Mampir Sebentar ke Kampung Warna-warni Jodipan di Malang

Mampir sebentar ke Kampung Warna-warni Jodipan di Malang – Pernah dengar nama Warna-warni di Kota Malang? Atau sudah pernah melihat gambarnya di media sosial? Nah, siang hari tadi saya berkesempatan berkunjung ke Kampung Warna-warni di kawasan Jodipan Malang. Apa sih yang menarik dari Kampung yang sedang naik daun ini?

Kampung Warna-warni atau yang dikenal juga dengan Kampung Wisata 3D Jodipan ini terletak di daerah Jodipan. Lokasinya tidak jauh dari Stasiun Kereta Api Malang Kota Baru dan juga berdampingan dengan Jembatan Embong Brantas Malang yang merupakan salah satu icon kota Malang.

Sebelum disulap menjadi Kampung Warna-warni, kampung ini adalah kampung yang cukup kumuh. Sungai Brantas yang melintasi tengah kawasan ini juga terbilang kotor. Memang, Kampung Warna-warni ini berada tepat di Daerah Aliran Sungai Brantas dimana penduduk sekitarnya memanfaatkan aliran sungai ini untuk kegiatan dan hidup mereka seseharinya.

Di Kawasan ini terdapat 2 (dua) kampung yang dipisahkan oleh Sungai Brantas yaitu Kampung Warna-warni ini sendiri dan Kampung Tridi (3D). Nantinya akan dibangun jembatan yang menghubungkan kedua kampung ini. Kapan? Kita tunggu saja kapan Pemerintah Kota Malang mewujudkan rencana ini.

Mampir Sebentar ke Kampung Warna-warni Jodipan di Malang kali ini, saya melewati Kampung Tridi dahulu karena akses parkir lebih mudah dari arah kampung ini. Di hari libur, kawasan ini cukup ramai dengan pengunjung yang penasaran seperti saya dan juga mereka yang ingin berfoto di banyak mural yang ada di kampung ini.

Kampung ini dulunya tidak berwarna seperti ini, namun karena dana CSR (Corporate Sosial Responsibility) salah satu perusahaan cat serta ide kreatif dari beberapa mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) maka terwujudlah kampung dengan warna yang meriah ini. Salut untuk ide dan kerjasama mereka!

Masuk ke gang-gang di Kampung Tridi dan Kampung Warna-warni ini, kita akan disuguhi dengan banyaknya gambar mural yang lucu dan keren. Mereka yang suka berfoto baik menjadi model atau para fotografer, pasti akan menemukan titik-titik menarik untuk diabadikan dalam foto. Asal jeli, pasti akan menemukan angle yang cantik dan menarik.

Selain itu ada juga jajaran payung yang ditata dengan cantik di lorong kampung ini. Ini juga merupakan salah satu spot foto yang menarik bagi para pengunjung Kampung Warna-warni di Kawasan Jodipan Kota Malang.

Jika suka berfoto dan berhenti di beberapa titik, kita membutuhkan waktu paling tidak 2 (dua ) jam untuk berkeliling Kampung ini. Komunitas mural yang kreatif menggambari dinding-dinding rumah di kampung ini perlu diacungi jempol. Karena gambar-gambar mereka yang fresh dan menarik ini merupakan daya tarik bagi pengunjung.

Tiket masuk Kampung ini juga cukup murah. Hanya dengan Rp. 2,000; kita dapat masuk ke kampung ini. Untuk Kampung Tridi (3D), setelah membayar tiket masuk; pengunjung akan mendapatkan gantungan kunci dari kain flanel sebagai tanda masuknya. Sedangkan jika masuk ke Kampung Warna-warni, tanda masuknya adalah berupa stiker Kampung Warna-warni.

Mampir Sebentar ke Kampung Warna-warni Jodipan di Malang ini, membuat saya sadar bahwa pemerintah Kota dan penduduk kampung ini belum sepenuhnya sadar bahwa kedua kampung ini sekarang adalah lokasi tujuan wisata yang terkenal bahkan sampai di negara lain. Kebersihan dan kerapian masih menjadi masalah yang perlu mendapatkan perhatian. Sampah masih dibuang disana-sini. Jemuran masih digantung dimana-mana. Apalagi bau Sungai Brantas yang cukup menyengat memang cukup mengganggu kenyamanan para wisatawan. Beberapa orang berkata, ya namanya juga kampung. Bukan berarti kalau kampung lalu boleh kotor dan bau bukan?

Jangan sampai keunikan dan kemeriahan Kampung yang unik ini hilang pesonanya di beberapa tahun mendatang, hanya karena penduduk dan pemerintah Kota kurang menyadari pentingnya kebersihan dan kerapian. Bukan hanya terkenal beberapa saat lalu hilang tak berbekas.  Sangat disayangkan bukan?

 

Selusuri setiap gang dan lorong-lorong kecil kedua kampung ini, dan temukan keindahan dan keunikan gambar-gambar yang ada. Jangan lupa membawa kamera ataupun telepon genggam dengan kamera untuk mengabadikannya. Kalau tidak tahan baunya, boleh membawa minyak angin, pewangi atau apapun juga untuk mengurangi bau tak sedap yang ada disekitar.

KAMPUNG WISATA WARNA-WARNI & KAMPUNG TRIDI (3D)

Gang 1, Jodipan, Kesatrian, Kota Malang

Bisa jalan kaki dari Stasiun Kota Baru Malang

Angkutan umum dari Terminal Arjosari : AMG

 

Leave a Reply