Penyebab dan Solusi Tekanan Darah Rendah – Hipotensi

Penyebab dan Solusi Tekanan Darah Rendah – Hipotensi – Apakah Anda merasa pusing, mudah lelah atau seperti kehabisan nafas bahkan saat tidak melakukan aktivitas yang berat? Jika jawabannya ya, maka ada kemungkinan Anda mengalami tekanan darah rendah.


Apakah Tekanan Darah itu?

Darah dipompa melalui pembuluh arteri, vena dan kapiler menuju semua bagian tubuh kita. Kekuatan mendorong bagian dalam dinding arteri saat darah mengalir melaluinya dikenal sebagai tekanan darah.

Penyebab dan Solusi Tekanan Darah Rendah - Hipotensi

Tekanan darah diukur dalam ukuran menggunakan merkuri dan ditunjukkan dalam 2 bentuk yaitu : 1. Tekanan Sistolik – tekanan data jantung Anda memompa darah; 2. Tekanan Diastolik, yaitu saat jantung berhenti diantara detaknya. Jadi jika tekanan sistolik Anda 120 dan tekanan diastolic Anda 80, tekanan darah Anda disebut dengan 120/80. Ini juga merupakan tekanan darah ideal, walaupun kondisi “normal “ tiap individu dapat bervariasi. Tekanan darah dapat dikatakan aman adalah jika berada diantara 90/60 – 140/90

Jika tekanan darah melampaui 140/90 maka dapat dikategorikan sebagai tekanan darah tinggi (hipertensi) dan jika dibawah 90/60 disebut sebagai tekanan darah rendah (hipotensi).

Tanda tekanan darah rendah – hipotensi diantaranya adalah pusing, kurang dapat berkonsentrasi, lemah, mudah capek, berkunang-kunang, mual dan juga dehidrasi.

darah 1

Penyebab dan Solusi Tekanan Darah Rendah – Hipotensi

Tekanan darah rendah ini terjadi karena beberapa penyebab, diantaranya adalah :

1.Istirahat yang berkepanjangan

“Bed rest” atau istirahat total dalam waktu yang cukup panjang dapat melemahkan sistem sirkulasi tekanan darah. .

2. Berkurangnya volume darah

Kehilangan darah karena pendarahan dalam atau luar dapat mengurangi jumlah darah dan akhirnya tekanan darah juga..

3. Kondisi Jantung

Detak jantung yang rendah – cenderung tidak normal  (Bradycardi) dapat menurunkan tekanan darah. Kondisi ini membuat jantung tidak dapat memompa oksigen dalam darah ke seluruh tubuh secara efisien, sehingga mempengaruhi tekanan darah.

4. Masalah dengan Kelenjar Endokrin

Seseorang yang mengalami penyakit kelenjar tiroid yang aktif atau penyakit Addison dapat menyebabkan sirkulasi darah dan tekanan darah yang buruk.

5. Hipotensi Ortostatik

Ini terjadi saat tekanan darah keseluruh tubuh gagal “berubah”karena posisi tubuh Anda. Misalnya saat Anda duduk untuk waktu yang lama dan saat tiba-tiba Anda berdiri, akan ditubuhkan sejumlah darah yang harus segera mengalir ke bagian bawah tubuh Anda. Hal ini dapat membuat Anda tiba-tiba merasa pusing. Keadaan ini biasanya ditengarai akibat samping dari anemia atau konsumsi jenis obat tertentu yang dapat merurunkan kekentalan darah.

cek darah

Penyebab dan Solusi Tekanan Darah Rendah – Hipotensi

Solusi

Walaupun yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter untuk dapat mengidentifikasi dan memastikan keadaan Anda, cobalah beberapa hal yang mungkin dapat memperbaiki tekanan darah rendan Anda yaitu :

1.Menaikkan jumlah konsumsi darah

2.Minumlah air yang cukup

3.Meditasi

4.Menggunakan stoking / kaos kaki yang ketat – secara umum dapat mengurangi sakit dan bengkak yang diakibatkan varises pembuluh darah. Hal ini akan membantu untuk mengurangi aliran darah yang cepat ke bagian bawah tubuh.

Sumber : CureJoy

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!