Saung Angklung Mang Udjo Bandung Pemelihara Keragaman Musik Tradisional Indonesia

Saung Angklung Mang Udjo Bandung pemelihara keragaman musik tradisional Indonesia  – Siapa yang tidak kenal angklung? Angklung merupakan salah satu alat musik tradisional Indonesia yang berkembang di masyarakat Indonesia khususnya Masyarakat Sunda. Alat musik ini terbuat dari pipa-pipa bambu yang dibunyikan dengan cara digoyangkan sehingga menghasilkan bunyi.


Yang membanggakan bagi kita orang Indonesia adalah Angklung telah terdaftar sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Non Bendawi Manusia dari UNESCO sejak tahun 2010.

Saung Angklung Mang Udjo Bandung

Salah satu budayawan Sunda penggiat musik angklung adalah Udjo Ngalagena yang dikenal sebagai Mang Udjo. Pada tahun 1966, beliau mendirikan Sanggar Seni yang merupakan tempat pertunjukan seni, laboratorium pendidikan sekaligus sebagai obyek wisata budaya khas Jawa Barat Saung Angkung Udjo (SAU) ini merupakan pelopor dan satu-satunya tempat kesenian Angklung yang berdiri dan terus dikembangkan hingga saat ini dan terus menyajikan pergelaran setiap harinya.

Yang menarik dari tempat ini adalah semangat gotong royong antar sesama warga desa dimana Saung Mang Udjo ini berdiri. Sehingga mayoritas murid di SAU ini adalah anak dari penduduk sekitar yang merasa terpanggil untuk terus menjaga budaya Indonesia khususnya Angklung. Mereka berlatih oleh para senior dalam banyak hal. Mulai dari bermusik, menari, menjadi pembawa acara dalam pergeleran dan masih banyak lagi. Sungguh sebuah kecintaan pada musik trasidional Indonesia yang terus ditanamkan oleh penduduk sekitar Saung Angklung Udjo kepada generasi penerus mereka ini tidak padam bahkan semakin berkembang.

IMG_20160306_163034

sesi interaktif dengan pengunjung

Kini Mang Udjo telah berpulang namun semangat dan sanggar ini terus dikembangkan oleh putra-putri beliau. Saya yakin Mang Udjo bangga karena sanggar sederhana yang dulu diawalinya kini telah merambah ke dunia internasional bahkan telah menghasilkan banyak prestasi bertaraf dunia. Selain itu Saung Angklung Udjo menjadi salah satu tujuan wisata budaya favorit di Bandung baik untuk wisatawan domestik maupun asing. Tidak rugi kita dan anak-anak kita berkunjung ke Saung Angklung Udjo karena ditempat ini kita belajar dan menikmati salah satu budaya Indonesia yang telah terkenal di dunia internasional. Jangan salah, Angklung itu hanya ada di Indonesia lho.

Saung Angklung Mang Udjo Bandung pemelihara keragaman musik tradisional Indonesia telah membuktikan eksistensinya dalam pengembangan budaya Indonesia khususnya Sunda dengan angklungnya. Sungguh membanggakan saat mendengar angklung yang dimainkan secara orkestra ataupun Arumba dan membawakan lagu daerah, Indonesia dan mancanegara.

Saung Angklung Mang Udjo Bandung

Saung Angklung Udjo telah mewujudkan cita-cita dan harapan Abah Udjo, Sang Legenda Angklung yaitu menjadikan angklung sebagai seni dan identitas budaya yang membanggakan :

” Saya mendapat pesan dari Bapak Angklung Dunia, Daeng Soetigna (Alm) untuk meneruskan misinya memperkenalkan ANGKLUNG ke semua orang di seluruh dunia agar dikenal diman-mana, dengan sebuah gagasan bahwa melalui penampilan kesenian musik ANGKLUNG, akan dapat membantu mendorong terciptanya kedamaian di dunia, yang kita cinta dan kita tinggali ini”.

Terima kasih Mang Udjo untuk dedikasinya pada Budaya Indonesia.

IMG_20160306_160037

Tari Merak

SAUNG ANGKLUNG UDJO

Jl. Padasuka 118 Bandung 40192

Tel : 62-22-727 1714/710 1736

Email : info@angklung-udjo.co.id

Website: www.angklung-udjo.co.id

One Response

  1. Shane Socorro October 2, 2017

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!