Mengagumi Keindahan Candi Istana Ratu Boko Yogyakarta yang penuh misteri

Mengagumi Keindahan Candi Istana Ratu Boko Yogyakarta yang penuh misteri – Di Yogyakarta yang sarat budaya, bukan hanya ada Candi Borobudur dan Candi Prambanan; namun ada juga sebuah candi yang tidak kalah indahnya yaitu Candi Istana Ratu Boko.


Candi Istana Ratu Boko ini merupakan sebuah situs purbakala yang terdiri dari reruntuhan sejumlah bangunan dari sebuah Istana yang diperkirakan berasal dari masa Wangsa Sailendra.

Mengagumi Keindahan Candi Istana Ratu Boko Yogyakarta yang penuh misteri

Situs ini terletak hanya 18km dari kota Yogyakarta dan hanya 3km dari Candi Prambanan. Karena Candi Ratu Boko ini berada di atas bukit, sekitar 196 meter dari permukaan laut, maka dari tempat ini kita dapat juga menikmati indahnya Candi Prambanan dari kejauhan juga sebagian kota Yogyakarta dari atas.

Menurut informasi petugas yang mengantar kami, dipercaya kompleks istana ini merupakan bagian dari legenda Loro Jonggrang – legenda terbentuknya Candi Prambanan karena Ratu Baka berarti Raja Bangau yang merupakan ayah dari Loro Jonggrang.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Karena kompleks ini merupakan bekas istana maka tidaklah mengherankan jika luas kompleks ini adalah sekitar 25 hektar yang terdiri dari beberapa bangunan antara lain gapura utama yang merupakan pintu masuk Istana Ratu Boko, kolam yang diduga adalah tempat penyimpanan air, kompleks keputren, beberapa balai dan pendopo, satu lokasi yang diduga adalah pasar, candi pembakaran dan masih banyak bangunan lain.

Tempat ini menjadi sangat panas pada siang hari karena memang tidak banyak pepohonan hijau di Kompleks Candi Istana Ratu Boko ini. Keindahan tempat ini akan menjadi sangat eksotis saat menjelang senja karena situs ini merupakan salah satu tempat terbaik untuk mengabadikan matahari senja. Benar, jika mengagumi Keindahan Candi Istana Ratu Boko Yogyakarta yang penuh misteri tepat dilakukan saat menjelang sore.

Mengagumi Keindahan Candi Istana Ratu Boko Yogyakarta yang penuh misteri

Harga tiket masuk untuk sore haripun berbeda dengan pagi hari. Jadi,Anda datang pada pukul 15:00 maka harga tiket masuk sore yang berlaku. Namun ini setara dengan keindahan yang akan Anda nikmati. Toilet di kompleks ini bersih dan terawat serta ada tempat makan dan pertemuan yang bagus jika Anda memerlukannya.

Selama di Yogyakarta, Anda bisa menginap di :

  1. Eastparc Hotel Yogyakarta
  2. Hotel Tentrem
  3. Royal Ambarukmo Hotel
  4. Grand Aston Yogyakarta
  5. Neo Hotel Yogyakarta
  6. The Phoenix Hotel Yogyakarta
  7. Galeri Prawirotaman Yogyakarta

One Response

  1. DarrinGodfre December 10, 2016

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!