Roti Orion Legenda Toko Oleh-oleh Kota Solo

Roti Orion Legenda Toko Oleh-oleh Kota Solo – Kota Solo adalah salah satu tujuan wisata di Propinsi Jawa Tengah. Kota ini dikenal juga dengan nama Surakarta. Kota Solo ini merupakan kota kembar dengan Kota Yogyakarta. Karena dalam sejarahnya Kesultanan Mataram pecah menjadi Solo dan Yogyakarta.

Kalau saya datang ke Kota Solo, ada satu hal yang pasti saya lakukan yaitu makan enak. Apa artinya ke Kota Solo tanpa makan enak, wah, rugi besar itu. Surga makanan enak ada di kota ini. Mulai dari nasi liwet, gudeg, selat solo, timlo dan masih banyak lagi.

Selain makanan enak, di Kota Solo kita juga akan menemukan banyak angkringan. Ini tempat makan paling ramai dan dicari oleh penduduk lokal maupun wisatawan. Salah satunya ya saya.

Ada lagi yang harus didatangi jika berada di Kota Solo, yaitu toko jajanan. Membawa oleh-oleh setelah berlibur sepertinya wajib untuk orang Indonesia. Nah, Roti Orion Legenda Toko Oleh-oleh Kota Solo adalah yang paling terkenal.

Jika Anda berada di Kota Solo dan menyebut kata Orion, dipastikan semua orang tahu. Toko Roti Orion Solo berdiri pada tahun 1932. Hebatnya, keturunan Nyoo Hong Yauw dan Tjan Giok Nio ini mempertahankan bahkan memperbesar usaha toko roti ini.

Produk unggulan di Toko Oleh-oleh Orion ini adalah Cake Mandarijn. Apa sih Cake Mandarijn itu? Cake ini sebenarnya sejenis dengan Lapis Surabaya atau kalau di Kota Malang disebut Spiku. Teksturnya lembut dan tidak menggunakan pengawet. Resep Cake Mandarijn ini dipertahankan dari generasi awal di tahun 1932 hingga saat ini.

Ada beberapa varian cake Mandarijn yang dapat dipilih. Yaitu original yang lapisannya menggunakan selai. Lalu ada spesial yang menggunakan butter, tentu saja lebih enak. Yang terakhir adalah kismis dimana di dalam cakenya ditaburi kismis. Enak?? Tentu saja semua ini enak.

Banyak jajanan unik dan kuno yang dijual di Toko Orion ini. Intip adalah pengananan paling banyak dicari di toko ini. Intip adalah kerak nasi yang diberi bumbu atau gula merah. Banyak lagi yang kue dan jajanan yang dapat dipilih. Kripik jamur dan kripik ceker juga favorit. Saya selalu membeli sirup kuno yang sepertinya jarang saya temukan di toko lain.

Toko Oleh-oleh Orion di Kota Solo ini buka setiap hari mulai pukul 0730 – 2000. Lokasinya juga mudah ditemukan. Dekat dari Pasar Gede Kota Solo. Sebentar lagi Toko Orion akan menempati gedung baru yang megah dan besar. Lokasinya tepat disamping bangunan toko yang sekarang. Area parkirnya juga lebih luas.

TOKO OLEH-OLEH ORION SOLO

Jalan Jendral Urip Sumoharjo 80, Solo, Jawa Tengah

Buka setiap hari jam 07:30 – 22:00

Tel : +62-271-645 214

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
error: Content is protected !!