Menengok Gedung Merdeka dan KAA Bandung Saksi Perjalanan Bangsa Indonesia

Menengok Gedung Merdeka dan KAA Bandung saksi perjalanan bangsa Indonesia– Melintasi jalan Asia Afrika Bandung, ada baiknya kita mampir ke Gedung Merdeka dan Museum Konferensi Asia Afrika yang berdiri megah disalah satu sisi jalan yang terkenal ini.


Gedung Merdeka adalah tempat diselenggarakannya Konferensi Asia Afrika pada 18-24 April 1955; yang dihadiri oleh seluruh pemimpin negara dari Benua Asia dan Afrika. Tujuan dari Konferensi ini adalah untuk membangun kerjasama diantara negara-negara di Asia Afrika serta membantu terciptanya ketertiban dan perdamaian dunia. Dari konferensi ini lahirlah Dasa Sila Bandung yang menjadi pedoman dan semangat bagi negara-negara di Benua Asia dan Afrika yang kala itu masih berjuang untuk merdeka.

 Gedung Merdeka dan KAA Bandung Gedung Merdeka dan KAA Bandung
Perlu diketahui bahwa awal pembangunan gedung ini oleh pemerintah Belanda pada tahun 1895 adalah digunakan untuk tempat rekreasi dan bersosialiasi masyarakat Belanda yang bermukim di kota Bandung. Gedung  terbesar dan termegah di jamannya ini dinamakan Societeit Concordia yang dibangun oleh 2 orang guru besar Sekolah Teknik Tinggi yang kemudian dikenal sebagai ITB.
Museum Konferensi Asia Afrika ini sejatinya adalah bagian dari Gedung Merdeka. Sejak tahun 1980, Gedung Merdeka ini dijadikan Museum Konferensi Asia Afrika yang didalamnya berisi segala hal yang berhubungan dengan pelaksanaan Konferensi Asia Afrika. Mulai dari diorama para pemimpin konferensi, alat-alat yang digunakan, foto-foto para delegasi dan masih banyak lagi.
Gedung Merdeka dan KAA BandungGedung Merdeka dan KAA Bandung
Banyak  hal yang dapat kita pelajari dan temukan di museum ini.  Akan sangat bermanfaat bagi anak cucu kita jika mereka juga dibawa untuk mengenal sejarah bangsa Indonesia yang besar ini. Salah satunya dengan membawa mereka ke Museum Konferensi Asia Afrika di Bandung ini agar generasi penerus mengetahui kehebatan dan keunggulan pendiri bangsa ini.

Menengok Gedung Merdeka dan KAA Bandung Saksi Perjalanan Bangsa Indonesia

Jam operasional Museum ini adalah Selasa-Kamis : 08:00 – 16:00; Jumat : 14:00 – 16:00; Sabtu-Minggu : 09:00 – 16:00 sedangkan pada hari Senin dan hari libur nasional Museum ini tidak beroperasi. Jam istirahat tiap harinya adalah pukul 12:00 – 13:00.

Walaupun tiket masuk ke Museum KAA ini gratis, ada baiknya Anda melakukan reservasi terlebih dahulu jika Anda membawa rombongan besar ke Museum ini agar petugas dapat mempersiapkan pemandu dan hal-hal lain yang diperlukan untuk sebuah rombongan.

Segera hubungi Museum Konferensi Asia Afrika Bandung untuk Menengok Gedung Merdeka dan KAA Bandung Saksi Perjalanan Bangsa Indonesia di Bumi Parahiyangan, Bandung. Wisata murah dan bermanfaat untuk keluarga dan generasi muda bangsa Indonesia.

MUSEUM KONFERENSI ASIA AFRIKA

Gedung Braga

Jalan Asia Afrika,

Braga

Kota Bandung

Telepon : +62-22-4233564

4 Comments

  1. lilyudha1 May 4, 2017
  2. foot pain at night June 21, 2017
    • lilyudha1 June 26, 2017
  3. Lanell Mannella October 2, 2017

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!