Menikmati Indahnya Desa Ngong Ping di Pulau Lantau Hongkong

Menikmati indahnya Desa Ngong Ping di Pulau Lantau Hongkong – Setelah naik kereta gantung selama sekitar 30 menit dan menikmati pemandangan sepanjang perjalanan ke Desa Ngong Ping dari Terminal Kereta Gantung Tung Chung, akhirnya sampailah saya di Desa Ngong Ping. Nama tempat ini dikenal sebagai Ngong Ping 360. Mengapa namanya menggunakan angka 360? Karena para wisatawan dapat menikmati pemandangan dataran tinggi Ngong Ping ini dalam pemandangan 360 derajat,

Kereta Gantung Ngong Ping - Lantau Hongkong Pemandangan dari atas kereta gantung Ngong Ping

Sebelumnya, dari kereta gantung kita melihat Desa ini dari jauh tetapi tidak tahu apa yang ada di dalamnya kecuali dari brosur yang kita dapatkan saat kita menukarkan tiket murah yang telah saya beli dari Golden Crown Hostel. Dari brosur saya melihat bahwa Desa Ngong Ping di Pulau Lantau ini menarik dan cantik!! Tidak sabar untuk segera sampai.

Oh ya, di sepanjang perjalanan menuju Desa Ngong Ping ini, kita dapat melihat Bandara Udara Internasional Hongkong  yang cantik dan teratur. Selain itu kita juga melintasi Teluk Tung Chung. Rasanya sedikit gemetar saat melintasi teluk ini karena tepat di bawah kaki kita adalah laut. Tetapi pemandangan ini tak akan terlupakan! Benar-benar spektakuler.



Setelah turun di Terminal Kereta Gantung di Tung Chung, saya langsung dapat menikmati udara segar khas pegunungan di Ngong Ping 360 ini. Udara yang berbeda dengan yang saya rasakan di Kowloon. Tidak jauh dari terminal ini, ada beberapa titik cantik yang sangat sayang untuk dilewatkan untuk berfoto. Dan tentunya harus mengantri karena hampir semua pengunjung tidak ingin melewatkan titik-titik cantik disini.

Mengeringkan teh manual Giant Budha Ngong Ping di Pulau Lantau Hongkong

Setelah itu saya melanjutkan perjalanan menuju gerbang Desa Ngong Ping 360. Wah, ramai sekali. Karena waktu telah menunjukkan jam makan siang di 360 Court, maka saya berhenti dulu di area di dekat gerbang. Disini tersedia banyak restoran yang menawarkan menu-menu menarik untuk perut saya yang lapar. Setelah melihat-lihat menu yang ada, jatuhlah pilihan saya pada pasta.

Setelah perut kenyang terisi dengan pasta yang disajikan dengan porsi ekstra, mata saya tersangkut pada seorang anak muda yang duduk didepan sebuah tong kecil dengan api. Akhirnya saya menghampirinya dan mencari tahu apa yang dibuatnya. Ternyata anak muda ini melakukan pengeringan daun teh secara tradisional. Menarik juga! Tetapi saya tidak membeli daun teh hasil produksinya karena cukup mahal untuk kantong saya.

Setelah itu, saya melanjutkan perjalanan menuju area Big Buddha dan juga biara Po Lin yang berada tidak jauh dari area ini. Bersama berjalan dengan para wisatawan lain untuk memastikan kita tidak akan tersesat. Selain itu peta Desa Ngong Ping dari loket sangatlah berfungsi.

Desa Ngong Ping di Pulau Lantau Hongkong Desa Ngong Ping di Pulau Lantau Hongkong

Di perjalanan menuju kedua titik menarik di Desa Ngong Ping ini saya perlu berjalan kurang lebih 15-20 menit karena berhenti beberapa kali setiap menemukan titik menarik. Patung 12 shio, astrologi China di sepanjang jalan ini menarik mata saya. Mereka digambarkan sebagai penjaga area ini.  Udara segar disini membuat perjalanan ini menyenangkan.

Giant Budha Ngong Ping Kuil Budha Ngong Ping

Lalu sampailah saya di pelataran luas dimana di sebelah kanan saya terlihat patung Budha raksasa. Pasti inilah The Bid Buddha. Untuk sampai di bagian atas area ini, pengunjung harus menaiki anak tangga yang jumlahnya cukup banyak. Saya kira hampir 100 anak tangga yang harus dinaiki. Jika ingin memberikan donasi dan makan siang bersama dengan para biarawan di ruangan di area ini, kita perlu membeli tiket tambahan.

Wisdom Path Ngong Ping Desa Ngong Ping di Pulau Lantau Hongkong

Menikmati Indahnya Desa Ngong Ping di Pulau Lantau Hongkong ini tidaklah lengkap tanpa melanjutkan perjalanan ke Wisdom Path. Apa sih Wisdom Path ini? Ini adalah sebuah tempat di bukit dimana terdapat 38 batang kayu yang berdiri kokok. Di atas kayu-kayu yang diimport khusus dari Afrika ini tertulis  inskripsi Heart Sutra yang menjadi dasar bagi pengikut Konfusius, Budha dan Tao.

Jika kita terus menaiki tangga Wisdom Path ini kita akan melihat indahnya laut Cina Selatan. Tetapi saya tidak melanjutkan untuk melihat keindahan ini karena anak tangganya semakin ke atas semakin tidak bersahabat untuk saya. Akhirnya saya kembali menyusur hutan untuk kembali ke arah Gerbang Biara Budha Po Lin (Po Lin Monastery).

Oh ya, jangan takut “masuk hutan” menuju Wisdom Path ini ya. Memang sepi tetap petunjuk arahnya jelas dan banyak pengunjung lain yang akan berjalan bersama dengan kita. Yang perlu kita waspadai adalah banyaknya kotoran hewan yang berada di tanah. Lalu tidak ada tempat makan atau minum yang tersedia. Pastikan air minum masih ada di tangan kita. Ada sebuah tea house tetapi kondisinya sudah hancur berantakan ( tahun 2016).

Titik terakhir yang akan saya datangi adalah Biara Budha Po Lin yang berada tidak jauh dari Wisdom Path dan Patung Budha Raksasa. Tidak ada kendaraan yang tersedia di dalam area ini sehingga pengunjung harus berjalan kaki selama Menikmati Indahnya Desa Ngong Ping di Pulau Lantau Hongkong. Cerita tentang Biara Budha, akan saya tulis di bagian yang lain ya ….

Bagi para wisatawan yang membutuhkan informasi selama berada di Ngong Ping 360, kunjungi saja Ngong Ping 360 Guest Services yang lokasinya berada di sebelah kiri Walking Of Buddha. Walking of Buddha ini sendiri adalah tontonan multimedia yang menceritakan tentang kehidupan Sang Budha, Sidharta Gautama dan kata-kata bijaknya.

Layanan yang tersedia di Ngong Ping 360 Guest Services adalah :

  1. Penyimpanan koper dan barang bawaan
  2. Lost and found bagi mereka yang kehilangan barang
  3. Pengisian baterai telepon genggam
  4. Pemesanan tiket atraksi lain yang berada di Hongkong
  5. Pertolongan Pertama pada Kecelakaan.

NGONG PING 360

Tung Chung – Pulau Lantau – Hong Kong

Tel : +852-3666 0606

Website : www.np360.com.hk

Jam Operasional : 10:00 – 16:00 (hari kerja) ; 09:00 – 18:30 (akhir pekan dan hari libur)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!