Berlibur ke Coban Rais Kota Batu Yang Sejuk dan Cantik

Berlibur ke Coban Rais Kota Batu yang sejuk dan cantik – Beberapa waktu belakangan, banyak orang menanyakan tentang Coban Rais kepada saya. Bagus tidak, jauh atau tidak dari pusat Kota Batu, layak didatangi tidak? Nah, akhirnya saya dan teman-teman memutuskan untuk berlibur ke salah satu tempat wisata nge-hits di Kota Batu ini. Yuk kita mulai berlibur ke Coban Rais Kota Batu yang sejuk dan cantik.

Dari Kota Malang, kami mengendarai kendaraan pribadi karena memang belum ada angkutan umum yang langsung ke Coban Rais. Oh ya, tujuan kami pagi itu adalah di Batu Flower Garden. Mengingat waktu yang tidak terlalu panjang bagi kami, jadi kami pastikan tidak berjalan ke air terjun tetapi hanya di taman wisata yang baru.

Wana Wisata Coban Rais ini terletak di Dusun Dresel, Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Batu. Untuk mudahnya, carilah pemancar TVRI jika Anda sudah berada di kawasan BNS (Batu Night Spectacular). Jalannya menanjak dan lurus, ikuti saja petunjuk arahnya. Ada beberapa lokasi yang dapat dikunjungi di satu kawasan Wana Wisata Coban Rais ini yaitu Coban Rais  dimana kita dapat menikmati air terjun yang cukup deras, taman wisata Batu Flower Garden atau disebut juga Bukit Bulu, sebuah tempat wisata kekinian dan Bukit Perkemahan Coban Rais.

Tiba di area parkir Wana Wisata Coban Rais, kami membayar tiket masuk yang harganya Rp. 10.000/orang. Lalu untuk mempersingkat waktu tempuh menuju area Batu Flower Garden di Bukit Bulu, kami segera naik ojek dari area pintu masuk ini. Para bapak tukang ojek ini akan mengantar kami ke beberapa spot foto yang ada di kawasan ini dengan biaya Rp. 10.000. Sebenarnya jika mempunyai waktu lebih, berjalan kaki ke spot-spot foto ini tidaklah terlalu jauh dari pintu masuk apalagi di hari kerja, wana wisata ini tidaklah terlalu padat. 

Kami segera menuju area pembelian tiket untuk memasuki tiap spot yang ada di Batu Flower Garden ini. Kita harus membayar tiket masuk dengan harga Rp. 25,000 per orang (harga tahun 2017) untuk menikmati keindahan Batu Flower Garden di Bukit Bulu ini. Dengan harga ini, pengunjung sudah mendapatkan 2 spot foto gratis yaitu di kawasan Flower dan spot Love. Oh ya, disetiap spot foto di kawasan Batu Flower Garden ini, pengelola telah menyediakan fotografer dengan kamera DSLR yang cukup mumpuni untuk memotret kita. Hasilnya tidak mengecewakan kok.

Untuk spot foto lain, pengunjung harus membayar biaya tambahan lain yaitu :

  • Ayunan – Rp. 10.000
  • I Love U – Rp. 10.000
  • Pinus – Rp. 10.000
  • Hammock Tower – Rp 15.000
  • Ayunan mini anak – Rp. 10.000
  • Gowes mini anak – Rp. 20.000
  • Hammock mini untuk anak  – Rp. 20.000
  • Three angle – Rp. 35.000

Dengan membayar biaya tersebut, kita akan mendapatkan kesempatan 3 kali foto dan mendapatkan 1 file foto yang nanti akan kita pilih di area pemilihan foto saat akan keluar.

Ada biaya tambahan lain yang mungkin akan Anda bayarkan yaitu :

  • Membawa kamera DSLR – Rp. 15.000
  • Membawa kamera drone – Rp. 75.000
  • Membawa kamera Go Pro – Rp. 10.000
  • Tambahan file foto yang dipilih – Rp. 5.000/file

Jadi, berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk menikmati dan mendokumentasikan wisata kita di kawasan Bukit Bulu Batu Flower Garden? Ya, silahkan hitung sendiri ya.

Perlu menyediakan waktu paling tidak sekitar 3-4 jam untuk menikmati semua spot foto serta menikmati keindahan kawasan ini. Rugi kan kalau sudah jauh-jauh ke Batu lalu hanya sebentar saja disini? Apalagi wana wisata ini cukup ramai saat akhir pekan atau hari-hari libur sehingga sering kali, pengunjung harus antri untuk dapat berfoto.

Mengingat lokasi ini berada di ketinggian bukit dan beberapa spot juga membutuhkan tingkat pengamanan yang baik, maka spot-spot foto di Batu Flower Garden ini dilengkapi dengan peralatan keamanan seperti safety belt yang akan dipasang di pinggang pengunjung. Wana wisata ini telah dilengkapi dengan fasilitas umum yang cukup baik diantaranya adalah kamar kecil, mushola dan juga tempat makan. Jadi tidak perlu khawatir jika berlibur ke Coban Rais Kota Batu yang sejuk dan cantik ini dalam jangka waktu yang cukup lama.

Berbeda lagi jika kita ingin berwisata di air terjun Coban Rais, bukan ke Bukit Bulu. Dari pintu masuk dan membayar tiket masuk Rp. 10.000, kita hanya perlu berjalan kaki menuju Coban Rais dalam tingkat kecuraman 90 derajat dan ketinggian 1025 meter diatas permukaan laut. Pastikan kondisi fisik kita cukup fit untuk dapat berpetualang di Coban Rais ini,

Waktu tempuh dengan berjalan kaki alias trekking ini adalah sekitar 1 jam dengan jalan tanah yang cukup licin saat musim hujan atau setelah hujan. Karena itu kita perlu menggunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin mengingat medan yang cukup sulit ini.  Kenakan baju yang nyaman dan aman karena kita harus melewati banyak sungai-sungai kecil berbatu, tebing batu dan jurang.

Sebelum tiba di Coban Rais, kita akan bertemu dengan Coban Putri yang tinggi dan deras air terjunnya lebih kecil dari Coban Rais tetapi tidak kalah cantik untuk dinikmati. Oh ya, tinggi air terjun Coban Putri adalah 20 meter sedangkan Coban Rais adalah 75 meter. Jarak Coban Putri dari pintu masuk adalah sekitar 1 KM saja.

Yuk kita berlibur ke Coban Rais Kota Batu yang sejuk dan cantik!

 BATU FLOWER GARDEN

Jam operasional : 0730 – 15:00

Nomor kontak pengelola : +62-812 5961 0875

 

 

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
error: Content is protected !!