Pia Enak ala Ming Xiang Tai di George Town Penang

Pia Enak ala Ming Xiang Tai di George Town Penang – Saat berada di George Town, Negara Bagian Penang, Malaysia, ada satu hal yang sayang untuk dilewatkan yaitu berburu gambar mural yang mencari ciri khas kota tua George Town. Kami bertiga juga tidak melewatkan hal ini. Dari turun bis CAT Rapid Penang, bis gratis di dalam area George Town, di Jalan Kampung Kolam; kami menyusur jalanan area warisan budaya George Town untuk menemukan satu persatu mural seperti yang ada dalam peta yang kami pegang.

Dari daftar yang kami pegang, ada 22 (dua puluh dua) lokasi mural yang merupakan ikon di George Town ini selain seni jalanan lain yang berupa gambar dari rangkaian besi yang tak kalah menariknya. Setelah berputar-putar di beberapa bagian kota, tiba juga kami di salah satu mural yang diberi judul Brother and Sister yang berada di persimpangan antara Lebuh Victoria dan Jalan Armenian.

Pia Enak ala Ming Xiang Tai di George Town Penang Pia Enak ala Ming Xiang Tai di George Town Penang

Mural Brother and Sister ini digambar di salah dinding toko kue yang dari luar bau kuenya begitu menggoda. Setelah cukup lama berfoto di gambar mural ini, saya yang merasa lapar mulai tergoda untuk masuk ke toko kue yang berada tepat di balik gambar mural Brother and Sister ini.

Toko kue ini bernama Kedai Biskuit dan Teh Obat Ming Xiang Tai. Penasaran juga biskuit apa saja yang tersedia di toko ini.

Kedai Biskuit dan Teh Obat Ming Xiang Tai ini diawali oleh menantu keluarga Au Chee Teck yang berasal dari Guangdong, China yang mahir membuat kue-kue (pastries) dan dim sum. Keahlian ini lalu diturunkan kepada anaknya dan menantunya, Madam Mei. Bisnis keluarga ini terus berkembang hingga pada tahun 1979, kereta kue mereka berubah menjadi mobil untuk berkeliling. Untuk bisnis dim sum keluarga ini yaitu Teck Kee Tea House menjadi besar di Teluk Intan, Negera Bagian Perak.

Pia Enak ala Ming Xiang Tai di George Town Penang Pia Enak ala Ming Xiang Tai di George Town Penang

Pada tahun 2008, generasi ketiga dari keluarga ini mendirikan Kedai Biskuit Ming Xiang Tai di Penang. Untuk menghormati  orang tua mereka yang telah bekerja keras menjual kue-kue hasil produksi dapur mereka dengan menggunakan kereta roda tiga (trishaw), mereka menamai salah satu kue andalan kedai ini yaitu Egg Tart dengan nama Trishaw Egg Tart.

Sampai saat ini, kualitas kue-kue yang diproduksi di dapur Kedai ini selalu menjadi hal utama, bukan hanya jumlah produksinya. Selain egg tart, kue adalan di kedai ini adalah pia yang disebut biskuit. Pia di di Kedai Biskuit Ming Xiang Tai ini adalah pastry ala Kanton yang lembut berbeda dengan pia yang pernah saya makan.

Pia Enak ala Ming Xiang Tai di George Town Penang Pia Enak ala Ming Xiang Tai di George Town Penang

Pia enak ala Ming Xiang Tai di George Town Penang ini memiliki aneka pilihan rasa. Yang paling favorit adalah pia dengan isian telur asin. Perpaduan rasa manis dan asin ini menjadikan pia yang satu ini menggoda selera. Varian isi telur asin ini sering kali menjadi pilihan oleh-oleh para wisatawan. Satu lagi adalah modifikasi isian telur asin adalah pandan telur asin yang tak kalah enak dan populernya.

Dari varian pia enak ala Ming Xiang Tai di George Town Penang adalah Kaya Puff yang isinya adalah olahan srikaya. Ketiganya ini layak dicoba selain tentunya egg tart. Selain pia alias biskuit ini, di Kedai Biskuit Ming Xiang Tai juga tersedia selai srikaya dan juga sambal khas dari dapur kedai ini.

Pia Enak ala Ming Xiang Tai di George Town Penang Pia Enak ala Ming Xiang Tai di George Town Penang

Pai ala Kanton juga tersedia di Kedai Biskuit ini. Aneka rasa yang dapat Anda pilih diantaranya adalah kelapa, durian atau teh hijau yang tidak kalah enaknya. Ingin yang lebih berat, ada bakpao dengan isian olahan daging ayam yang rasanya enak.

Di waktu-waktu khusus, Kedai Biskuit Ming Xiang Tai juga menyediakan kue bulan (mooncake) dan kue-kue olahan spesial untuk acara khusus seperti wedding pastry.

Jadi, kalau sedang berada di Penang, tidak ada salahnya Anda menikmati pia enak ala Ming Xiang Tai di George Town Penang. Plaing tidak, iciplah sebuah egg tart dan sebuah pianya. Mungkin Anda akan kembali dan membeli yang kedua.

Ada beberapa outlet yang dapat Anda datangi yaitu :

KEDAI BISKUIT MING XIANG TAI

Pusat : Jalan Burma (+60-4-2279 880)

Cabang :

Bayan Baru (+60-4-6431 840)

475A Penang Road (+60-4-261 2511)

Jalan Armenian (+60-4-2619 887)

 

 

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
error: Content is protected !!