Bebek Songkem Pak Salim Enak Rendah Kolesterol di Bangkalan Madura

Bebek songkem Pak Salim enak rendah kolesterol di Bangkalan Madura- Sebagai salah satu penggemar kuliner olahan bebek, saya tidak akan melewatkan untuk menikmati segala masakan olahan bebek. Yang sudah umum di pasaran di seluruh Indonesia adalah bebek goreng dan bebek bakar. Kali ini saya menikmati Bebek Songkem saat melakukan perjalanan ke kota Bangkalan di pulau Madura.


Mungkin namanya belum sepopuler begor – bebek goreng namun rasa bebek songkem ini enak sekali. Bebek Songkem merupakan masakan olahan bebek khas dari kota Sampang Madura. Bebek ini dimasak dengan cara dikukus tanpa air tapi menggunakan pohon pisang. Potongan daging bebek yang sudah dilumuri bumbu khas dan khusus. Lalu dibungkus dengan daun pisang dan dikukus selama kurang lebih 3 jam. Proses mengukus ini juga menggunakan pelepah pisang.

Mungkin air dari pelepah pisang ini yang membuat bebek menjadi lezat selain bumbunya. Hasil pengukusan selama 3 jam ini membuat bumbu meresap rata pada dagingnya yang menjadi empuk dan rendah kolesterol.

Bebek Songkem Pak Salim Bebek Songkem Pak Salim

Kenapa dinamai Songkem? Menurut penjualnya, Songkem berasal dari bahasa Jawa : Sungkem yaitu memberikan hormat kepada orang yang kita tuakan atau kita hormati. Jaman dahulu saat Bebek Songkem dimasak untuk dijadikan buah tangan bagi para tetua, bebek tersebut dimasak dalam posisi leher dan kepala ditekuk seperti orang sungkem.

Saya dan teman-teman makan siang di Bebek Songkem Pak Salim. Bapak yang satu ini merupakan Juara 1 Festival Kuliner Se-Madura. Menurut banyak informasi, inilah bebek songkem yang otentik di Bangkalan. Jadi tentunya Bebek Songkem Pak Salim Enak dan Rendan Kolesterol di Bangkalan  Madura ini sangat layak untuk dicoba.

Bebek Songkem Pak SalimLokasinya berada di daerah Burneh, tidak jauh dari Jembatan Suramadu. Tepat di sisi jalan Raya, yaitu di Jl. Raya Ketengan 85, Burneh, Bangkalan. Siang itu kami makan bebek songkem dan nasi putih yang dilengkapi dengan sambal mangga. Rasanya memang juara!

Pedas, asin, asam; pokoknya pas dengan nasi putih. Kalau tidak ingat perut yang mengembang ke kiri dan kanan, rasanya 1 potong tidak cukup. Keinginan nambah ditahan dulu untuk kunjungan berikutnya.

Jadi kalau ke kota Bangkalan, Madura; jangan lupa mampir untuk makan di Bebek Songkem Pak Salim. Nyaman Onggu

Bebek Songkem Pak Salim

Bebek Songkem Pak Salim

Jl Raya Ketengan 85

Burneh – Bangkalah

Tel : 62-31-77995523

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
error: Content is protected !!