Menikmati Pertunjukan Ramayana Ballet di Panggung Terbuka Candi Prambanan

Menikmati Pertunjukan Ramayana Ballet di Panggung Terbuka Candi Prambanan – Saya yakin pasti sudah banyak sekali orang yang sudah mengunjungi Candi Prambanan di Yogyakarta. Ini adalah candi Hindu terbesar di Indonesia bahkan tercantik di Asia Tenggara. Candi dengan gunungan utama setinggi 47 meter ini tercatat sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO.

Di Indonesia, Candi Prambanan ini dikaitkan dengan cerita legenda Roro Jonggrang yang meminta 1000 candi dalam satu malam kepada Pangeran Bandung Bandawasa. Namum pada saat candi ke-999 terbangun, Roro Jonggrang memerintahkan gadis di desa untuk membunyikan lesung sehingga ayam berkokok. Ternyata fajar belum menyingsing sehingga Pangeran Bandung Bandawasa merasa tertipu. Kemudian dia mengutuk Roro Jonggrang menjadi candi ke-1000 atas kecurangannya.

Terlepas dari cerita rakyat ini, Candi Prambanan adalah tempat yang indah untuk dikunjungi. Kompleksnya yang luas membutuhkan waktu beberapa jam untuk melihat hingga ke setiap sudutnya. Pengunjung dapat berwisata ke Candi Prambanan setiap hari dari jam 0600 – 1700. Tentunya setelah membeli tiket masuk.

Ada hal menarik yang hanya ada di Candi Prambanan di malam hari. Sebuah pertunjukan sendratari dengan Candi Prambanan sebagai latar belakang panggungnya. Pertunjukan ini dikenal dengan nama Ramayana Ballet. Dicetuskan oleh GPH Djatikoesoemo. Sedangkan pertunjukan pertama dilakukan pada pada sekitar tahun 26 Juli 1961.

Setela itu, pertunjukan Ramayana Ballet ini dilakukan rutin. Bahkan pada 25 Agustus 1961, Ramayana Ballet dipentaskan di hadapan mendiang Presiden Soekarno, Duta Besar negara sahabat dan undangan VIP yang termasuk didalamnya adalah aktor kawakan Charlie Chaplin.

Pesan Presiden Soekarno untuk Pertunjukan Ramayana Ballet di Panggung Terbuka Candi Prambanan
Di akhir pementasan ini, Presiden Soekarno menuliskan sebuah pesan di prasasti yang hingga ini masih dapat kita baca. Tulisan beliau berbunyi : “Balet Ramayana Prambanan adalah salah satu pertjobaan (good effort) untuk membawa seni pentas Indonesia ke taraf yang lebih tinggi”.

Untuk dapat menikmati pertunjukan ini, kita harus membeli tiket. Harga tiket tergantung kela yang dipilih. Ada beberapa kelas untuk menonton Ramayana Ballet ini yaitu VIP, Spesial, Kelas I dan Kelas II. Tentu saja harga tiap kelas ini berbeda. Selain itu posisi kursi tiap kelas juga berbeda. Pemegang tiket VIP akan duduk tepat lurus dengan panggung. Tentunya akan lebih nyaman untuk menikmati pertunjukan.

Susunan Tempat Duduk Menikmati Pertunjukan Ramayana Ballet di Panggung Terbuka Candi Prambanan

Sebelum Pandemi Corona19, harga tiket kelas VIP adalah Rp. 450.000; kelas Spesial seharga Rp. 300.000, tiket kelas I dihargai Rp. 200.000 dan tiket kelas II harganya Rp. 150.000. Nah, tinggal disesuaikan saja dengan anggaran.

Jika Anda mempunyai anggaran lebih, Anda juga dapat bersantap malam di area Ramayana Ballet. Harga makan malam prasmanan kurang lebih Rp. 160.000. Menurut saya menunya cukup standar tapi jika Anda membawa tamu asing, makan malam ini bisa menjadi alternatif. Kalau saya tentunya lebih memilih makan di tempat lain.

Karena pertunjukan dimulai pada tepat pukul 1930, penonton diharapkan telah menempati tempat duduk sebelumnya. Tunjukkan tiket di pintu masuk, dan petugas akan mengarahkan Anda ke area tempat duduk Anda. Perhatikan nomor kursi yang tertera di tiket.

200 orang lebih penari dan pemain gamelan serta sinden terlibat dalam pertunjukan ini. Menurut saya, pertunjukan Ramayana ini spektakular. Menikmati pertunjukan Ramayana Ballet di Panggung Terbuka Candi Prambanan ini adalah salah satu hal luar biasa yang harus dilakukan jika berada di Yogyakarta.

Para penari, penabuh gamelan, sinden dan semua pendukung adalah pekerja seni profesional. Kostum dan rias wajah panggung yang digunakan juga bagus. Seperti sendratari lain maka hanya sedikit sekali dialog yang digunakan dalam pertunjukan ini. Sebagian besar adalah bahasa gerak tubuh. Namun, 2 jam pertunjukan terasa sangat singkat.

Adegan paling luar biasa adalah saat Anoman membakar Alengka. Pertunjukan Ramayana Ballet ini benar-benar menggunakan api pada adegan pembakaran ini. Tiga kali saya menonton pertunjukan ini, tetap saja saya kagum pada Ramayana Ballet di Panggung Terbuka Candi Prambanan Yogyakarta. Menurut saya, belum ada tandingannya.

Agar tidak ketinggalan, sebaiknya Anda mencocokkan tanggal liburan Anda dengan jadwal pertunjukan Ramayana Ballet di pangung terbuka ini. Biasanya digelar pada setiap bulan purnama. Namun di musim hujan, pertunjukan akan dipindahkan ke Gedung Pertunjukan Trimurti yang berada lebih dekat dengan pusat kota Yogyakarta. Jadi pastikan untuk menonton Ramayana Ballet di Panggung Terbuka Prambanan karena lebih keren.

RAMAYANA BALLET PRAMBANAN

Jalan Yogyakarta- Solo Km. 16, Yogyakarta

Hotline : +62-858 0352 5354

Website : BorobudurPark

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!