Menikmati Kesejukan Air Terjun Coban Jahe Kabupaten Malang

Menikmati Kesejukan Air Terjun Coban Jahe Kabupaten Malang – Kabupaten Malang memang kaya dengan obyek wisata alam yang layak dikunjungi. Mulai dari pantai yang indah, gunung yang terkenal di dunia, taman-taman wisata dan juga banyak air terjun yang oleh penduduk lokal disebut dengan Coban.

Kali ini saya dan teman-teman berkesempatan mengunjungi Coban Jahe yang terletak di Dusun Begawan, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Jaraknya hanya sekitar 25 kilometer dari pusat kota Malang.  Perlu sekitar 1,5 – 2 jam untuk mencapai Coban Jahe ini. Ini juga dengan perjalanan yang santai.

Coban Jahe ini searah dengan perjalanan ke Gunung Bromo atau Gunung Semeru jika Anda berangkat dari arah Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Jadi jika Anda pulang dari menikmati keindahan Gunung Bromo atau Semeru, Anda dapat mampir ke Coban Jahe dan menikmati kesejukan air dari air terjun yang tingginya sekitar 45 meter ini.

Untuk mencapai Coban Jahe dari Kota Malang mudah saja. Ambillah arah Tumpang – seperti menuju arah Gunung Bromo dari Jalan L.A. Sucipto – Blimbing, lalu berbeloklah ke kiri ke arah Desa Pandansari Lor. Carilah Dusun Begawan. Ada penunjuk arah di beberapa titik di sepanjang jalan. Jangan ragu untuk meneruskan perjalanan jika Anda menemukan jalan perdesaan yang tidak begitu lebar atau jalan makadam. Ya aksesnya memang tidak terlalu mudah dan cukup jauh dari jalan besar dan beberapa titik jalannya masih dapat dibilang rusak. Jika datang di musim penghujan, berhati-hatilah karena kemungkinan ban selip bisa terjadi.

Di sepanjang perjalanan menuju Coban Jahe ini, kita akan menikmati kebun-kebun sayuran milik petani setempat. Cukup menyegarkan mata. Setelah menyelesaikan perjalanan yang cukup menantang ini kita akan menemukan Taman Makam Pahlawan Kali Jahe yang terletak tepat di kaki kawasan wana wisata Coban Jahe ini.

Jika kendaraan Anda kurang prima, parkirlah kendaraan Anda di  dekat Taman Makam Pahlawan ini . Perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki beberapa ratus meter menuju gapura masuk dimana semua pengunjung harus membeli tiket masuk di loket sederhana yang buka setiap hari mulai jam 0800 – 1630.

Harga tiket masuk ke Coban Jahe yang berada dibawah pengelolaan Perum Perhutani Unit 2 RPH Sukopuro – Jabung adalah Rp. 5,000 (Desember 2017). Murah bukan? Di Coban Jahe ini, pengunjung dapat menghirup udara segar dan bersih serta bermain water tubing yang cukup seru.

Harga tiket masuk tersebut belum termasuk dengan harga water tubing yang cukup menantang. Jika Anda ingin mencoba tantangan bermain air di Water Tubing  Coban Jahe ini, Anda harus membayar Rp. 75,000/orang. Harga tiket water tubing di Coban Jahe ini adalah untuk beberapa fasilitas yang akan didapatkan yaitu pelampung, life jacket, helm, makanan dan minuman serta pemandu (guide).

Water Tubing di aliran Sungai Jahe ini menarik karena ada beberapa arus yang ditemui mulai dari yang landai hingga deras. Sungai Jahe ini tidak terlalu dalam, hanya sekitar tinggi paha orang dewasa, Tantangan terbesarnya adalah banyaknya bebatuan yang akan Anda temui selama bermain water tubing.

Di kawasan Wana Wisata Coban Jahe ini terdapat area perkemahan dimana pengunjung dapat berkemah dan bermalam. Fasilitas penunjang lain seperti mushola, kamar mandi dan toilet dan penjual makanan sederhana tersedia di kawasan ini. Mau naik kuda disekitaran hutan atau bermain flying fox, juga bisa loh.

Demi alasan keamanan, para pengunjung dilarang mandi dibawah air terjun yang arusnya cukup deras ini. Papan larangan terpasang di beberapa titik.

Ayo berlibur ke Malang dan menikmati air terjun Coban Jahe Kabupaten Malang yang menyegarkan dan menyenangkan.

 

AIR TERJUN COBAN JAHE

Dusun Begawan, Desa Pandansari Lor, Kecamatan Jabung. Kabupaten Malang

Buka setiap hari

Jam Operasional  08:00 – 16:00

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
error: Content is protected !!