Jalan-jalan Di Hong Kong Park Yang Sejuk Dan Rindang

Jalan-jalan di Hong Kong Park yang sejuk dan rindang – Pagi-pagi saya dan teman-teman segera meninggalkan daerah Tsim Sha Tsui menuju Hong Kong Island. Tujuan kami kali ini adalah The Peak dimana kita dapat melihat Hong Kong dari ketinggian. Kami naik MTR dari Tsim Sha Tsui menuju Central dengan menaiki Star Ferry yang akan membawa kami menyeberang selama kurang lebih 20 menit. Tiket Star Ferry langsung dibeli di loket untuk keberangkatan hari itu juga. Akhirnya kami tiba di Central dan segera mencari bis No. 15 yang membawa kami ke terminal terdekat dengan The Peak.


Galleria The Peak Hong Kong Dermaga di Central Hong KongPerjalanan dari Central sampai ke Terminal Bis The Peak membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu sekitar 50 menit dengan bis bertingkat yang nyaman. Harga tiket bis sekali jalan adalah HKD 9,8 (tahun 2016). Di sepanjang perjalanan, kita akan menikmati pemandangan diatas bukit yang indah. Harusnya udara di luar cukup sejuk namun karena bis menggunakan penyegar udara maka kita tidak dapat merasakan udara alami.  Jalannya cukup berkelok-kelok dan sisi jalan kita adalah tebing dan jurang serta gedung-gedung tinggi. Keindahan ini membuat kita tidak terlalu memikirkan bentuk ruas jalan yang kita lewati.

Sesampai di terakhir di samping The Peak Galleria, kita cukup berjalan beberapa puluh meter hingga tiba di area The Peak Tram yang akan membawa kita ke bagian tertinggi di Hong Kong. Oh ya, tiket The Peak Tram ini harus dibeli dulu dengan harga HKD 45 (tahun 2016) untuk tiket pulang pergi. Lalu kami segera naik ke tram dan menuju stasiun tram bagian atas. Tiket ini sudah kami beli terlebih dahulu  bersama tiket lain di Golden Crown Hostel Hongkong. 

Hong Kong Park Hong Kong ParkSatu kali jalan dengan tram membawa kami pada sebuah area menarik yang sayang sekali untuk terlewatkan. Tempat ini adalah Hong Kong Park yang terletak di Central. Tempat pertama yang kami tuju di lokasi iniadalah toilet. Wah, toilet di Hong Kong Park ini sangat bersih dan terawat. Benar-benar salut dengan pemerintah Hong Kong yang merawat semua fasilitas umum dengan profesional. Dan tentu saja para pengunjung juga merawatnya dengan baik. Seandainya di negara saya yang hebat bisa memiliki mental seperti ini, pastinya luar biasa.

Di Hong Kong Park ini, kita tidak perlu membayar tiket masuk. Siapa saja bisa menikmati hijau, rimbun dan sejuknya taman ini. Benar-benar sebuah tempat yang menyegarkan di antar sibuknya Hong Kong. Di Hong Kong Park ini, para pengunjung dapat berolahraga ringan sembari menikmati tanaman dan hewan yang ada di dalamnya. Oh ya, karena kami datang di hari minggu, beberapa tenaga kerja migran dari Filipina sedang berekreasi di taman ini dan sedang menikmati bekal mereka.

Di dalam Hong Kong Park yang dibangun pada tahun 1991 ini , selain menikmati hijaunya pepohonan, kita juga dapat menemukan beberapa jenis burung. Namun pengunjung dilarang ini memberikan makan pada burung-burung di taman ini. Oh ya, selama di dalam taman ini, pengunjung dilarang untuk bersepeda, membawa anjing, memberi makan pada burung dan dilarang merokok. Nikmatilah udara sehat dan segar dengan jalan-jalan di Hong Kong Park yang sejuk dan rindang ini.

Hong Kong Park Hong Kong ParkPetunjuk arah di Hong Kong Park ini sangat jelas sehingga kita tidak mungkin tersesat di dalamnya. Apalagi dengan pengunjung yang banyak, kita hanya perlu bertanya jika tersesat. Selain berekreasi dan berolahraga, di dalam Hong Kong Park ini juga terdapat Menara Pandang (Vantage Point) dimana kita dapat melihat sekitar taman dari atas. Tinggi tower ini adalah kurang lebih 30 (tiga puluh) meter dan untuk mencapai titik tertingginya, kita harus menaiki tangga yang berjumlah 105 anak tangga. Cukup melelahkan tetapi seimbang dengan keindahan yang akan kita nikmati dari atas.

pemandangan dari menara Hong Kong Park pemandangan dari menara Hong Kong ParkSetelah menaiki 105 anak tangga di menara pandang ini, kita dapat menikmati pemandangan yang indah seperti ini. Ditimpali dengan angin sejuk membuat kelelahan menaiki tangga sedikit terlupakan. Oh ya, anak-anak dibawah umur 12 (dua belas) tahun harus didampingi oleh orang dewasa saat menaiki anak tangga di menara ini. Karena tidak ada tempat beristirahat sepanjang perjalanan naik ini, bagi mereka yang tidak dalam keadaan kesehatan yang prima juga tidak disarankan untuk naik. Tetapi sangat disayangkan jika kita tidak menaiki anak tangga ini jika sudah berada di alam Hong Kong Park.

Karena tidak ada penjual makanan ataupun minuman di dalam taman ini, jika kita ingin bersantai di Hong Kong Park ini, sebaiknya kita membawa bekal. Kita dapat menikmatinya sambil bersantai. Tentu saja, jangan sampai membuang sampah sembarangan ya.

Yuk, jalan-jalan di Hong Kong Park yang sejuk dan rindang jika kita sedang berada di sekitar Hong Kong Island atau sedang berada di sekitar The Peak Hong Kong.

jam operasional Hong Kong ParkHONG KONG PARK

19 Cotton Tree Drive,

Central – Hong Kong Island

Hongkong

Website : www.lcsd.gov.hk

Jam Operasional : 06:00 – 23:00 setiap hari kecuali jika ada pengumuman perbaikan

MRT : dari Central, ambillah MTR menuju Admiralty dan keluar di Exit C1. Ikuti saja petunjuk arah menuju Hong Kong Park (perlu naik escalator dari Exit C)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
error: Content is protected !!