Keindahan Alam Pantai Tiga Warna di Malang Selatan Yang Tersembunyi

Keindahan Alam Pantai Tiga Warna di Malang Selatan Yang Tersembunyi РBeberapa tahun belakangan ini potensi wisata  di Kabupaten Malang terdorong dengan pesatnya dengan banyaknya pantai baru yang ditemukan di pesisir pantai Selatan di Kabupaten yang cukup luas ini. Belasan pantai baru tereksplorasi dengan keindahan yang mempunyai ciri khasnya masing-masing. Salah satunya adalah Pantai Tiga Warna. Mari kita telusuri keindahan alam Pantai Tiga Warna di Malang Selatan yang tersembunyi ini.


Pantai Tiga Warna yang berada di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan di Malang Selatan ini merupakan area konservasi dan rehabilitasi mangrove, terumbu karang dan hutan lindung dibawah pengelolaan kelompok Bhakti Alam yang merupakan kelompok mandiri yang dibentuk oleh masyarakat desa sekitar.

Pantai Tiga Warna di Malang Selatan

Untuk mencapai lokasi pantai yang bersih dan indah ini, kita harus berkendara kurang lebih sejauh 150 kilometer dari pusat kota Malang. Kurang lebih ditempuh dalam 3 jam perjalanan. Kita harus mengikuti petunjuk jalan dari kota Malang menuju arah Kecamatan Bululawang lalu Kecamatan Turen dan setelah itu adalah Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Jika kita sudah berada di Kecamatan Turen, kita akan menemukan pertigaan dimana jika belok ke kanan akan menuju Pantai Balekambang sedangkan jika belok ke kiri akan menuju Pantai Sendang Biru.

Jalan Masuk Pantai Tiga Warna di Malang Selatan Tata Tertib Pantai Tiga Warna di Malang Selatan Kita perlu mengambil arah menuju Pantai Sendang Biru lalu hanya perlu mengikuti jalan sampai bertemu papan nama Pantai Clungup, Pantai Gatra dan Pantai Tiga Warna. Ya, ketiga pantai ini berada dalam satu lokasi yang cukup luas yang jika kita jalani akan membutuhkan waktu seharian penuh. Akses masuk menuju ketiga pantai ini masih merupakan jalanan tanah yang jika hujan atau setelah hujan akan becek dan licin. Jika kita menggunakan kendaraan roda empat, dari area parkir kita harus berjalan kurang lebih 1 kilometer menuju tempat pembelian tiket masuk. Namun, ojek dari masyarakat sekitar juga tersedia bagi pengunjung sehingga dapat mempercepat perjalanan. Ojek ini digunakan pulang pergi, nanti setelah kita selesai bermain di ketiga pantai ini, ojek-ojek ini akan mengantar kita kembali ke area parkir. Jika kita membawa sepeda motor sendiri, kita dapat memarkir kendaraan roda dua kita didekat pintu utama Pantai Clungup.

Sebelum pergi ke ketiga pantai ini, khususnya Pantai Tiga Warna, kita harus melakukan reservasi dulu melalui telepon kepada pihak pengelola. Melakukan reservasi  ini WAJIB dilakukan karena adanya batasan maksimal pengunjung ke Pantai Tiga Warna yang merupakan kawasan konservasi ini.

Pengunjung dibatasi maksimal 100 orang setiap harinya dari mulai buka di pagi hari hingga berakhirnya kegiatan hari itu pada pukul 17:00. Untuk dapat Keindahan Alam Pantai Tiga Warna di Malang Selatan Yang Tersembunyi, lakukan reservasi ke Bhakti Alam dengan menghubungi nomor +62-812-3333-9889 atau +62-821-3267 7713 paling tidak 7 hari sebelum hari kedatangan, lebih baik jika kita dapat memesan 1 bulan sebelumnya. Satu kelompok yang datang haruslah berjumlah maksimal 10 orang dalam tiap kelompoknya. Jika kita datang dalam kelompok besar, akan dibagi dalam kelompok per 10 orang. Oh ya, di kawasan Pantai Tiga Warna ini diberlakukan hari libur wisata yaitu pada setiap hari Kamis. Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga keseimbangan ekosistem dan boita laut di kawasan Pantai Tiga Warna ini.

Pantai Tiga Warna di Malang Selatan Pantai Tiga Warna di Malang Selatan Saat sampai di pintu masuk utama, kita harus melakukan konfirmasi atas pesanan kelompok kita di pusat informasi. Lalu di tempat ini, semua barang bawaan kita akan dicatat terutama yang berpotensi menjadi sampah yang tidak dapat didaur ulang seperti plastik. Saat pulang, barang bawaan dan sampah yang kembali akan diperiksa ulang.

Jika tercatat ada sampah yang tidak dibawa kembali oleh tuannya, maka akan dikenakan sangsi yaitu denda sebesar Rp.100,000 per item. Hal ini dilakukan agar pengunjung tetap bertanggung jawab terhadap kebersihan dan kelestarian alam. Sampah seperti bungkus nasi dari daun pisang dapat dibuang di tempat sampah yang berada di sekitar pantai karena dapat terurai dengan cepat dan kembali ke alam.

Pantai Tiga Warna di Malang Selatan Setiap kelompok yang datang dan menikmati keindahan alam Pantai Tiga Warna di Malang Selatan yang tersembunyi ini haruslah berjalan kaki menyusuri jalan setapak hingga menemukan pantai dengan gradasi 3 warna yang indah. Disini setiap kelompok hanya dapat menghabiskan waktu bermain di pantai paling lama 2 jam saja. Dengan menggunakan pengeras suara, petugas akan segera mengingatkan kita jika waktunya sudah hampir habis.

Biaya yang harus kita siapkan untuk menikmati keindahan Pantai Tiga Warna adalah Rp. 6,000 untuk tiket masuk per orang dan pemandu jalan (guide) sebesar Rp. 100,000 untuk 1 kelompok maksimal berisi 10 orang (harga tahun 2016). Jasa pemandu ini harus digunakan di Pantai Tiga Warna ini. Apalagi jika kita memang mau menikmati 6 lokasi pantai di araea ini yaitu Pantai Gatra, Pantai Clungup, Pantai Savana, Pantai Batu Pecah, Pantai Mini dan Teluk Asmoro. Pemandu yang bertugas adalah penduduk sekitar pantai yang memang sudah sangat hafal dengan lokasi daerah ini.

Pantai Tiga Warna di Malang Selatan Jika kita ingin menikmati keindahan bawah laut dengan melakukan snorkeling, biaya sewa jaket pelampung dan googles adalah Rp. 15,000. Cukup murah bukan.

Ayo kita nikmati keindahan alam Pantai Tiga Warna di Malang Selatan yang tersembunyi ini dan tetap menjaga keindahan serta kebersihannya.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!