Menikmati Keunikan Cafe Retrorika Kota Wisata Batu

Menikmati Keunikan Cafe Retrorika Kota Wisata Batu – Minum kopi adalah sebuah keharusan bagi sebagian orang. Bahkan saya menemui beberapa orang yang mengkonsumsi kopi lebih dari dua cangkir setiap harinya. Sebagian malah merasa belum hidup jika belum meneguk kopi terutama di pagi hari.

Belakangan, kedai-kedai kopi sederhana serta modern bermunculan dimana-mana. Mulai dari kedai kopi lokal hingga merek dunia hadir di Indonesia. Tidak hanya di kota-kota besar, di kota kecil seperti Batu di Jawa Timurpun; kedai kopi hadir bagaikan jamur.

Setiap kedai kopi memiliki ciri khasnya. Mulai dari desain tempatnya, pangsa pasarnya, jenis kopi yang digunakan, rasa racikan kopinya dan juga menu yang ditawarkan. Di Kota Batu sendiri, cukup banyak kedai kopi yang dapat Anda datangi.

Salah satunya adalah Cafe Retrorika. Cafe milik Pak Swiss Winasis ini memang unik. Mengusung tema ramah lingkungan, cafe ini juga menggunakan banyak barang kuno dan juga barang daur ulang. Selain itu, tanaman hijau juga menjadi bagian dari dekorasi tempat minum kopi ini.

Cafe Retrorika ini mulai beroperasi di sekitar tahun 2018. Walaupun letaknya tidak di pusat Kota Wisata Batu, tetap saja para pengunjung datang mencarinya. Saya sendiri sempat salah jalan saat datang ke cafe ini untuk pertama kalinya.

Jika ingin datang ke Cafe Retrorika, cobalah menggunakan petunjuk arah. Saya menggunakan GoogleMap untuk menemukan cafe yang terletak di Jalan Mutmainah, Dusun Banaran, Desa Bumiaji, Kota Wisata Batu ini. Sebenarnya mudah, temukan tandon air besar ataupun lapangan Dusun Banaran. Lokasi cafe Retroroka berada di tengah-tengah kedua ikon ini.

Saat saya masuk ke cafe ini pertama kalinya, saya kagum dengan penataan ruangan dan semua dekorasi Cafe Retrorika ini. Unik dan menarik! Daun pintu lama digunakan sebagai dinding bagian depan bangunan. Meja kursi di bagian dalam menggunakan perabot lama dan sebagian lagi dibuat dari daur ulang perkakas kuno.

Menikmati keunikan Cafe Retrorika Kota Wisata Batu, tidaklah lengkap jika kita tidak mencicipi hidangan dan minuman olahannya. Ada banyak menu yang ditawarkan. Kopi tentu saja adalah menu utama di Cafe Retrorika. Kopi yang digunakan adalah kopi-kopi asli Indonesia terutama dari kawasan perkebunan di lereng Gunung Arjuno dan Anjasmoro.

Selain kopi, pengunjung dapat menikmati aneka jus buah, es krim bahkan jamu. Minuman hangat yang cocok dengan udara sejuk Desa Bumiaji juga dapat dipesan seperti jahe panas, teh poci hingga tape.

Sedangkan makanan yang dapat dipesan beraneka mulai dari ayam goreng, soto, dimsum, tahu tempe goreng, risol dan masih banyak lagi. Untuk menu nasi goreng, Cafe Retrorika ini menawarkan banyak sekali varian nasi goreng mulai nasi goreng jawa hingga nasi goreng hitam bahkan nasi goreng naga.

Harga makanan di Cafe Retrorika ini berkisar antara Rp. 10.000 hingga Rp. 30.000 (harga Oktober 2020). Tidak terlalu mahal untuk harga di sebuah cafe.

Karena saya datang tidak di jam makan. akhirnya saya memesan beberapa penganan kecil dan tentunya kopi. Secangkir kopi di sejuknya udara kota Batu ditambah beberapa penganan yang saya pesan cukup menyenangkan lidah. Rasa makanan dan minuman di Cafe Retrorika ini enak walaupun tidak terlalu istimewa. Mungkin karena saya belum menemukan menu yang menggoda lidah saya. Artinya, saya harus kembali ke cafe ini.

Jika Anda suka dengan tempat-tempat yang instagramable, Cafe Retrorika ini cocok untuk Anda. Banyak sekali spot foto yang menarik disini. Saya yakin Anda akan betah menikmati setiap pojoknya yang unik.

Oh ya, Cafe Retrorika ini berpartisipasi dalam pengurangan penggunaan kemasan plastik. Jadi jika Anda ingin membawa pulang makanan dan miniman dari cafe ini, kemasan yang digunakan adalah kemasan yang dapat dipakai kembeli. Minuman akan dikemas dalam botol, tentunya dengan biaya tambahan untuk membeli botol. Sedangkan untuk makanan, akan dikemas dengan besek bambu.

Tertarik? Segera mampir ke:

CAFE RETRORIKA

Jalan Dewi Mutmainah, Dusun Banaran, Desa Bumiaji, Kota Batu

Buka setiap hari mulai 11:00 – 00:00

Telepon :+62-821 3272 0679

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!