Mampir ke Bakso Pemuda Salah Satu Legenda di Kota Batu

Mampir ke Bakso Pemuda Salah Satu Legenda di Kota Batu – Sepertinya memang bakso adalah salah satu makanan kegemaran masyarakat Indonesia pada umumnya. Mungkin karena itulah, bakso mudah ditemukan di hampir setiap kota. Mulai dari bakso di gerobak, di warung tenda, depot hingga restoran; semua ini mudah ditemukan di negara kita.

Nah, di Kota Wisata Batu juga terdapat beberapa tempat makan bakso yang menjadi kegemaran banyak orang. Ada Bakso Mentawai yang sekarang menjadi Depot Simpang Empat, di depan Batu Town Square ada Bakso Arief, ada lagi yang cukup baru adalah De Stadion dan masih ada beberapa tempat makan bakso lain di kota dengan udara sejuk ini.

Ada satu lagi tempat makan bakso yang sejak awal tahun 1990 sudah ada di Kota Wisata Batu. Jadi, bisa dibilang, kedai bakso ini adalah salah satu legenda di kota berudara sejuk ini. Tempat ini bernama Bakso Pemuda. Dulu saat PKL masih diijinkan berjualan di sekitaran Alun-alun Kota Batu, Bakso Pemuda ini berupa warung tenda di salah satu ruas jalan

Kini Bakso Pemuda telah menempati satu bangunan permanen dua lantai. Tidak terlalu besar tapi cukup rapi dan yang paling penting adalah bersih. Lokasinya berada di Jalan W.R. Supratman, depan SMP Islam 1 Kota Wisata Batu.

Saudara saya mengajak saya makan di Bakso Pemuda saat udara Kota Batu sedang dingin-dinginnya. Sebenarnya sudah sangat lama saya tidak pernah makan bakso ini. Entah kenapa, saya tidak terlalu tertarik mampir ke Bakso Pemuda salah satu legenda di Kota Batu ini. Salah satu alasannya adalah area parkirnya yang terbatas sering mengganggu lalu lintas.

Jadi sore itu, saya makan di Bakso Pemuda lagi setelah sekitan tahun tidak pernah mencicipinya lagi. Pilihannya banyak seperti bakso halus, kasar, tahu putih, tahu goreng, siomai dan beberapa jenis gorengan. Jika ingin lebih kenyang, dapat ditambah dengan lontong ataupun mie.

Setelah kita memilih isian yang kita mau, petugas akan mencatatnya. Kemudian, mangkuk kita akan diisi kuah beserta daun bawang dan bawang goreng. Kita sendiri yang akan membawa mangkuk ke meja. Saos, sambal, kecap dan cuka tersedia di setiap meja. Terserah kita akan meracik kuahnya seperti apa. Saya sendiri menambahkan sedikit cuka, seperti biasa.
Harga bakso dan isian lain di Bakso Pemuda Kota Wisata Batu ini cukup ramah kantong. Bakso besar dihargi Rp. 10.000 per buah. Ini yang termahal. Sedangkan bakso ukuran normal, tahu, siomai dan goreng, rata-rata harganya adalah Rp. 3.000/buah. Untuk semangkuk bakso campur spesial harganya hanya Rp. 20,000 saja. Ini harga bulan Mei 2020.

Saya kurang cocok dengan rasa kuah bakso di Bakso Pemuda Kota Batu ini. Menurut saya, rasanya kuahnya ini tanggung. Terlalu ringan malah. Tapi untuk bakso halusnya memang menggunakan daging sapi berkualitas. Tidak menggunakan banyak tepung kanji.

Selera orang berbeda-beda. Bagaimanapun banyak sekali pelanggan Bakso Pemuda di Kota Wisata Batu ini, Kalau tidak, tidaklah mungkin dia bertahan hingga kurang lebih 30 (tiga puluh) tahun berjualan bakso. Nah daripada penasaran, mampir dan makanlah Bakso Pemuda di Kota Wisata Batu ini. Siapa tahu cocok untuk Anda.

BAKSO PEMUDA KOTA WISATA BATU

Jalan W.R. Supratman 17, Kota Batu – Depan SMP Islam I Kota Batu

Buka setiap hari jam 1300 – 2200

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!