Mengenal Kawasan Chew Jetty di George Town Penang

Mengenal kawasan Chew Jetty di George Town Penang – Beberapa kali datang ke Penang di Malaysia, saya selalu melewatkan kesempatan untuk mengunjungi Chew Jetty yang lokasinya sering saya lewati jika saya dari arah terminal Pengkalan Weld. Di kunjungan kali ini, saya memastikan bahwa Cew Jetty ada dalam agenda saya. Menuru informasi yang saya dapatkan, senja di Chew Jetty itu indah.

Mengenal Kawasan Chew Jetty di George Town Penang Mengenal Kawasan Chew Jetty di George Town PenangOh ya, sebelum mengunjungi Chew Jetty mari kita cari mengenal kawasan Chew Jetty di George Town Penang ini terlebih dahulu. Chew Jetty ini dulunya merupakan kawasan pemukiman bagi pelarian dari negeri Cina pada abad ke-18 yang mendarat di Negara Bagian Penang, Malaysia.

Para imigran ini lari dari negeri asalnya, Cina akibat adanya perang disana. Cukup jauh juga jarak yang ditempuh dalam pelarian mereka ini. Lalu di Penang, Malaysia, mereka mendirikan rumah-rumah kayu di pinggir laut dan menjadikan dermaga sebagai tempat hidup yang baru bagi  mereka dan keluarganya.

Berpenghidupan sebagai  nelayan dan buruh bongkar muat kapal-kapal yang bersandar di pelabuhan Penang yang dulu merupakan pelabuhan besar di Semenanjung Malaysia. Rumah-rumah kayu dan dermaga ini masih dipergunakan sampai saat ini oleh para keturunan imigran yang datang di ratusan tahun lalu ini.

Mengenal Kawasan Chew Jetty di George Town Penang Mengenal Kawasan Chew Jetty di George Town Penang

Lalu mengapa namanya Chew Jetty alias Dermaga Chew? Seperti yang kita tahu, keluarga-keluarga yang memiliki darah Cina dikenal melalui marga yang biasanya digunakan pada penamaan mereka. Kelompok etnis berdasarkan nama ini adalah hal turun menurun dari nenek moyang yang tidak pernah berubah bagi keturunan Cina dimanapun mereka berada. Di kawasan dermaga di Penang ini, ada 7 (tujuh) marga yang tinggal di kawasan ini. Marga-marga yang tinggal di kawasan dermaga ini antara lain adalah keluarga Ong, Lim, Tan, New, Yeoh, Lee dan tentunya Chew yang menghuni area terbesar di kawasan dermaga ini.

Mengenal Kawasan Chew Jetty di George Town Penang Mengenal Kawasan Chew Jetty di George Town Penang

Sebenarnya, dermaga milik keluarga Ong dan Lim ataupun Tan letaknya tidak jauh dari Chew Jetty ini. Tentunya wisatawan juga dapat mengunjunginya.. Kawasan Chew Jetty ini menjadi terkenal karena telah masuk dalam daftar Kawasan Warisan Budaya UNESCO karena kawasan ini telah dan terus menjaga budaya dan menghidupi sejarahnya dari ratusan tahun lalu hingga saat ini.

Kawasan ini merupakan sebuah pengingat bagi generasi penerus bahwa pemukiman di kawasan Chew Jetty ini adalah bukti sejarah yang penting bagi Pulau Pinang

Mengenal Kawasan Chew Jetty di George Town Penang Mengenal Kawasan Chew Jetty di George Town Penang

Rumah-rumah diatas air ini dibuat dari kayu yang kuat bahkan geladak dan akses masuknya juga dibuat dari kayu. Saat ini keluarga-keluarga di kawasan Chew Jetty ini masih melakukan aktivitas, tradisi dan kegiatan ibadah seperti yang dilakukan leluhur mereka. Beberapa tempat sembahyang dan juga kuil ada di dalam kawasan Chew Jetty ini yang tentu saja masih digunakan oleh para penduduk.

Kehidupan nelayan, laut dan perahu sepertinya masih menjadi nafas penduduk di kawasan Chew Jetty ini. Mereka memiliki tim perahu naga (Dragon Boat Team) yang hebat.

Mengenal Kawasan Chew Jetty di George Town Penang

Tim ini telah menjadi juara dalam berbagai kejuaraan baik di Kerajaan Negeri Pulau Pinang serta telah mewakili Malaysia dalam pertandingan perahu naga di beberapa negara seperti di Cina, Singapura, Macau hingga Australia. Karena itu keterampilan berperahu mereka tidak perlu diragukan lagi. Mengenal kawasan Chew Jetty di George Town Penang ini membutuhkan waktu beberapa jam untuk dapat menikmati keunikannya dari ujung ke ujung. Melihat kehidupan sehari-hari penghuni Chew Jetty dan mungkin juga berbelanja di beberapa toko yang berdiri di bagian depan beberapa rumah. Baju, topi, makanan, minuman dan sovenir dapat Anda beli di sini. Saya menemukan kartu pos unik di sini.

Mengenal Kawasan Chew Jetty di George Town Penang Mengenal Kawasan Chew Jetty di George Town Penang

Selama berada di kawasan Chew Jetty ini, sebagai tamu, kita juga harus memperhatikan dan menghormati tata cara hidup penduduk yang tinggal disini. Tidak semua rumah dan orang mau difoto. Jadi perhatikan tanda-tanda yang dipasang di bagian depan rumah-rumah penduduk. Dan sebaiknya tidak dilanggar ya. Jam berkunjung di kawasan Chew Jetty ini adalah setiap hari pada pukul 0900 – 2100.

Untuk saya, saat yang paling tepat untuk datang ke kawasan Chew Jetty adalah saat menjelang senja. Semburat merah langit matahari tenggelam tampak indah disini.

Untuk sampai ke kawasan Chew Jetty, kita dapat naik Rapid Penang, bis gratis di George Town Penang. Turunlah di terminal bis di Pengkalan Weld. Lalu kita perlu berjalan kami beberapa puluh meter saja untuk sampai di Chew Jetty. Sangat mudah kok.

Selamat berlibur di Pulau Pinang!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
error: Content is protected !!