Belajar Menanam Sayuran Hidroponik di Jendela Alam Lembang Bandung

Belajar menanam sayuran hidroponik di Jendela Alam Lembang Bandung – Saat ini bercocok tanam hidroponik sedang menjadi trend di masyarakat Indonesia. Beberapa tahun belakangan, ibu-ibu dengan kreatif memanfaatkan lahan di rumah untuk menanam sayuran dengan media air sehingga kebutuhan dapur dapat terpenuhi sebagian dari halaman rumah sendiri.

Belajar Menanam Sayuran Hidroponik di Jendela Alam Lembang Bandung Belajar Menanam Sayuran Hidroponik di Jendela Alam Lembang Bandung

Di daerah Cihideung, Lembang, Kabupaten Bandung terdapat dimana kita dapat belajar bagaimana bercocok tanam dengan cara hidroponik. Tapi selain itu, jika ingin belajar hal pertanian lainpun dapat dilakukan di tempat ini. Nama tempat ini adalah Jendela Alam. Sebenarnya tempat ini adalah tempat wisata edukatif yang terbuka bagi anak dan keluarga. Jendela Alam memang didesain oleh pemiliknya yang seorang dokter ini untuk membuat para pengunjung khususnya anak-anak dapat lebih dekat dengan alam.

Beberapa waktu lalu, tempat saya bekerja memberikan kami pelatihan untuk belajr menanam sayuran hidroponik di Jendela Alam Lembang Bandung ini. Pelatihan ini hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja. Materi pelatihan yang diberikan diantaranya adalah bagaimana mempersiapkan benih dan media untuk pertumbuhan, bagaimana menyediakan nutrisi, apa saja yang perlu diperhatikan dalam pemberian nutrisi dan beberapa hal mendasar lainnya. 

Sesi yang cukup menarik disajikan oleh praktisi hidroponik yang mengelola lahan pertanian di Jendela Alam. Belajar menanam sayuran hidroponik di Jendela Alam Lembang Bandung ini menjadi lebih menarik karena peserta terlibat langsung dalam proses belajar. Setiap kelompok diberikan kesempatan untuk melakukan praktek.

Belajar Menanam Sayuran Hidroponik di Jendela Alam Lembang Bandung Belajar Menanam Sayuran Hidroponik di Jendela Alam Lembang Bandung

Lahan tanam hidroponik di Jendela Alam dibuat dalam bentuk rumah kaca (green house) dimana saluran air mengalir digunakan sebagai media tanam dan pengaliran nutrisi bagi tanaman yang ada. Saat kami berkunjung ke Jendela Alam di Lembang ini, sebagian besar area ditanami dengan sayuran bokchoy dan selada baik hijau maupun merah. Para pengunjung Jendela Alam dapat memetik dan membelinya untuk dibawa pulang. Atau juga bisa dimasak di restoran yang ada di dekat area hidroponik ini.

Belajar Menanam Sayuran Hidroponik di Jendela Alam Lembang Bandung Belajar Menanam Sayuran Hidroponik di Jendela Alam Lembang Bandung

Jika Anda ingin langsung mempraktekkan hasil pelatihan ini di rumah, di salah satu stand di Jendela Alam ini; Anda dapat membeli benih, media dan juga nutrisi yang dapat langsung Anda gunakan untuk bercocok tanam hidroponik di rumah. Kalau segera dipraktekkan tentunya belajar menanam sayuran hidroponik di Jendela Alam Lembang Bandung ini tidak akan berlalu sia-sia karena lupa.  Harganya juga tidak mahal kok. Satu bungkus bibit dihargai Rp. 5.000 (Harga 2018).

Oh ya, selain belajar tentang bercocok tanam dengan metode hidroponik, di Jendela Alam, pengunjung juga dapat belajar bercocok tanam konvensional – cara biasa di tanah. Ada tomat, ada padi, dan sayuran lainnya yang ditanam di sini. Hasil buahnya juga dapat di beli oleh para pengunjung. Saat saya berada di Jendela Alam, sedang ada musim tomat ceri yang rasanya manis asam. Segar! Bagi mereka yang suka bercocok tanam, berada di Jendela Alam Lembang ini sungguh menyenangkan.

Mau belajar menanam sayuran hidroponik di Jendela Alam Lembang Bandung? Siapa saja bisa belajar kok. Baik itu pelajar, mahasiswa, karyawan, grup dari isntansi pemerintahan atau perusahaan swasta.  Langsung saja datang. Tempat ini buka setiap hari kerja mulai pukul 0900 – 1530 dan di akhir pekan atau hari libur Nasional, jam operasinya adalah 0900 – 1600.

JENDELA ALAM

Kompleks Graha Puspa

Jalan Sersan Bajuri KM 4.5, Lembang, Bandung

Tel : +62-22-278 8482 / 922 2772

Email : jendela.marketing@gmail.com

 

 

 

 

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!