Potensi Wisata dan Bisnis di Desa Budaya Osing Kemiren Banyuwangi

Potensi Wisata dan Bisnis di Desa Budaya Osing Kemiren Banyuwangi – Desa Kemiren di Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi ini merupakan salah satu desa cagar budaya di Banyuwangi. Desa Kemiren ini merupakan salah satu tempat tinggal suku asli Banyuwangi yang bernama suku Osing yang juga dikenal sebagai Wong Blambangan. Di beberapa kecamatan dan desa lain di Kabupaten Banyuwangi, kita dapat menemukan suku Osing lainnya. Namun saat ini, kita mengunjungi suku Osing di Desa Kemiren sambil mengenal potensi wisata dan bisnis di Desa Budaya Osing Kemiren Banyuwangi.


Nama Desa Kemiren sendiri awalnya berasal dari kata KEMIRIAN karena banyaknya pohon kemiri, duren dan aren. Namun dengan berkembangnya budaya nama Kemiren dijadikan singkatan dari prinsip hidup suku Osing yaitu Kemroyok Mikul Rencana Nyata, yang intinya adalah bersama-sama dan gotong royong.

Dengan ditetapkannya Desa Kemiren sebagai Desa Adat Wisata oleh pemerintah Kabupaten Banyuwangi, pemuka adat dan penduduk Desa Kemiren ini semakin terpacu untuk terus melestarikan bahasa, budaya, adat, kesenian, kuliner serta hal lain yang telah menjadi tradisi suku Osing sejak jaman dahulu kala.

Lembaga Adat Using Desa Budaya Osing Kemiren Banyuwangi

Potensi wisata Desa Kemiren ini lebih banyak berkaitan dengan adat dan budaya yang terus dipelihara turun-temurun. Suku Osing memiliki banyak agenda tahunan yang menarik seperti Kopi Sepuluh Ewu, Sedekah Lebaran,  Tumpeng Sewu, dan masih banyak lagi. Semua kegiatan ini melibatkan semua penduduk Osing serta para wisatawan. Selain itu banyak tarian seperti gandrung, barong dan masih banyak tarian lain yang terkenal hingga di manca negara. Selain itu, hal paling menarik menurut saya adalah membaca lontar kuno yang di suku Osing ini dikenal dengan mocopatan.

Rumah Penduduk Desa Budaya Osing Kemiren Banyuwangi Kasur Merah Hitam Suku Using BanyuwangiOh ya, Suku Osing ini memiliki tradisi tahunan yang sangat menarik yaitu Mepe Kasur. Dimana semua rumah tangga akan menjemur kasur hitam dengan pinggiran merah (abang cemeng) yang merupakan pemberian orang tua bagi anak yang menikah. Filosofi kasur ini adalah penolak bala dan melambangkan kelanggengan dalam berumah tangga.

Tradisi Mepe Kasur atau menjemur kasur ini dilakukan sekali setiap tahunnya pada hari Senin atau Jumat di awal bulan Dzulhijah. Kasur hitam merah ini akan dijemur di sepanjang jalan Desa Kemiren. Kegiatan ini dilakukan untuk mengusir segala penyakit yang dipercaya bahawa sumber segala penyakit itu adalah tempat tidur.

Beberapa rumah asli Suku Osing mendapatkan dana dari pemerintah untuk perawatannya sehingga rumah-rumah itu tetap terawat dan generasi-generasi yang akan datang akan terus mengenal rumah suku Osing. Rumah-rumah itu menarik karena menggunakan dinding bambu dan bata serta tanpa plafon. Kayu-kayu yang kuat menyangga rumah-rumah tersebut. Setiap rumah adat memiliki koleksi cangkir kuno dan kendi tempat air minum.

Selain wisata budaya, Desa Osing juga memiliki potensi wisata alam yang menarik. Banyak tempat wisata disekeliling Desa Kemiren yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan. Selain itu, Desa Kemiren ini merupakan daerah strategis menuju Kawah Ijen yang terkenal itu. Jadi jika kita menginap di Desa Kemiren ini, kita akan lebih mudah menuju Gunung Ijen untuk menikmati “blue fire” di kawah Ijen yang indah.  Karena itu beberapa rumah penduduk di Desa Kemiren ini dijadikan guest house / rumah penginapan bagi wisatawan.

Dengan hidupnya potensi wisata alam dan budaya di Desa Kemiren ini, bisnis mulai bergeliat sehingga penduduk yang mayoritas adalah petani ini mendapatkan penghasilan tambahan untuk hidupnya. Baik dari penginapan, kuliner hingga pemandu wisata yang dapat memberikan penghasilan lain bagi penduduk.

Demikian kayanya Potensi Wisata dan Bisnis di Desa Budaya Osing Kemiren Banyuwangi yang harus terus ditingkatkan agar lebih hidup dan berkembang.

Ingin berwisata dan tinggal bersama penduduk asli Suku Osing di Desa Kemiren Kabupatan Banyuwangi, segera hubungi Mbak Ugick di telepon genggamnya +62-813 3688 0782

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!