Menikmati Keindahan Pantai Kondang Merak di Malang Selatan

Menikmati Keindahan Pantai Kondang Merak di Malang Selatan – Kabupaten Malang di Jawa Timur memiliki potensi wisata alam yang sangat luar biasa. Ada pegunungan, hutan, air terjun dan tak kalah maraknya adalah pantai di pesisir selatan kota Malang. Salah satu pantai yang terkenal adalah pantai Kondang Merak.


Pantai Kondang Merak ini terletak di pesisir selatan Samudera Indonesia, tepatnya di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Propinsi Jawa Timur. Dengan berkendara sekitar 3 jam dari Kota Malang, kita dapat sampai ke pantai ini dan menikmati keindahannya.

 

Menikmati Keindahan Pantai Kondang Merak di Malang Selatan

Perlu mempersiapkan kendaraan Anda sebelum mencapai Pantai Kondang Merak ini karena akses jalannya masih belum begitu baik (kondisi Oktober 2016). Jika setelah hujan kita mengunjungi pantai ini, dipastikan akses masuk utama akan begitu jelek bahkan perlu berhati-hati dengan kemungkinan ban kendaraan akan selip. Namun, ada akses jalan lain yang lebih baik walaupun sedikit memutar untuk mencapai pantai ini. Ikuti saja petunjuk jalannya yang jelas.

Dari Kota Malang, kita perlu menyusur jalan ke arah selatan Kota Malang. Ikuti petunjuk arah menuju Gadang, Bululawang lalu cari petunjuk ke arah Pantai Bale Kambang. Jika Anda menemukan perempatan ke arah Pantai Bale Kambang, ambillah arah kanan dan ikuti terus petunjuk jalannya. Jalanan ke Pantai Kondang Merak ini belum begitu ramai pengunjung apalagi memang akses masuknya masih berupa jalan makadam dan tanah liat.

 

Dengan membayar tiket masuk seharga Rp. 5,000 rupiah per orang, kita dapat menikmati keindahan pantai dengan pasir putih ini (harga Oktober 2016). Sedangkan tiket parkir sepeda motor adalah Rp.  5,000 dan mobil (kendaraan roda empat) adalah sebesar Rp. 7,000.

Tiket Masuk Pantai Kondang Merak di Malang Selatan

Siapkan topi dan tabir surya karena memang udara di daerah ini terbilang panas dan terik. Cukuplah untuk membakar kulit kita. Di beberapa bagian terdapat pepohonan hijau dimana kita dapat membuka tikar yang kita bawa dari rumah dan menikmati makanan ringan dan minuman. Jika Anda tidak membawanya, di pinggir pantai Kondang Merak ini terdapat beberapa warung yang menyediakan minuman dan makanan. Kelapa muda dapat dibeli dengan mudah disini. Cocok sekali sebagai pelepas dahaga di hari yang panas di pinggir pantai.

 

Pantai indah ini dinamakan Kondang Merak karena pantai ini memiliki Kondang (muara yang merupakan pertemuan air laut dan air tawar) yang dulunya dihuni banyak burung Merak. Burung-burung Merak yang indah ini sekarang punah akibat dari penangkapan liar oleh masyarakat umum. Duh, sayang sekali bukan. Seandainya masih terpelihara, dapat dibayangkan betapa indahnya Pantai ini.

Di Pantai Kondang Merak ini kita dapat menemukan banyak perahu nelayan yang mencari ikan di laut Selatan. Tuna, kakap dan gurita adalah komoditi utama yang dijual oleh nelayan di Pantai Kondang Merak ini. Jadi jika Anda ingin membeli ikan segar, datang saja di jam -jam nelayan datang dari laut dan Anda dapat langsung bertransaksi dengan mereka.

Pantai Kondang Merak di Malang SelatanJika Anda ingin langsung menyantap ikan segar hasil tangkapan nelayan, langsung saja datang ke warung Mbak Wiji Lestari yang menyediakan hidangan laut yang rasanya jempolan. Lokasi Warung ini mudah ditemukan karena berada di pintu masuk kampung nelayan Pantai Kondang Merak. Sate tuna dan oseng gurita adalah menu andalan warung ini.

Jadi setelah Menikmati Keindahan Pantai Kondang Merak di Malang Selatan, kita pulang dengan perut kenyang setelah menikmati hidangan lezat dari Warung Mbak Wiji Lestari.

Ayo main ke Pantai Kondang Merak dan nikmati keindahan pasir putihnya !

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!