Budha Tidur Terbesar Ketiga Thailand di Wat Hai Yai Nai

Budha tidur terbesar ketiga Thailand di Wat Hai Yai Nai – Pagi hari setelah sarapan, Uncle Pee Boon, sopir tuk-tuk di Hat Yai membawa kami ke tujuan pertama kami di Hat Yai yaitu sebuah wihara Budha yang letaknya masih di dalam kota Hat Yai. Nama wihara ini adalah Wat Hai Yai Nai. Wat dalam bahasa Thailand berarti Kuil Budha atau Wihara, jadi wihara ini bernama Hai Yai Nai.

Budha Tidur Terbesar Ketiga Thailand di Wat Hai Yai Nai Budha Tidur Terbesar Ketiga Thailand di Wat Hai Yai Nai

Hari masih pagi saat kami tiba di Wat Hai Yai Nai ini. Halaman wihara masih cukup sepi, hanya ada beberapa mobil di area parkir dan hanya kami bertigalah wisatawan yang datang pagi itu. Di sisi bangunan lain, tampak sedikit kemeriahan. Suara musik tradisional dan doa yang dinyanyikan terdengar sepanjang kami disana.

Pagi itu ternyata ada keluarga yang menyerahkan anak lelakinya menjadi biksu yang akan tinggal di Wat Hai Yai Nai. Menurut Uncle Pee Boon, ini merupakan sebuah kebanggaan bagi keluarga Thailand jika dapat menyerahkan anaknya di sebuah wihara seperti ini.

Kami segera menuju sisi bangunan lain yang merupakan bangunan utama dimana patung Sang Budha Tidur berdiri dengan megah disana. Patung Budha Tidur di Wat Hai Yai Nai ini panjangnya adalah 35 meter, lebarnya 10 meter dan tingginya 15 meter!! Menurut informasi adalah patung Budha Tidur terbesar ketiga Thailand di Wat Hai Yai Nai ini.

Budha Tidur Terbesar Ketiga Thailand di Wat Hai Yai Nai Budha Tidur Terbesar Ketiga Thailand di Wat Hai Yai Nai

Entah di tahun berapa patung Budha Tidur terbesar ketiga Thailand di Wat Hai Yai Nai ini dibangun karena saya lupa menanyakannya. Tetapi memang bangunan ini terkesan kusam dan tua. Perlu diperbaiki dan di cat ulang. Yang saya suka adalah relief cantik di sepanjang bagian bawah patung  Budha Tidur ini.

Sayangnya pilar yang sangat besar menutupi sebagaian dari tubuh Budha Tidur di wihara ini, Ini membuat saya dan teman-teman, dan tentunya pengunjung lain kesulitan mengambil gambar patung ini secara utuh.

Di bagian bawah patung Budha Tidur terbesar ketiga Thailand di Wat Hai Yai Nai ini, terdapat sebuah ruangan yang digunakan oleh umat sebagai tempat menyimpan abu jenasah. Jadi banyak keluarga yang datang ke wihara ini untuk berdoa. Untuk masuk ke ruangan ini, pengunjung harus melepas alas kakinya di depan pintu masuk. Uncle Pee Boon melakukan doa untuk arwah orang tuanya yang abunya disimpan di wihara ini.

Budha Tidur Terbesar Ketiga Thailand di Wat Hai Yai Nai Budha Tidur Terbesar Ketiga Thailand di Wat Hai Yai Nai

Hampir separuh dinding ruangan bawah patung Budha Tidur terbesar ketiga Thailand di Wat Hai Yai Nai ini terpampang foto mereka yang abunya di simpan disini, Banyak sekali! Di bangunan lain yang dibangun dengan pintu kaca terdapat jenasah biksu pendiri wihara ini. Bukan abunya tetapi jasadnya yang masih utuh sampai sekarang.

Budha Tidur Terbesar Ketiga Thailand di Wat Hai Yai Nai

Memang hampir separuh dari wihara ini merupakan kuburan atau tempat penyimpanan abu jenasah tetapi fungsi utamanya adalah tempat ibadah umat Budha. Tidak perlu membayar tiket masuk untuk masuk ke Wat Hai Yai Nai ini tetapi jika Anda ingin memberikan donasi, Anda dapat memasukkannya ke kotak yang tersedia.

Karena ini adalah tempat ibadah, maka pengunjung tetap harus menjaga kesopanan dan ketenangan selama berada di area ini. Walaupun  patung Budha Tidur terbesar ketiga Thailand di Wat Hai Yai Nai ini mungkin tidak terlalu menarik, tetapi ini adalah salah satu bangunan bersejarah yang layak dikunjungi saat Anda berada di Kota Hat Yai, Provinsi Songkhla, Thailand Selatan ini. 

WAT HAI YAI NAI

Phetchakasem Road – Dekat Jembatan Klong U Taphao

Hat Yai – Songkhla, Thailand

Buka setiap hari jam 0800 – 17:00

Tiket masuk : Gratis

 

 

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
error: Content is protected !!