Enaknya Belut Goreng di Belut Tongan Kota Malang

Enaknya Belut Goreng di Belut Tongan Kota Malang – Masih tentang tempat makan di Kota Malang, Jawa Timur. Kali ini, saya akan menulis tentang satu tempat yang terbilang cukup baru hadir di Kota Malang. Kalau tidak salah, tempat ini baru beroperasi di pertengahan tahun 2019.

Belut Tongan nama tempat yang kali ini saya datangi. Benar, yang dijual adalah belut goreng dan Tongan adalah nama daerah dimana kedai ini beroperasi. Oh ya, daerah Tongan ini nama jalan resminya adalah Jalan Ade Irma Suryani. Tempat ini dekat dengan Sate Kambing Bang Saleh yang terkenal di Kota Malang.

Seperti namanya, gerai Belut Tongan ini menyediakan belut goreng. Tetapi bagi mereka yang tidak makan belut, Anda bisa menikmati ayam, babat, cumi ataupun paru goreng. Jika Anda vegetarian, ada tahu tempe goreng dan terong balado.

Untuk dapat menikmati enaknya belut goreng di Belut Tongan Kota Malang, Anda dapat menikmatinya di sore hari. Karena memang gerai ini hanya buka di jam 17.00 -22.00. Buka setiap hari kecuali hari Selasa karena gerai ini tidak beroperasi.

Tempatnya memang tidak terlalu besar karena berada di halaman sebuah rumah. Pengelola mengatur halaman ini dengan cerdas. Tidak lagi menggunakan tenda kain atau terpal yang akan basah saat hari hujan.

Gerai Belut Tongan menggunakan tenda plastik bening tebal. Sehingga walaupun hujan, pelanggannya tetap bisa menikmati makanan dengan nikmat. Sekaligus mudah ditemukan karena tempatnya terlihat dari jalan raya.

Tentunya saya memesan belut goreng kepada penjaga di meja kasir. Pesanan Anda akan dicatat untuk disiapkan. Pembayaran dilakukan nanti setelah pelanggan selesai makan. Ada 2 (dua) macam belut goreng yang ditawarkan yaitu belut krispi dan belut spesial. Belut krispi adalah belut goreng dengan tepung. Sedangkan belut spesial adalah belut yang digoreng tanpa tepung.

Saya memesan belut spesial karena ini adalah menu andalan Belut Tongan. Sebagai pelengkap saya memesan terong balado. Sedangkan teman saya memesan babat goreng karena dia tidak makan belut goreng. Tidak perlu menunggu lama, pesanan kami datang.

Rasa belut goreng spesialnya enak dan memang spesial menurut saya. Ukuran belutnya cukup besar sehingga dagingnya terasa. Ada bumbu yang spesial untuk merendam belut di Belut Tongan ini. Enak deh pokoknya. Apalagi ada bawang putih goreng utuh di setiap cobek sajiannya.

Untuk sambalnya, digunakan sambal bawang yang cukup pedas untuk ukuran lidah saya. Sayangnya terong baladonya kurang cocok di lidah saya, terlalu manis.

Harga makanan di Belut Tongan ini berkisar antara Rp. 1.000 hingga Rp. 70.000 (harga Januari 2020). Manu termurah adalah tahu tempe goreng. Sedangkan harga minuman berkisar antara Rp. 3.000 – Rp. 6.000. Tidak terlalu mahal untuk kualitas dan rasa yang kita nikmati.

BELUT TONGAN KOTA MALANG

Jalan Ade Irma Suryani 68 Malang (depan Mebel Jakarta)

Buka setiap hari kecuali Selasa, jam 17.00 – 22.00

Bisa dipesan di GoFood dan GrabFood

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!