Serunya Berbelanja di Kim Yong Market Hat Yai

Serunya berbelanja di Kim Yong Market Hat Yai – Berlibur ke negara lain ala backpacker, sering kali membuat saya dan teman-teman yang berjalan bersama ingin mengunjungi pasar tradisional. Pasar tradisional adalah tempat yang selalu menarik terutama bagi perempuan seperti kami. Berpetualang di pasar tradisional layaknya penduduk lokal itu menyenangkan. Tak ayal, saat kami berada di Hat Yai, Thailand Selatan, kami menyempatkan diri untuk pergi ke pasar tradisional yang terkenal di kota ini.

Serunya Berbelanja di Kim Yong Market Hat Yai Serunya Berbelanja di Kim Yong Market Hat Yai

Pasar ini lokasinya tidak jauh dari tempat kami menginap di GET Guesthouse, di pusat kota Hat Yai. Hanya perlu berjalan kaki saja itupun tidak lama. Berjalan santai kurang dari 30 menit sambil melihat toko-toko yang berjajar di sepanjang jalan pusat kota.

Nama pasar ini dalam bahasa latin disebut dengan Kim Yong Market. Itu saja yang harus kami ingat karena tidak satupun dari kami yang bisa membaca huruf Thailand. Berbekal peta yang kami dapat dari GET Guesthouse, pagi hari sebelum kembali ke Penang kami pergi ke Kim Yong Market ini.

Serunya berbelanja di Kim Yong Market Hat Yai ini dimulai dengan mencari oleh-oleh untuk nantinya dibawa pulang ke Indonesia. Yang kami cari adalah teh Thailand yang terkenal enak. Tentu saja bukan itu saja, kami akan berkeliling untuk mencari barang lain yang dapat kami bawa sebagai oleh-oleh.

Serunya Berbelanja di Kim Yong Market Hat Yai Serunya Berbelanja di Kim Yong Market Hat Yai

Pagi itu Kim Yong Market sudah cukup ramai. Walaupun pasar ini adalah pasar tradisional yang menjual sayur, daging dan ikan tetapi tetap bersih, relatif kering dan tidak berbau menyengat seperti pasar-pasar tradisional basah di kampung halaman saya yang kotor dan bau.

Kami menyusuri lorong-lorong yang ada. Sesekali berhenti untuk melihat barang, bertanya harga dan membeli minum. Oh ya, walaupun tanpa pendingin ruangan atau kipas angin, Kim Yong Market ini tidak terlalu panas karena atapnya yang cukup tinggi sehingga sirkulasi udaranya cukup baik.

Di salah satu sudut Kim Yong Market, terdapat beberapa stan yang menjual makanan matang seperti daging yang dibungkus kulit tahu dan juga bakso ikan. Ada juga kepala babi yang teronggok diatas meja saji. Kaget juga kami melihat kepala babi utuh seperti itu.

Serunya berbelanja di Kim Yong Market Hat Yai ini bertambah dengan proses tawar-menawar. Para penjual di Kim Yong Market ini sebagian bisa berbahasa Melayu dan Inggris. Jika mereka tidak bisa kedua bahasa tersebut, kita bisa menggunakan bahasa tarzan dengan menggunakan kalkulator. Kalau pintar menawar, kita bisa mendapatkan harga yang cukup murah loh.

Serunya Berbelanja di Kim Yong Market Hat Yai Serunya Berbelanja di Kim Yong Market Hat Yai

Kacang-kacangan seperti kacang mete, pistachio, almond dan beberapa jenis kacang lain; harganya cukup murah di Kim Yong Market ini. Jadi kita bisa membelinya untuk oleh-oleh. Kering dan awet, tidak akan rusak sampai di kampung halaman bukan?

Serunya berbelanja di Kim Yong Market Hat Yai ini harus dirasakan jika Anda berada di pusat kota Hat Yai. Walaupun pasar ini tidak terlalu luas tetapi barang yang dijual cukup lengkap. Mulai sayuran, bahan makanan, baju, oleh-oleh hingga alat elektronik. Luangkan barang 1-2 jam untuk menikmati serunya berbelanja di Kim Yong Market Hat Yai.

KIM YONG MARKET

Phetkasem Road, Pusat Kota Hat Yai, Provinsi Songkhla, Thailand

Buka setiap hari dari jam 06:00 – 18:00

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
error: Content is protected !!