Kuliner Legenda Surabaya Sate Klopo Ondomohen Bu Asih

Kuliner Legenda Surabaya Sate Klopo Ondomohen Bu Asih – Sebenarnya sudah sejak lama saya mendengar tentang makanan ini. Sate Klopo Ondomohen namanya. Sate ini disebut sate klopo atau dalam bahasa Indonesia sate kelapa. Makanan yang satu ini sangat terkenal di Kota Surabaya.

Akhirnya saya berlibur ke Kota Surabaya. Naik kereta bersama beberapa orang teman. Tujuan pertama kami adalah mencicipi sate klopo Ondomohen. Menu wajib pada kunjungan ke Kota Surabaya kali ini. Dari Stasiun Gubeng kami memesan taksi online dan segera menuju lokasi.

Beruntung kami mendapatkan sopir taksi online asli Surabaya.. Bapak sopir ini menginformasikan bahwa ada beberapa sate klopo di kawasan Ondomohen. Tetapi hanya ada 1 (satu) yang asli yaitu milik Bu Asih. Tentunya kami tidak mau datang ke tempat yang salah. Kami berhenti tepat di depan kuliner legenda Surabaya Sate Klopo Ondomohen Bu Asih.

Oh ya, Ondomohen ini berasal dari nama Kali Ondo-Gemohen. Penamaan ini ada sejak jaman penjajahan Belanda. Namun saat ini nama jalan ini telah berubah menjadi Jalan Walikota Musatjab. Hanya saja penduduk Surabaya masih mengenalnya sebagai Jalan Ondomohen.

Ada 2 (dua) jenis daging yang digunakan yaitu daging ayam dan daging sapi. Kami memesan keduanya agar dapat membedakan rasanya. Ternyata tidak perlu menunggu lama. Pesanan kami datang dan tentu segera kami nikmati. Menurut lidah saya dan teman-teman, sate klopo sapi lebih enak. Lebih meresap bumbunya. Cocok dipadukan dengan bumbu kacang.

Awalnya penjual Sate Klopo ini adalah ibu mertua Bu Asih. Bisnis ini dimulai dari tahun 1945. Ibu mertua Bu Asih ini berasal dari Madura. Jadi sate klopo ini bumbunya cenderung ke makanan ala Madura. Sudah hampir 70 tahun, Sate Klopo ini hadir di Kota Surabaya. Tidak perlu diragukan lagi rasa sate legenda di kawasan Genteng Kota Surabaya ini. Saat ini, anak Bu Asih sudah turun tangan membantu operasional Sate Klopo Ondomohen.

Warung Sate Klopo Bu Asih ini tidak buka cabang dimanapun. Jadi pastikan Anda datang ke alamat yang benar. Tempat yang asli ini selalu penuh pengunjung khususnya di jam-jam makan. Siap-siap mengantri lah. Apalagi ruangannya memang tidak terlalu besar.

Sayangnya untuk lidah saya, rasa sate ini kurang begitu cocok. Enak tetapi tidak terlalu istimewa. Unik tapi kurang menggigit. Harga satu porsi sate dengan nasi dan minum kurang lebih Rp. 30,000 per porsi. Tidak terlalu mahal kok. Oh ya, satu porsi isinya 10 (sepuluh) tusuk sate ya.

Jika Anda belum pernah mencoba sate klopo, saya sarankan Anda mencobanya. Siapa tahu rasa sate ini cocok dengan selera dan lidah Anda.

SATE KLOPO ONDOMOHEN BU ASIH – tidak buka cabang

Jalan Walikota Mustajab 36, Genteng, Surabaya

Buka setiap hari jam 0700 – 2300

Tel : +62-31-547 4575

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
error: Content is protected !!