Berapa Harga Tiket Masuk Kawah Ijen 2019

Berapa harga tiket masuk Kawah Ijen 2019 – Kawah Ijen masih saja menjadi salah satu tempat wisata favorit. Baik wisatawan lokal maupun mancanegara datang untuk menikmati keindahan Gunung Ijen terutama di saat matahari terbit.

Sayangnya masih banyak orang yang datang dan membuktikan keindahan alam ini dengan matanya sendiri. Beberapa karena takut tidak kuat untuk berjalan selama sekitar 2 (dua) jam dalam kegelapan malam. Ada juga yang tidak tahu harus bagaimana untuk mencapai Gunung Ijen. Namun ada juga yang takut jika dana yang dimiliki tidak cukup untuk melakukan perjalanan ke Ijen.

Mari kita mencari tahu berapa harga tiket masuk Kawah Ijen 2019 serta kira-kira biaya apa saja yang dibutuhkan untuk dapat sampai ke gunung berapi yang masih aktif ini.

Karena saya berangkat dari Kota Malang. maka cara yang paling praktis adalah dengan naik kereta api. Kereta Api Tawang Alun dari Malang menuju Banyuwangi pada pukul 15.50 dan tiba di Banyuwangi pada tengah malam. Sedangkan untuk kembali ke Kota Malang, kereta akan meninggalkan stasiun Banyuwangi pada pukul 05.00 dan tiba kembali di Kota Malang pada sekitar pukul 13.00. Harga tiket Kereta Api Tawang Alun ini adalah Rp. 65.000 / orang sekali jalan. Jadi untuk perjalanan pulang pergi, biayanya adalah Rp. 130.000 (harga tiket Desember 2019).

Tidak ada kendaraan pribadi untuk berkeliling kota Banyuwangi dan tempat-tempat wisata yang memukau di kota ini. Karena itu, kami menyewa kendaraan kecil di Banyuwangi. Ada beberapa persewaan yang dapat dihubungi. Harganya sih kurang lebih sama, sekitar Rp. 350.000 – 450.000/12 jam untuk Avanza. Sedangkan untuk Innova sekitar Rp. 550.000/12 jam. Harga ini termasuk bahan bakar dan sopir. Perlu sewa kendaraan, kontak : Wisata Banyuwangi atau BerkikariRent.

Bahkan sekarang di Banyuwangi sudah ada beberapa tempat persewaan sepeda motor. Jenis sepeda motor yang disewakan rata-rata adalah sepeda motor matik. Harga sewa per hari berkisar antara Rp. 50.000 – Rp. 100.000. Tentu saja dengan deposit ya. Rata-rata deposit adalah Rp. 300.000/motor. Ini praktis jika pergi berdua. Tetapi jika ingin ke Kawah Ijen, saya sarankan untuk lebih berhati-hati karena jalannya cukup berkelok tajam walaupun sudah teraspal dengan baik.

Untuk harga tiket masuk ke kawasan Taman Wisata Alam Kawah Ijen ini cukup murah. Tetapi harga tiket wisatawan domestik dan mancanegara berbeda. Berapa harga tiket masuk Kawah Ijen 2019?

Harga tiket masuk untuk wisatawan domestik di hari kerja adalah Rp. 5.000 sedangkan di akhir pekan dan hari libur adalah Rp. 7.500. Wisatawan mancanegara harus membayar Rp. 100.000 di hari kerja dan Rp. 150.000 di akhir pekan.

Selain itu, kita perlu membayar tiket parkir kendaraan bermotor. Untuk kendaraan roda 2 (sepeda motor) biaya parkirnya Rp. 5.000. Kendaraan roda 4 (mobil) harus membayar Rp. 10.000. Jika Anda berkemah, biayanya adalah Rp. 5,000/orangnya. Sepertinya pengunjung yang berkemah harus membawa perlengkapan sendiri.

Sebaiknya membawa air minum dan penganan kecil untuk teman sepanjang perjalanan. Warung hanya ada di parkiran Paltuding dan di Pos Bunder. Pos Bunder sendiri ditempuh sekitar 1 jam dari titik awal pendakian.

Jadi, sudah bisa mengkira-kira berapa biaya yang dibutuhkan bukan? Jika mau lebih praktis, ada baiknya bergabung di paket Open Trip. Paket yang ditawarkan beragam, tergantung dana kita. Tapi, menikmati keindahan Kawah Ijen itu tidak akan mengecewakan. Paling tidak pernah kesana, sekali seumur hidup! Ayo, ke Kawah Ijen!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!