Semangkuk Bakso Solo Kidul Pasar Kota Malang

Semangkuk Bakso Solo Kidul Pasar Kota Malang – Sudah beberapa waktu saya tidak menulis tentang tempat makan bakso di Kota Malang. Kali ini, saya akan mengulas sedikit tentang salah satu tempat makan bakso favorit saya di kota bakso. Sejak awal tahun 2000-an hingga saat ini, tempat ini masih menjadi favorit saya. Yang paling penting, rasanya tidak berubah sama sekali setelah sekian tahun,

Nama tempat makan bakso kesukaan saya ini adalah Bakso Solo Kidul Pasar. Mungkin karena kios pertama berada di daerah yang dikenal orang dengan nama Kidul Pasar, jadi penamaannya sesuai tempat berjualan. Pak Suparno memulai usaha bakso Solo ini pada tahun 1965 di kidul Pasar Besar Kota Malang.

Saat in, kios Bakso Solo Kidul Pasar Malang ada 3 (tiga) yaitu di Jalan Sartono SH, Jalan Halmahera dan Jalan A. Yani. Tentunya bukan lagi Pak Suparno yang terjun ke lapangan tetapi sudah generasi penerusnya. Luar biasanya, rasanya sama di semua gerai.

Walaupun dapur utama Bakso Solo ini sekarang ada di gerai Jalan Sartono SH, saya lebih sering mampir ke gerai di Jalan Halmahera. Tempat ini lebih mudah dijangkau oleh saya jika naik kendaraan umum. Dari Terminal Landungsari, saya bisa naik mikrolet jalur GL dan turun di ujung Pasar Comboran. Tepatnya di persimpangan seberang Tahu Campur Pak Iwan.

Saya selalu pesan semangkuk campur jika datang ke gerai Bakso Solo Kidul Pasar ini. Maksudnya adalah isi mangkuknya adalah bakso halus, bakso urat, bakso halus yang digoreng, tahu dan siomay goreng. Oh ya, di Bakso Solo Kidul Pasar ini tidak ada siomay basahnya ya. Kalau ingin kenyang, bisa juga memesan tambahan lontong.

Kuah baksonya enak dan bening. Rasa bawang putihnya cukup kuat membuat kuah bakso ini tidak eneg. Saya paling suka bakso halus yang digoreng. Hanya saja, kalau datang terlalu sore, item yang satu ini biasanya sudah habis.

Harga semangkuk Bakso Solo Kidul Pasar Kota Malang adalah Rp. 18.000 saja (harga Desember 2019). Menurut saya ini murah jika dibandingkan dengan kelezatan rasanya. Baksonya terbuat dari daging sapi murni tanpa campuran. Tidak perlu khawatir soal kehalalannya karena semua menu di Bakso Solo Kidul Pasar Kota Malang ini halal.

Harga bakso dan item lain jika membeli per biji adalah Rp. 3.000. Jadi tinggal hitung sendiri saja berapa yang harus Anda bayar. Untuk minumannya ada teh dalam kemasan juga teh dan jeruk yang disiapkan di dapur Bakso Solo Kidur Pasar ini.

Untuk saya, Bakso Solo Kidul Pasar Kota Malang ini ngangenin. Kalau sudah lama tidak mampir, rasanya kebayang enaknya bakso ini. Apalagi jika bawang gorengnya banyak dan kuahnya dicampur sedikit dengan cuka. Wah, luar biasa enaknya. Yuk, mampir dan menikmati kelezatan Bakso Solo Kidul Pasar Kota Malang.

BAKSO SOLO KIDUL PASAR MALANG

Jalan Sartono SH – dekat rel kereta api, Jalan Halmahera 12 A dan Jalan A. Yani 57 (dekat BCA A.Yani)

Buka setiap hari mulai jam 11:00 – habis (biasanya sekitar jam 1900) kecuali hari Jumat buka setelah Sholat Jumat

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!