Bandara Abdul Rahman Saleh Kota Malang Yang Semakin Berbenah

Bandara Abdul Rahman Saleh Kota Malang yang semakin berbenah – Dengan menggeliatnya perekonomian dan pertumbuhan pariwisata di Kota Malang, sebuah bandara udara tentunya akan sangat mendukung mobilitas para pebisnis dan wisatawan. Memang Kota Malang di Jawa Timur ini tidak terlalu besar namun potensi bisnis, pendidikan dan wisatanya sangat tinggi sehingga jumlah pengunjung ke kota ini semakin meningkat setiap tahunnya.

Bandara Abdul Rachman Saleh Kota Malang Bandara Abdul Rachman Saleh Kota Malang

Bandara Udara Abdul Rahman Saleh di Kota Malang adalah satu-satunya bandara udara di Kota Malang yang awalnya adalah tempat latihan TNI AU.

Saat ini bandara udara Abdul Rahman Saleh di Kota Malang ini berstatus bandara udara domestik saja.

Kemungkinan untuk menjadikannya bandara udara internasional cukup sukit karena lokasi Bandara Udara Abdul Rahman Saleh yang berada di dalam area kompleks penting TNI serta adanya beberapa gunung di sekitarnya.

Abdul Rahman Saleh diambil dari nama seorang tokoh perjuangan yang pesawatnya ditembak jatuh oleh kolonial Belanda pada masa perjuangan meraih kemerdekaan. Sedangkan bandara ini sendiri dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda pada sekitar tahun 1930 dan dijadikan tempat latihan dan pertahanan Belanda yang menduduki daerah Malang.

Saat ini, operasi Bandara Udara Abdul Rahman Saleh telah menempati lokasi baru yang berada tidak jauh dari lokasi lama. Lokasi lama bandara ini terletak di dalam kompleks TNI AU. Tentu saja hal ini sangat tidak disarankan untuk alasan keamanan dan alasan penting lainnya.

 

Di gedung baru yang keberadaannya jauh lebih baik, operasional bandara Abdul Rahman Saleh saat ini melayani beberapa penerbangan domestik dengan tujuan Jakarta, Bali, Balikpapan, Makasar, Banjarmasin dan Bandung. Perusahaan penerbangan yang melayani di bandara Abdul Rahman Saleh ini diantaranya adalah Garuda Indonesia, Citilink, Sriwijaya, Wings Air dan juga Batik Air.

Memang bangunan bandara udara Abdul Rahman Saleh di Kota Malang ini tidak terlalu luas dan masih belum secanggih bandara-bandara udara lain di Indonesia. Namun fasilitas yang disediakan oleh PT Angkasa Pura bagi pengguna jasa layanan penerbangan cukuplah lengkap dan mumpuni.  Perbaikan terus dilakukan untuk meningkatkan keberadaan bandara udara ini.

Saat ini, di Bandara Abdul Rahman Saleh Kota Malang yang semakin berbenah ini telah dilengkapi dengan tangga berjalan, anjungan ATM, lounge, toilet yang bersih serta toko-toko oleh-oleh dan tempat makan di dalam gedung terminal dan juga di luar bangunan. Tentu saja semua ini untuk meningkatkan kenyamanan para tamu yang datang ke Kota Malang. Kebersihan di dalam terminal juga mendapatkan perhatian dari pihak pengelola.

Di Bandara Udara Abdul Rahman Saleh yang terletak di Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang ini, terdapat beberapa lounge yang dapat digunakan oleh para penumpang yang memiliki kartu kredit tertentu untuk berhenti sejenak dan beristirahat sambil menunggu penerbangan mereka. Tentunya hal ini memberikan kenyamanan bagi para tamu.

Ruang tunggu di Bandara Abdul Rahman Saleh Kota Malang yang semakin berbenah ini memang tidak terlalu luas tetapi cukup nyaman dan bersih sehingga para penumpang yang akan berangkat dapat menunggu dengan nyaman di ruang tunggu ini. Di dunia penerbangan, Bandara Udara Abdul Rahman Saleh ini dikenal dengan kode IATA sebagai MLG. Jadi pastikan kode MLG ini ada di tiket Anda saat Anda akan terbang ke ataupun dari Kota Malang.

Bandara udara ini dapat ditempuh dalam 30-45 menit dari pusat Kota Malang. Taksi bandara juga telah tersedia untuk mengantarkan Anda ke alamat tujuan. Belum ada angkutan umum yang melintasi area Bandara udara ini. Jika ingin naik kendaraan umum, Anda harus berjalan kaki sejauh kurang lebih 2 KM untuk sampai di jalan utama untuk mendapatkan kendaraan umum yang melintas di Jalan Raya Mendit.

Ingin berwisata ke Kota Malang, Kota Wisata Batu, menikmati matahari terbit di Gunung Bromo atau menaklukkan Gunung Semeru, Bandara Udara Abdul Rahman Saleh ini dapat menjadi titik awal perjalanan Anda.

Selamat menikmati penerbangan Anda!

BANDARA UDARA ABDUL RAHMAN SALEH

Desa Bunut Wetan

Kecamatan Pakis

Kabupaten Malang 65154

Telepon : +62-341-2992700

 

 

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
error: Content is protected !!