasinya sangat dekat dengan situs religi Pesarean (makam) Sultan-sultan Bangkalan yang bernama Aer Mata Ibu maka orang sering menyebut bukit ini sebagai Bukit Kapur Aermata di Arosbaya.

Terpesona Pada Eksotisme Keindahan Bukit Kapur Aermata di Arosbaya Bangkalan

Karena jalan masuk ke lokasi Bukit Kapur yang oleh masyarakat juga disebut Bukit Pelalangan ini adalah jalan kampung yang sangat kecil maka hanya sepeda motor dan mobil kecil saja (maksimal ukuran Toyota Inova) yang dapat masuk ke jalan ini. Jalan hanya cukup untuk 1 mobil sehingga jika ada mobil lain datang dari arah yang berlawanan, salah satu kendaraan harus minggir atau mundur sejenak. Kendaraan besar harus diparkir di area parkir pesarean. Lalu dari sana pengunjung dapat berjalan kaki menuju Bukit Kapur Pelalangan ini.

Jika tidak jauh dari jalan kampung ini Anda akan menemukan turunan belok kanan yang sedikit curam, berarti Anda sudah sampai di area parkir Bukit Kapur Arosbaya ini. Petugas akan mengarahkan dimana Anda dapat memarkir kendaraan Anda dan Anda harus membayar biaya parkir pada petugas itu. Biaya parkir kami kemarin adalah 20.000 rupiah. Tidak ada tiket masuk yang kami bayarkan.

IMG_20160604_132714

Lorong di Bukit Kapur Arosbaya

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Terpesona Pada Eksotisme Keindahan Bukit Kapur Aermata di Arosbaya Bangkalan

Segera kami kagum pada keindahan bukit kapur yang berwarna kecoklatan ini.  Sangat berbeda dengan bukit kapur yang biasanya kami lihat karena umumnya bukit kapur berwarna putih. Bukit kapur ini telah ditambang oleh penambang lokal yaitu warga sekitar dan dijadikan bahan bangunan yang dikirim ke banyak area di Pulau Madura. Pahatan di dinding bukit kapur ini, secara tidak sengaja, pada akhirnya menciptakan relief yang sangat menawan. Benar-benar cantik.  Selain pahatan di dinding, para penambang mengeksplorasi bukit ini juga membentuk lorong dan lubang. Kita dapat masuk dan menjelajah ke dalam lorong dan lubang ini. Semakin dalam kita masuk, kita akan semakin berdecak kagum pada keindahannya.

Jangan takut kepanasan karena saat berada di tempat ini, kami tidak merasa kepanasan. Lokasi ini cukup sejuk, rasanya tidak seperti di pulau Madura. Udaranya cukup lembab sehingga lumut dan beberapa tanaman paku-pakuan tumbuh di dinding-dinding kapur ini. Cukup mengherankan juga. Namun, udara yang sejuk ini sangat membantu pengunjung untuk terus menikmati eksotisme dan keindahan Bukit Kapur Aermata di Arosbaya Bangkalan ini.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Terpesona Pada Eksotisme Keindahan Bukit Kapur Aermata di Arosbaya Bangkalan

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Spot favorit kami

Semakin kami masuk ke dalam lorong bukit kapur ini, semakin kami terpesona pada eksotisme dan keindahan bukit kapur Aermata di Arosbaya Bangkalan ini. Proses penambangan masih berlangsung hingga kini. Entah sampai kapan dan sampai dibatas mana dinding-dinding ini akan terus digerus oleh kegiatan penambangan. Jika tidak ada pembatasan, tentu saja dinding kapur ini akan habis juga pada akhirnya karena para penambang terus akan bekerja disana untk mencukupi kebutuhan hidupnya.

Ada baiknya jika pemerintah turut terlibat pada proses eksplotasi bukit kapur Aermata di Kecamatan Arosbaya Kabupaten Bangkalan ini. Sehingga pahatan yang telah menjadi karya yang indah ini tidak menjadi rusak atau bahkan musnah oleh tangan-tangan penambang yang tidak berhenti mengeksplorasi.

Cukup sampai di titik ini, dan karya indah ini dapat dijaga dan diwariskan pada anak cucu dan menjadi obyek wisata yang dapat dinikmati oleh semua mata sampai kapanpun. Semoga ….

 

Leave a Reply