Mengunjungi Fort Cornwallis di George Town Penang

Mengunjungi Fort Cornwallis di George Town Penang – Liburan ke Penang, salah satu negara bagian Malaysia memang seperti tidak ada bosannya. Berulang kali datang ke Penang, masih juga saya kangen dengan makanannya, kota tuanya, hutan lindungnya dan masih banyak lagi.

Di kunjungan yang lalu, saya datang bersama dengan beberapa teman yang baru pertama kali menginjakkan kaki ke Penang. Jadi, kami memasukkan berkeliling kota George Town dalam agenda liburan. Oh ya, George Town adalah ibu kota negara bagian Pulau Pinang. Kota ini adalah satu dari kota warisan sejarah UNESCO yang cantik dan unik.

Ada banyak bangunan kuno dan bersejarah di George Town Penang ini. Hampir semua masih terawat dengan baik bahkan digunakan untuk kegiatan hidup setiap hari oleh penduduknya. Apalagi bangunan-bangunan yang berada dalam daftar bangunan bersejarah UNESCO. Tentunya semua sangat terawat dan dijadikan obyek wisata di Kota Tua George Town.

Nah salah satu yang kami kunjungi adalah Fort Cornwallis. Benteng Cornwallis ini adalah salah satu benteng terbesar dan tertua di Malaysia yang dibangun pada masa kolonial. Di masa lalu, benteng ini digunakan sebagai benteng pertahanan dan perlindungan dari serangan bajak laut dan pasukan Perancis.

Pembangunan benteng ini pada sekitar tahun 1786-an dipimpin oleh Sir Francis Light. Bangunan kolonial ini masih dipertahankan keasliannya. Apalagi konon, Benteng Cornwallis ini tidak pernah diserang musuh sehingga hingga saat ini struktur bangunannya tetap sama.
Untuk dapat masuk ke area Fort Cornwallis, kita harus membayar tiket masuk terlebih dahulu. Harga tiket untuk orang asing adalah RM 20 sedangkan penduduk lokal Malaysia harus membayar tiket seharga RM 10. Setelah membayar, kita akan mendapatkan gelang yang harus kita pakai selama berada di dalam kawasan benteng.

Segera setelah memasuki kawasan ini, kita akan melihat hamparan halaman luas dengan tangga berundak seperti stadion kecil. Menurut informasi, di area ini sering digunakan untuk pesta, acara kantor hingga peluncuran produk. Ditambah lagi, ada restoran di dalam benteng ini dimana pengunjung dapat duduk danmenikmati minuman atau makanan.

Fort Cornwallis adalah salah satu benteng tertua dan terbesar di Malaysia. Bangunan ini dibangun pada tahun 1786 oleh pemerintah Inggris yang menjajah Malaysia pada waktu itu. Seperti umumnya benteng, Fort Cornwallis ini dibangun sebagai benteng pertahanan dari serangan bajak laut dan kapal Perancis. Namun sampai akhir masa penjajahan, benteng ini malah digunakan sebagai pusat administrasi pemerintah Inggris.

Yang luar biasa, benteng ini belum pernah mengalami perubahan dari sejak awal dibangun. Apalagi benteng ini tidak pernah diserang oleh pihak manapun. Jadi hampir semua bangunan ini masih original. Salah satunya adalah gudang mesiu. Bangunan berpintu putih ini saat ini kosong tetapi pengunjung dapat masuk ke dalamnya.

Hal yang paling dikenal dari benteng Cornwallis ini adalah meriam. Beberapa meriam kuno ini berdiri di benteng ini. Meriam terbesar bernama Seri Rambai. Menurut sejarah, meriam Seri Rambai ini dulu pernah dibawa ke Aceh saat kerajaan Aceh menang atas Kesultanan Johor.

Yang sedikit mengagetkan saya adalah masih ada kelompok penduduk lokal dari berbagai suku menganggap meriam ini keramat. Mereka bernazar untuk mendapatkan anak dan alasan lain dan berdoa di sekitar meriam. Jadi jangan kaget jika kita melihat sesajen bunga dan kemenyan yang dibakar di dekat meriam Seri Rambai.

Saat mengunjungi Fort Cornwallis di George Town Penang ini, kita dapat naik ke area sekitar meriam Sri Rambai. Namun tidak diperkenankan duduk atau naik di atas meriam. Dari ketinggian ini, kita dapat melihat dengan jelas pelabuhan Penang serta kapal muat yang terus sibuk melintas.

Di kompleks benteng Cornwallis ini kita juga dapat melihat kerangka mercusuar yang dipasang sejak tahun 1882. Menurut informasi ini adalah mercusuar tertua kedua di Malaysia. Namun mercusuar ini adalah satu-satunya mercusuar yang tidak melayani navigasi apapun.

Jadi sebenarnya, apakah mengunjungi Fort Cornwallis di George Town Penang ini adalah hal yang harus dilakukan? Jika Anda bukan penyuka sejarah, mungkin Anda tidak perlu masuk ke dalam kompleks benteng ini. Mengapa? Karena bisa jadi bagian dalam benteng ini tidak menarik bagi Anda.

Saya sarankan untuk berkeliling disekitar Padang Kota Lama dan menikmati semilir angin sambil melihat kapal yang berlalu-lalang. Baiknya datanglah setelah jam makan siang karena matahari disini sangat terik. Satu lagi, matahari terbenam disini cantik juga.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!