Berlibur Ke Pantai Pasir Panjang di Malang Selatan

Berlibur ke Pantai Pasir Panjang di Malang Selatan – Pantai-pantai di daerah Malang Selatan memang unik dan cantik. Banyak sekali pantai yang masih perawan dan belum dikenal banyak orang di sepanjang pesisir laut selatan ini. Tidak kurang dari belasan pantai yang berada di gugusan pantai-pantai selatan ini.

Beberapa pantai di pesisir laut selatan ini yang telah dikenal oleh khalayak umum. Namun masih banyak pantai yang belum tereksplorasi ataupun masih mulai dikenal masyarakat. Salah satu pantai yang kini mulai dikunjungi banyak wisatawan adalah Pantai Pasir Panjang. Kali ini saya berkesempatan untuk berlibur ke Pantai Pasir Panjang di Malang Selatan bersama dengan teman-teman dengan mengendarai sepeda motor dari Kota Malang.

Pantai Pasir Panjang ini terletak di desa Kedung Salam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang yang biasa dikenal orang dengan daerah Malang Selatan. Karena memang lokasinya berada di sebelah selatan Kota Malang, jaraknya kira-kira 65 kilometer atau sekitar 3  jam perjalanan dari pusat Kota Malang.

Sebenarnya Pantai Pasir Panjang ini mudah ditemukan karena lokasinya bersebelahan dengan Pantai Ngliyep yang terkenal dengan ombaknya yang cukup ganas. Entah mengapa, para pengunjung lebih banyak yang mengunjungi Pantai Ngliyep daripada Pantai Pasir Panjang. Mungkin juga karena Pantai Ngliyep telah terlebih dahulu dibuka untuk umum oleh pihak pengelola.

Petunjuk jalan menuju Wana Wisata Pantai Pasir Panjang dan Pantai Ngliyep ini jelas sehingga lokasi ini mudah ditemukan. Akses jalannya juga telah diaspal dengan hotmix sehingga jalannya cukup mulus. Pantai Pasir Panjang ini berada di kawasan hutan lindung yang berada dibawah pengelolaan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. Pihak pengelola inilah yang akan memperhatikan dan melindungi serta merawat pantai dan hutan lindung yang berada dibawah wilayah pengelolaan mereka.

Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000 per orang, pengunjung dapat menikmati keindahan alam dan putihnya pasir di Pantai Pasir Panjang ini sampai puas. Pengunjung tidak dibatasi waktu untuk menikmati keindahan alam ini. Bahkan tersedia penginapan yang dapat disewa dengan harga Rp. 100.000/kamar/malam.

Berlibur ke Pantai Pasir Panjang di Malang Selatan ini cukup menyenangkan. Pasirnya yang putih dan bersih serta berbentuk seperti merica yang halus ini mudah dibersihkan, tidak terlalu menempel. Dinamai Pantai Pasir Panjang karena pasir putih yang terbentang dipesisir pantai ini cukup panjang, yaitu sekitar 700 meter.

Walaupun tidak ada karang di Pantai Pasir Panjang ini, tidak disarankan untuk berenang di pantai ini karena ombaknya yang cukup besar. Tetapi pengunjung dapat bermain pasir ataupun bermain voli pantai seperti jika berada di pantai-pantai di Pulau Bali. Dapat juga membuka tikar dan makan bersama keluarga di tepi pantai.

Berlibur ke Pantai Pasir Panjang di Malang Selatan ini cukup menyenangkan karena fasilitas bagi pengunjung telah tersedia. Walaupun sederhana, telah tersedia kamar mandi dan kamar kecil yang cukup banyak dan bersih. Tersedia juga mushola dan beberapa tempat makan di kawasan Pantai Pasir Panjang ini.

Di dekat pantai juga terdapat kampung nelayan dimana sebagaian penjual makanan di pantai ini adalah keluarga para nelayan. Pengunjung dapat menikmati olahan ikan segar disini.

Yuk berlibur ke Pantai Pasir Panjang di Malang Selatan! Nikmati keindahannya!!

PANTAI PASIR PANJANG

Desa Kedung Salam. Kecamatan Donomulyo, Kabupatan Malang

Buka setiap hari – 24 jam

 

 

Leave a Reply

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
error: Content is protected !!