Berlibur ke Omah Kayu di Kota Wisata Batu Yang Unik

Berlibur ke Omah Kayu di Kota Wisata Batu Yang Unik – Kota Wisata Batu di Jawa Timur semakin hari semakin menjadi tujuan wisata baik wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Hal ini dikarenakan munculnya beberapa tempat wisata baru yang menarik perhatian banyak orang. Jadi tidaklah mengherankan jika beberapa tahun belakangan, banyak sekali orang yang berlibur ke Kota Wisata Batu.


Salah satu tempat yang menjadi favorit adalah kawasan wisata Gunung Banyak dimana di dalam satu kawasan ini kita dapat menikmati beberapa obyek wisata yang menarik dan penuh tantangan yaitu Paralayang, Omah Kayu dan Hutan Pinus. Yuk berlibur ke Omah Kayu di Kota Wisata Batu yang unik.
Omah Kayu di Kota Wisata BatuOmah Kayu ini terletak bersebelahan dengan kawasan Paralayang Gunung Banyak yang terkenal itu. Kawasan ini masuk dalam pengelolaan Perhutani Jawa Timur. Karena itu, Anda akan berjumpa dengan beberapa polisi hutan yang sedang bertugas di kawasan hutan di Omah Kayu ini. Akses masuk ke kawasan Omah Kayu telah diberi tanda yang sangat jelas sehingga mudah untuk menemukannya.

tiket masuk Omah Kayu di Kota Wisata BatuDengan uang Rp. 5,000, kita dapat membeli tiket masuk ke kawasan Omah Kayu. Hanya untuk masuk bukan untuk menginap karena jika menginap Anda harus membayar sewa rumah panggung yang terbuat dari kayu tersebut. Sayang sekali, saya tidak mendapatkan informasi harga sewa rumah kayu yang tersedia di kawasan Gunung Banyak ini. Dengan membeli tiket masuk ini, pengunjung dapat menikmati rumah panggung yang dibuat diatas hutan sambil menghidup udara segar karena banyaknya oksigen yang dihasilkan oleh tanaman dalam hutan lindung ini.

Omah Kayu di Kota Wisata Batu Omah Kayu di Kota Wisata BatuApa sih yang menarik dari Omah Kayu ini? Menurut saya, karena rumah panggung yang dibangun di ketinggian dengan rangka kayu dan tiang menggunakan salah satu batang kayu yang kuat di hutan tersebut. Bangunan seperti ini masih jarang ditemukan di Jawa Timur, tapi bukannya tidak ada karena ada bangunan sejenis di daerah Pandaan.

Ada beberapa rumah kayu yang dapat ditinggali karena merupakan kamar-kamar yang dapat disewa dengan isi maksimal 6 orang. Saya tidak tahu bagaimana keadaan didalamnya. Ada pula yang merupakan papan terbuka dimana kita dapat duduk di ketinggian dan menikmati pesona alam dan kesejukan kawasan Gunung Banyak ini.

Omah Kayu di Kota Wisata Batu

Jika Anda takut ketinggan seperti saya, mungkin memerlukan sedikit keberanian untuk menginjakkan kaki di rumah-rumah kayu di kawasan Omah Kayu di Gunung Banyak ini. Tapi sekali kita menginjakkan kaki dan melihat keindahan pemandangan yang ditawarkan, rasa takut itu menghilang juga.

Untuk sampai di kawasan ini, Anda perlu naik kendaraan pribadi atau menyewa ojek karena tidak ada kendaraan umum yang tersedia untuk masuk ke kawasan. Kendaraan umum hanya sampai di jalan utama Batu-Pujon. Anda perlu berhenti di gang utama masuk ke kawasan Paralayang yang masih membutuhkan jalan kaki beberapa kilometer untuk sampai ke tempat ini.

Kendala transportasi ini bukan halangan untuk dapat menikmati keindahan dan kesejukan hutan Gunung Banyak. Ada banyak tukang ojek yang siap mengantar ke lokasi.

Ayo berlibur ke Omah Kayu di Kota Wisata Batu Yang Unik.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!