Pantai Samila di Hat Yai Thailand yang Bersih dan Indah

Pantai Samila di Hat Yai Thailand yang bersih dan indah – Saat mencari informasi tentang Hat Yai di Thailand Selatan, saya mendapatkan informasi tentang beberapa tempat wisata menarik di Provinsi Songkhla di Thailand Selatan ini. Ada Budha Tidur, ada  Museum 3D, Municipal Park dengan kereta kabel dan ada juga Pantai Samila.

Pantai Samila di Hat Yai Thailand yang Bersih dan Indah

Setelah berdiskusi dengan Uncle Pee Boon, sopir tuk-tuk yang akan membawa saya dan teman-teman berkeliling Songkhla; kami sepakat untuk mengunjungi Pantai Samila, beberapa tempat wisata yang saya sebutkan diatas dan yang penting adalah menikmati makanan khas Thailand yang mungkin keaslian rasanya tidak akan saya dapatkan di negara saya.

Pagi hari, Uncle Pee Boon menjemput kami ke GET Guesthouse di pusat Kota Hat Yai. Setelah mengunjungi beberapa tempat wisata yang menarik, lewat tengah hari kami meluncur menuju Pantai Samila. Tetapi sebelum sampai ke Pantai Samila yang terkenal ini, kami berhenti untuk menikmati makan siang di rumah makan di dekat Pantai Samila ini. Hidangan laut ala Thailand dan yang pasti adalah makan sup Tom Yam. Rumah makan ini bernama Monthatip 2 yang dapat direkomendasikan!

Pantai Samila di Hat Yai Thailand yang Bersih dan Indah Pantai Samila di Hat Yai Thailand yang Bersih dan Indah

Rumah Makan Monthatip 2 ini sebenarnya juga berada di pesisir Pantai Samila tetapi bukan berada benar-benar di bibir pantai yang terkenal itu. Setelah selesai makan, kami segera bergegas menuju Pantai Samila yang ternyata jaraknya tidak jauh dari tempat kami menikmati makan siang hari itu. Tidak lebih dari 10 menit dengan tuk-tuk.

Pantai Samila di Hat Yai Thailand yang Bersih dan Indah Pantai Samila di Hat Yai Thailand yang Bersih dan Indah

Sore itu jalanan menuju Pantai Samila cukup ramai. Banyak wisatawan terutama dari Malaysia yang datang berlibur ke Songkhla khususnya ke Pantai Samila ini. Tuk-tuk Uncle Pee Boon diparkir di area parkir yang terletak di di pinggir jalan yang bersih dan teratur. Banyak penjual makanan di atas mobil juga di area parkir ini.

Segera kami turun dari tuk-tuk dan berjalan ke dalam area Pantai Samila di Hat Yai Thailand yang bersih dan indah. Ya, kawasan pantai ini memang bersih, jarang bahkan hampir tidak saya lihat sampah terbuang sembarangan disini. Ah, seandaianya orang Indonesia juga sadar kebersihan seperti ini pasti tempat wisata kita tidak kalah indahnya.

Pantai Samila di Hat Yai Thailand yang Bersih dan Indah Pantai Samila di Hat Yai Thailand yang Bersih dan Indah

Di bagian depan Pantai Samila di Hat Yai yang bersih dan indah ini, terpasang dua papan yang berisi informasi tentang Pantai Samila dan apa saja yang dapat kita temui di pantai yang terletak di Mueang,  Provinsi Songkhla ini. Satu lagi adalah peta lokasi yang menunjukkan dimana Anda berada saat ini.

Pantai Samila ini mempunyai pasir yang berwarna putih dan teksturnya halus. Menurut informasi, Pantai Samila ini cukup populer di Thailand Selatan apalagi dengan adanya patung putri duyung yang duduk diatas batu di salah satu bagian tepi Pantai Samila ini.  Ini adalah bagian dari legenda Thailand  yang ditulis dalam karya sastra Thailand yang berjudul Prarphaimanee yang ditulis pada tahun 1809 oleh seorang penyair Thailand yang bernama Soontornpoo.

Pantai Samila di Hat Yai Thailand yang Bersih dan Indah

Semua pengunjung Pantai Samila di Hat Yai Thailand yang bersih dan indah ini dipastikan akan mengabadikan gambar dirinya di patung putri duyung yang dibangun pada tahun 1666 oleh Chan Karnjanakpan, sang walikota Songkhla di jaman itu. Perancang patung ini adalah Jit Buabus, seorang mantan direktur sekolah scooter di Bangkok.

Legenda di balik Patung Golden Mermaid ini adalah konon pada suatu malam seorang nelayan melihat seorang putri duyung edang menyisir rambutnya dengan sisir emas. Namun saat dia menyadari ada manusia yang melihatnya, dia segera kembali ke laut tetapi meninggalkan sisir emasnya. Tiap malam nelayan menunggu sang putri duyung untuk mengembalikan sisir emas itu tetapi sang putri duyung tidak kunjung datang. Ada mitos yang mengatakan bahwa jika kita memegang dada sang putri duyung, kita akan datang kembali ke Songkhla.

Pantai Samila di Hat Yai Thailand yang Bersih dan Indah

Di satu bagian pantai ini, terdapat sebuah area dengan lantai paving yang cukup luas untuk beraktivitas. Anak-anak bermain dan berlarian di area ini. Ada juga bangunan seperti pendopo serta sebuah bangunan hotel yaitu BP Samila Beach Hotel, sebuah hotel cukup tua yang berada tepat di dalam kawasan Pantai Samila ini.

Menurut informasi, matahari terbit di Pantai Samila di Hat Yai Thailand yang bersih dan indah ini sangat mempesona. Itu berarti kita harus datang pagi buta atau berkemah di pantai ini. Entah apakah berkemah di pantai ini diperbolehkan. Harus mencari informasi lebih lanjut untuk hal ini.

Pantai Samila di Hat Yai Thailand yang Bersih dan Indah

Hal lain yang dapat dilakukan di Pantai Samila di Hat Yai Thailand yang bersih dan indah ini adalah berkuda. Kita dapat naik kuda poni yang memang ditawarkan untuk dinaiki. Berapa biayanya, saya kurang tahu karena saya tidak tertarik untuk naik kuda di sore itu. Di tepi pantai, anak-anak berlari di atas pasir dan sebagian lain berenang di pantai. Menyenangkan!

Beberapa orang menikmati sore dengan duduk di pinggir pantai dan menikmati makanan yang dibeli di penjual sekitar pantai atau mereka bawa dari rumah. Sebuah pantai yang cocok untuk bersantai.

Jika berlibur ke Provinsi Songkhla di Thailand Selatan, jangan melewatkan untuk mengunjungi  Pantai Samila di Hat Yai Thailand yang bersih dan indah ini. Dan berfoto dengan Sang Putri Duyung Emas.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
error: Content is protected !!