Berlibur ke Desa Wisata Penglipuran di Pulau Bali

Berlibur ke Desa Wisata Penglipuran di Pulau Bali – Sudah lama saya mendengar dan membaca tentang Desa Penglipuran di Kabupaten Bangli, Pulau Bali. Sebuah desa wisata yang terkenal hingga dunia internasional bahkan menjadi salah satu desa terbersih di dunia. Tentu saja hal ini menarik perhatian saya untuk dapat mengunjungi Desa Penglipuran ini.

Desa Wisata Penglipuran di Pulau Bali Desa Wisata Penglipuran di Pulau Bali

Setelah berkendara dengan mobil kurang lebih 2 jam dari Bandara Internasional Ngurah Rai di Kota Denpasar, Bali; akhirnya saya sampai juga di Desa Penglipuran. Dari area parkir yang telah disediakan, saya segera turun dari kendaraan dan masuk ke desa ini melalui pintu gerbangnya.

Wisatawan yang datang untuk berlibur ke Desa Wisata Penglipuran di Pulau Bali hari itu cukup ramai. Banyak rombongan yang datang menggunakan bis pariwisata. Oh ya tiket masuk ke Desa Penglipuran adalah Rp. 15.000 (WNI) dan Rp. 30.000 (WNA) – harga tahun 2017

Memang tidak ada kendaraan umum yang menuju Desa Penglipuran ini. Karena itu, jika ingin berkunjung ke desa ini, Anda harus ikut rombongan wisata atau menyewa kendaraan untuk berwisata ke desa ini. Walaupun begitu, pengunjung desa ini tidak pernah sepi setiap harinya. Seperti orang bilang, everyday is holiday in Bali.

Kesan pertama saat menginjakkan kaki ke Desa Penglipuran adalah desa yang tenang, bersih dan sangat rapi. Benar-benar tertata. Jadi tidak mengherankan jika Desa Penglipuran ini masuk dalam daftar desa terbersih di dunia. Bahkan sampah daunpun tidak kelihatan di sepanjang jalanan desa yang telah dipasang paving ini. Luar biasa!! Jika daerah lain di negara Indonesia dapat mencontoh Desa Penglipuran ini, pasti negara ini menjadi negara yang luar biasa cantiknya.

 

Desa Wisata Penglipuran di Pulau Bali Desa Wisata Penglipuran di Pulau Bali

Nah, kembali ke Desa Penglipuran. Di desa Penglipuran ini, selain melihat desa yang masih benar-benar menjunjung tinggi nilai budaya dan adat,  para wisatawan dapat menikmati hutan bambu disekitar desa. Hutan bambu ini terawat sehingga bagus juga untuk spot foto. Liburan pasti foto-foto dong.

Oh ya, semua kendaraan bermotor milik wisatawan dan penduduk desa tidak boleh masuk ke dalam area desa. Telah disediakan area parkir yang luas di dekat Desa Penglipuran ini.

Melintasi rumah-rumah penduduk, kita akan menemukan bangunan rumah yang seragam. Serta bangunan tempat sembahyang di depan halaman rumah. Pintu gerbang di rumah-rumah di Desa Penglipuran ini lebarnya hanya sebesar 1 (satu) orang. Dalam bahasa Bali, pintu seperti ini disebut dengan angkul-angkul.

Desa Wisata Penglipuran di Pulau Bali Desa Wisata Penglipuran di Pulau Bali

Gerbang ini tidak dicat dengan cat modern tetapi menggunakan tanah liat untuk melapisi dindingnya. Hal lain yang menarik dari Desa Penglipuran ini adalah adalah adanya papan identifikasi di tiap gapura rumah yang isinya adalah jumlah penghuni rumah dan berapa penghuni laki-laki serta perempuan.

Hampir setiap rumah di Desa Penglipuran di Kabupaten Bangli ini menjual aneka buah tangan mulai dari baju, lukisan, sovenir, asesoris, penganan ringan dan masih banyak lagi. Yang khas dari desa ini adalah penganan kecil sejenis kelepon kalau di Pulau Jawa serta minuman yang disebut dengan Loloh Cemcem.

Desa Wisata Penglipuran di Pulau Bali Desa Wisata Penglipuran di Pulau Bali

Loloh Cemcem adalah minuman yang dibuat dari daun cemcem yang kalau diminum rasanya segar dan sedikit asam. Menurut informasi minuman ini baik untuk kesehatan. Yang menarik, sejak dahulu kala Desa Penglipuran telah menerapkan sistem monogami yang hingga saat ini dipegang teguh oleh penduduknya.

Jika ada penduduk yang melakukan poligami maka pasangan tersebut harus pindah dari rumahnya menuju sebuah area di ujung desa yang disebut Karang Memadu. Tetapi sampai hari ini, belum ada yang pindah ke Karang Memadu ini. Hal lain yang berbeda dengan penduduk Pulau Bali pada umumnya, pemakaman dilakukan pada orang yang meninggal bukan dikremasi.

Desa Wisata Penglipuran di Pulau Bali Desa Wisata Penglipuran di Pulau Bali

Dengan berlibur ke Desa Wisata Penglipuran di Pulau Bali ini, kita mendapatkan banyak pengetahuan dan informasi yang menarik tentang sisi lain penduduk Pulau Bali yang menarik, unik dan berbeda. Jadi, jika ada kesempatan, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Desa Penglipuran saat Anda berlibur ke Pulau Dewata, Bali.

Jika Anda ingin berlibur ke Desa Penglipuran dan tempat wisata lain yang menarik di Pulau Bali, kam siap membantu mengaturkan perjalanan Anda. Transportasi dengan sopir yang ramah dan bertanggung jawab serta akomodasi yang baik dengan harga yang ramah kantong tersedia untuk para tamu kami. Tersedia juga paket wisata. Hubungi : Liliana di WA/SMS/Tel : +62-857 5555 2527 atau email : lilyudha@yahoo.com 

 

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
error: Content is protected !!