Uji Nyali di Paralayang di Kota Batu

Uji Nyali di Paralayang di Kota Batu– Sore hari ini saya berada di kaki Gunung Banyak di Kota Wisata Batu dan menemukan sebuah keramaian. Ternyata ini adalah tempat pendaratan peserta wisata paralayang.


Kota Batu yang berada di ketinggian antara 600-1200 mdpl, berhawa sejuk dan berbukit-bukit memang cocok untuk kegiatan paralayang ini. Olahraga ini beberapa tahun belakangan menarik antusiasme banyak wisatawan yang berada di Kota Batu. Banyak yang ingin mencoba uji nyali di Paralayang di Kota Batu ini. Lokasi paralayang di Gunung Banyak ini sendiri diresmikan pada 20 Juni 2000.

Uji Nyali di Paralayang di Kota BatuKegiatan ini berlokasi di Gunung Banyak di daerah Songgokerto, Songgoriti, Batu yang berada di ketinggian 1350 mdpl. Akses ke tempat ini dapat lebih mudah ditempuh melalui Desa Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Sedangkan pendaratan berlokasi di sekitar jalan Trunojoyo Gang II Kota Batu.

 

Paralayang di Kota Batu ini dapat dilakukan oleh orang awam karena kita akan melakukan terbang tandem, dimana instruktur yang telah berpengalaman dan bersertifikat (biasa disebut dengan Pilot) akan memandu kita, dibelakang kita. Jadi jika pengetahuan kita tentang paralayang sangat minim, kita tetap dapat melakukan terbang tandem ini selama kita mengikuti arahan para instruktur.

Uji Nyali di Paralayang di Kota BatuBiaya sekali terbang tandem ini adalah Rp. 350.000 untuk terbang selama kurang lebih 10 menit .Biaya ini termasuk asuransi, dokumentasi selama di udara dan ojek yang akan mengantar peserta kembali ke titik terbang setelah pendaratan.

Kegiatan paralayang ini dapat dilakukan setiap hari karena tempat ini buka mulai pukul 07:00 – 17:00, tentu saja lebih baik jika dilakukan saat cuaca cerah. Peserta kegiatan ini cukup banyak setiap harinya. Paralayang Gunung Banyak ini patut dibanggakan warga Kota Batu karena telah menjadi salah satu arena paralayang internasional.

IMG_20160709_141835_800x447

Uji Nyali di Paralayang di Kota Batu

IMG_20160709_141101_800x445

Uji Nyali di Paralayang di Kota Batu

Dengan kelas internasional ini maka peralatan yang disediakan untuk peserta juga merupakan peralatan standard yang telah sesuai dengan aturan keselamatan.

Jumlah instruktur (pilot) yang berpengalaman dan memiliki sertifikat juga cukup banyak. Diperlukan waktu sekitar 5 (lima) tahun terbang solo rutin untuk dapat mengantongi izin terbang sebagai pilot tandem. Jadi kemampuan para pilot ini tidak perlu diragukan.

Saya senang melihat para pilot merapikan parasut berwarna-warni  yang telah dipakai para peserta. Ternyata parasut-parasut inicukup lebar dengan banyak tali-tali pengait tersebut.

Restribusi masuk ke area paralayang ini adalah Rp. 5.000 saja. Jika Anda ragu melakukan paralayang, Anda dapat menikmati pemandangan yang indah yaitu  Kota Batu dari atas.

Jika perlu melakukan pemesanan, Anda dapat menghubungi Mas Ardi Gundul di +62-812 3169 8797

Saya ingin mencobanya suatu saat nanti!!

Leave a Reply