Menikmati Keindahan Pantai Gatra dan Clungup di Malang Selatan

Menikmati Keindahan Pantai Gatra dan Clungup di Malang Selatan – Di kawasan Malang Selatan, mulai ditemukan banyak sekali pantai baru bahkan ” hidden beach” – pantai tersembunyi yang indah bahkan sangat indah di sepanjang pesisir pantai selatan ini. Jika selama ini, kita mengenal Pantai Sendang Biru yang mempunyai Pulau Sempu di tengahnya; tidak jauh dari Pantai Sendang Biru ini terbentang jajaran Pantai Clungup, Pantai Tiga Warna dan Pantai Gatra. Tiga pantai yang baru saja dieksplorasi ini lokasinya cukup tersembunyi. Walaupun demikian, tidak ada ruginya jika kita segera meluncur dan menikmati keindahan Pantai Gatra dan Clungup di Malang Selatan ini.

Pantai Gatra dan Pantai Clungup ini berada di Desa Tambaksari, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Lebih dikenal dengan Malang Selatan karena memang letaknya berada di bagian selatan Kota Malang. Untuk mencapai lokasi ini, kita perlu menempuh perjalanan sekitar 150 kilometer dari kota Malang atau sekitar 3-3,5 jam perjalanan dengan kendaraan.

Akses masuk ke Pantai Gatra dan Clungup yang merupakan area konservasi untuk mangrove, terumbu karang dan hutan lindung ini belum begitu bagus. Jika hari hujan, jalanan akan menjadi sangat becek dan susah untuk dilalui kendaraan. Mungkin di beberapa waktu ke depan, jalan masuk ke lokasi pantai ini akan menjadi lebih baik.


Bagaimana cara untuk menuju Pantai Gatra dan Clungup di Malang Selatan ini? Caranya cukup mudah yaitu ikuti saja petunjuk arah menuju Gadang – Bululawang – Turen dan Sumbermanjing Wetan. Dari Kecamatan Sumbermanjing Wetan, ambillah arah menuju pertigaan Pantai Sendang Biru dan ambilah petunjuk arah ke Clungup Mangrove Conservation alias Pantai Clungup. Pantai-pantai ini dapat dengan mudah diakses dari Jalan Lintas Selatan (JLS) yang mulus.

Sebelum berangkat ke Pantai Gatra dan Pantai Clungup ini apalagi jika ingin berkemah, lebih baik jika kita melakukan pemesanan dahulu ke petugas melalui nomor telepon pengelola yaitu Bhakti Alam di nomor : +62-812-3333-9889 atau +62-821-3267-7713. Tidak perlu membawa tenda dan matras sendiri karena kita dapat menyewa pada pengelola.

Dari tempat pembelian tiket, kita perlu berjalan melewati hutan mangrove untuk sampai ke Pantai Gatra. Jika air sedang pasang, maka kita harus melintasi air pasang tersebut dan cukup tinggi juga loh air pasang disini. Jika kita sudah melintasi hutan mangrove ini berarti kita sudah sampai di Pantai Clungup yang tenang ini.

Tujuan berikutnya adalah Pantai Gatra dimana kita dapat melakukan permainan kano ataupun berkemah di pantai yang berpasir putih dan bersih ini. Harga sewa lokasi adalah Rp. 25,000 / tenda sedangkan harga sewa tenda dengan kapasitas 5 orang adalah Rp. 25,000/malam. Bawalah peralatan memasak dan bahan makanan karena penjual makanan sangat jarang ditemukan di kawasan pantai ini. Tapi jangan lupa untuk membawa sampahnya kembali khususnya sampah-sampah yang susah didaur ulang oleh alam. Ada denda yang diberlakukan bagi pengunjung yang meninggalkan sampahnya di lokasi pantai Gatra, Clungup dan Tiga Warna ini. Biaya dendanya cukup mahal yaitu Rp. 100,000/item.

Menikmati Keindahan Pantai Gatra dan Clungup di Malang Selatan Menikmati Keindahan Pantai Gatra dan Clungup di Malang SelatanDi Pantai Gatra ini, kita dapat menikmati karang-karang yang indah. SelainĀ  Pantai Gatra dan Clungup, sebenarnya kita dapat menikmati beberapa titik menarik di sepanjang kawasan konservasi alam ini yaitu Teluk Asmoro, Pantai Savana, Pantai Mini dan Pantai Batu Pecah juga Pantai Tiga Warna yang terkenal itu.

Perlu mempersiapkan kondisi fisik untuk trekking ke semua titik menawan ini karena kita perlu berjalan sekitar 3 jam dengan medan yang tidak begitu mudah. Tetapi menyusuri pantai-pantai di kawasan konservasi ini merupakan pengalaman menarik yang harus kita coba. Tidak akan menyesal karena kita akan menikmati banyak pemandangan yang sangat indah. Dari Pantai Gatra ini, kita dapat melihat Pulau Sempu di seberang dengan pemandangan yang tidak akan terlupakan.

Jangan lupa untuk menggunakan jasa pemandu untuk menyusuri semu titik indah di kawasan konservasi Bhakti Alam ini; tentunya supaya kita tidak tersesat karena memang tidak ada petunjuk arah yang jelas. Biayanya adalah Rp. 100,000 untuk 1 kelompok dengan anggota maksimal 10 orang peserta.

Bagaimanapun, Menikmati Keindahan Pantai Gatra dan Clungup di Malang Selatan adalah hal yang menarik untuk dilakukan. Tidak akan kecewa!

2 Comments

  1. Harmony Eggers October 2, 2017
    • lilyudha1 October 3, 2017

Leave a Reply