Cantik dan Lengkapnya Perpustakaan Harbourfront VivoCity Mall Singapura

Cantik dan Lengkapnya Perpustakaan Harbourfront VivoCity Mall Singapura – Singapura, negara tetangga Indonesia yang sebenarnya tidak luas tetapi punya pesona tersendiri. Saya yakin hampir semua orang di ASEAN ini punya keinginan untuk bisa menginjakkan kaki untuk berlibur atau sekedar berjalan-jalan singkat di Singapura.

Sebagai salah satu negara teraman di dunia, Singapura memberikan kenyamanan baik bagi penduduknya, ekspatriat maupun wisatawan. Negara ini sangat bersih dan tertib. Saya pribadi suka dengan Singapura. Berjalan kaki dan naik kendaraan umum tidak menjadi masalah selama berada disana. Semua telah terintegrasi dengan baik. Area pejalan kakipun dihormati, tidak disalahgunakan seperti kebanyakan di Indonesia.

Salah satu negara impian pejalan pemula di ASEAN ini adalah Singapura. Memang negara ini punya pesona tersendiri. Dengan luas daratan yang tidak luas tapi banyak keistimewaan yang dimiliki Singapura. Sebut saja Universal Studio, Museum Lilin Madame Tussauds, Garden By The Bay yang cantik dan menarik. Saya sendiri tidak bosan datang ke Garden By The Bay walaupun sudah beberapa kali kesana.

Di kunjungan terakhir saya ke Singapura bersama rombongan kecil, kami mengagendakan liburan yang berbeda. Selain ke tempat-tempat yang biasa didatangi wisatawan, kali ini rombongan kami juga mengelilingi beberapa perpustakaan. Oh ya, Perpustakaan Umum Singapura terdapat di beberapa tempat seperti di Orchard, Tampines, Woodlands, Esplanade dan di Harbourfront.

Karena rombongan kami berencana mengunjungi Pulau Sentosa di siang harinya, maka perpustakaan terdekat adalah Library@Harbourfront. Lokasi perpustakaan ini berada di lantai teratas pusat perbelanjaan VicoCity. Menurut informasi, VivoCity adalah pusat perbelanjaan terbesar di Singapura. Saya ingat saya pernah tersesat di pusat perbelanjaan ini saat pindah dari sisi satu ke sisi lain.

Kami naik MRT jalur ungu dari Clark Quay dan turun di stasiun terakhir Harbourfront. Ada 2 (dua) jalur untuk menuju Harbourfrount yaitu Jalur Oranye – Circle Line dan Jalur Ungu – North East Line. Pastikan peta rute jalur MRT selalu ada di tangan karena ini senjata utama untuk naik kendaraan umum di Singapura. Jalur yang sama dapat diambil untuk menuju Pulau Sentosa (Universal Studio, Madame Tussauds serta pertunjukan laser).

Segera kami masuk ke dalam VivoCity dan naik ke Level 3, lantai tertinggi di gedung ini. Temukan Food Republic, pujasera terkenal di Singapura. Belok kiri keluar ke area terbuka. Berjalan lurus, ikuti petunjuk. Kurang dari 5 (lima) menit, kami sudah melihat bangunan bernuansa biru. Ini adalah Library@Harbourfront yang kami cari.

Perpustakaan ini terbuka untuk umum mulai pagi hingga malam. Warga negara Singapura maupun wisatawan seperti kami dengan mudah dapat masuk dan ikut membaca ataupun mencari informasi di perpusatakaan ini. Tempat ini memukau kami berlima. Luas, bersih, tertata dan koleksi bukunya luar biasa banyaknya.

Di dalam Library@Harbourfront ini terdapat beberapa ruangan khusus yang dibagi sesuai fungsinya. Selain itu, area untuk anak dan orang dewasa di perpustakaan ini dipisahkan. Anak-anak dapat mengikuti beberapa kegiatan interaktif, mengerjakan prakarya serta permainan namun suaranya tidak akan mengganggu ketenangan orang dewasa yang serius membaca.

Kursi, sofa, meja dan ruangan didominasi warna putih, biru dan kuning. Kombinasi yang membuat mata sejuk. Ditambah lagi suasana tenang, karpet yang tebal dan bersih membuat suasana membaca semakin nyaman. Koleksi buku, majalah, video dan bahan bacaan serta belajar lain juga luar biasa banyaknya.

Selain karena cantik dan lengkapnya Perpustakaan Harbourfront VivoCity Mall Singapura, ada hal lain yang menurut saya luar biasa. Di area duduk di sisi bawah menghadap ke dermaga Pulau Sentosa, ke laut. Sebenarnya ada satu area duduk diluar dimana pengunjung dapat membaca sembari menikmati sepoi-sepoi udara laut. Sayangnya hari itu pintu akses keluarnya tidak dibuka.

Jujur kagum dengan minat baca penduduk Singapura ini. Di Library@Harbourfront ini, saya menjumpai anak-anak, remaja, orang dewasa hingga lansia duduk membaca. Bahkan bisa dibilang memenuhi perpustakaan yang memiliki luas 3.000 meter persegi ini. Bahkan hampir tiga perempat dari 460 buah kursinya terisi pengunjung yang mencari bahan dari sekitar 200.000 koleksinya.

Tidak heran jika negara kecil ini berkembang dengan pesat. Membaca sepertinya menjadi bagian dari hidup mereka di segala usia dan kalangan etnis. Memang ada juga yang duduk tertidur di kursi-kursi Library@Harbourfront ini tetapi jumlahnya sangat sedikit.

Saya kira tidak ada salahnya jika dalam kunjungan Anda ke Singapura berikutnya, Anda mampir ke Library@Harbourfront di VivoCity Mall. Mungkin kita bisa belajar sesuatu dari negara Singa, tetangga kita ini.

LIBRARY@HARBOURFRONT

1 Harbourfront Walk, #03-05 Lobby L, Level 3, VivoCity Mall, Singapura

Buka setiap hari kecuali di hari libur Nasional Singapura – Jam : 1100 – 1900

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!