Rekreasi Murah dan Sehat di Hutan Kota Malabar di Malang

Rekreasi Murah dan Sehat di Hutan Kota Malabar di Malang – Ketersediaan ruang hijau terbatas merupakan sebuah “kewajiban” bagi setiap kota di Indonesia. Tujuan dari pengadaan ruang hijau terbatas ini adalah sebagai area “hijau” dimana tumbuhan dapat ditanam dan menghasilkan oksigen bagi kehidupan manusia disekitarnya. Selain itu dapat menjadi area bermain, rekreasi atau berkumpul bagi penduduk sekitar. Ruang hijau terbatas ini biasanya berupa taman ataupun hutan kota yang semakin hari semakin sedikit saja jumlahnya dibanding dengan luasan area untuk hunian.

Hutan Kota Malabar di Malang Hutan Kota Malabar di Malang

Hutan kota khususnya di Pulau Jawa merupakan sebuah “kekayaan” karena semakin sedikit saja dapat kita temukan. Pemerintah Kota di banyak daerah jarang dapat mengalokasikan satu area menjadi hutan kota karena dari sisi bisnis kurang menguntungkan bagi pemerintah maupun pebisnis.

Walaupun sebenarnya hutan kota adalah hal wajib jika kita menginginkan kehidupan bagi generasi mendatang.

Beruntunglah Kota Malang masih memiliki satu-satunya hutan kota yang sampai saat ini masih terpelihara dengan baik. Bahkan menjadi proyek CSR (Corporate Social Responsibility) salah satu perusahaan multinasional yang berada di sekitaran kota Malang. Nama Hutan Kota ini adalah Hutan Kota Malabar.

Mengapa namanya Huta Kota Malabar? Karena lokasi hutan kota ini berada di Jalan Malabar Kota Malang. Jalan Malabar sendiri merupakan salah satu kawasan yang tenang dan cukup elit di Kota Malang. Lokasinya tidak jauh dari Pasar Oro-oro Dowo dan juga Gereja Katholik Ijen. Bahkan beberapa penginapan dari hotel bintang lima hingga guest house berada di sekitar Hutan Kota Malabar ini. Selain itu kendaraan umum juga melintasi daerah ini.

Hutan Kota Malabar di Malang Hutan Kota Malabar di Malang

Apa yang dapat kita lakukan di Hutan Kota Malabar di Kota Malang ini? Kita dapat melakukan beberapa hal di dalam hutan kota yang memiliki luas 16.718 M2 ini. Seperti berolahraga, berekreasi dan juga melakukan kegiatan bersama dengan teman ataupun komunitas kita selama tidak merusak habitat didalamnya.

 

Hutan Kota Malabar di Malang Hutan Kota Malabar di Malang

Di Hutan Kota Malabar ini tersedia “jogging track” yang memiliki kontur naik turun sehingga cocok bagi mereka yang gemar berolahraga. Kita dapat melakukan olahraga ini baik pagi, siang maupun sore hari karena memang hutan kota ini terbuka sepanjang hari. Sejauh ini, Hutan Kota Malabar ini aman dari kejahatan.

Jika ingin berekreasi, kita dapat membawa makanan kecil dan minuman lalu duduk bersama disana. Ingat, jangan sampai membuang sampah sembarangan. Beberapa tempat sampah telah tersedia di dalam lokasi Hutan Kota Malabar ini. Beberapa kelompok anak muda melakukan diskusi di dalam hutan kota yang bersih dan asri ini.

Karena kita tidak perlu membayar tiket masuk ke dalam Hutan Kota Malabar di Kota Malang ini, maka ini adalah salah satu tempat rekreasi murah dan sehat. Kita hanya perlu membayar uang parkir jika kita membawa kendaraan. Bukanlah ini dapat menjadi tempat melepas lelah sejenak dari kesibukan hidup sehari-hari. Berolahraga, berekreasi, mengirup udara segar tanpa perlu membayar.

Hutan Kota Malabar di Malang Hutan Kota Malabar di Malang

Di dalam Hutan Kota Malabar ini juga terdapat kolam reservior yang dibangun sejak jaman pemerintahan kolonial Belanda. Fungsi dari kolam reservior ini adalah sebagai tempat penampungan dan resapan air hujan, penampung air dari daerah Oro-oro Dowo dan sebagai tempat minum hewan yang ada di dalam hutan kota ini.

Rekreasi Murah dan Sehat di Hutan Kota Malabar di Malang ini juga dapat dijadikan cara untuk mengenal beberapa jenis tanaman yang ada di dalamnya. Banyak pohon yang sebelumnya hanya kita kenal namanya tetapi tidak tahu bagaimana bentuk pohonnya. Nah, di Hutan Kota Malabar terdapat puluhan vegetasi yang ditanam dengan jumlah pohon sekitar 1.500 buah. Namun pemerintah Kota Malang terus berusaha menanam kembali pohon-pohon di dalam Hutan Kota Malabar ini agar tidak punah.

Beberapa jenis pohon yang terdapat di dalam Hutan Kota Malabar ini, diantaranya adalah pohon Asam Belanda, pohon beringin daun karet, pohon gayam, pohon jatropa, pohon juwet, pohon bintaro, pohon ketepeng, pohon keben, pohon kluwek, pohon soka, pohon tanjung dan masih banyak lagi. Datang saja ke Hutan Kota Malabar untuk melihat langsung pohon-pohon ini. Siapa tahu juwet dan kelengkengnya sedang berbuah.

Hutan Kota Malabar di Malang

Terima kasih untuk partisipasi PT Otsuka Indonesia dalam menata ulang dan membuat Hutan Kota Malabar ini menjadi lebih cantik. Semoga pemerintah Kota Malang dan masyarakat Kota Malang sebagai pemilik Hutan Kota Malabar ini dapat terus menjaga keberadaaan hutan kota yang semakin langka ini. Paling tidak tempat ini dapat menjadi salah satu alternatif tempat Rekreasi Murah dan Sehat di Hutan Kota Malabar di Malang yang menyenangkan dan bermanfaat bagi banyak orang. Ayuk, kapan-kapan kita datang ke Hutan Kota Malabar ini untuk berolahraga sejenak dan juga berekreasi.

Penginapan di sekitar Hutan Kota Malabar Kota Malang :

 

  1. The Shalimar Boutique Hotel
  2. Buring Homestay
  3. Amalia Guest House
  4. Shinta Guest House
  5. Kertanegara Premium Guest House
  6. Lovender Guest House
  7. Hasanah Guest House Buring
  8. Merbabu Guest House
  9. Angler Guest House

 

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
error: Content is protected !!