Masakan Jawa Kuno di Kedai Rakjat Djelata Jogjakarta

Masakan Jawa Kuno di Kedai Rakjat Djelata Jogjakarta – Tidak pernah bosan saya dengan kota Jogja. Kota ini merupakan tempat berlibur yang menyenangkan untuk saya. Orang-orang sederhana, kota yang cukup bersih, banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi dan tentu saja tempat-tempat makan enak yang harus didatangi.

Masakan Jawa Kuno di Kedai Rakjat Djelata Jogjakarta Masakan Jawa Kuno di Kedai Rakjat Djelata Jogjakarta

Kali ini saya dibawa oleh seorang teman yang memang bermukim di Jogjakarta ke salah satu tempat makan unik yang ada di kota Gudeg ini. Namanya juga unik yaitu Kedai Rakjat Djelata. Iya, masih menggunakan ejaan Bahasa Indonesia lama. Unik bukan? Penasaran seperti saya? Mari kita menuju ke tempat makan ini.

Untuk mencapai Kedai Rakjat Djelata, kami berdua harus bergulat dengan padatnya lalu lintas Jogja dan menuju arah Lempuyangan. Apalagi sore hari saat para pekerja pulang menuju rumahnya masing-masing, lalu lintas Jogja makin padat saja. Akhirnya terlihat juga papan nama Kedai Rakjat Djelata.

Lokasi Kedai Rakjat Djelata ini tepatnya berada di Jalan Dr. Sutomo, Lempuyangan, Jogjakarta yang selalu istimewa. Setelah putar balik, kami memarkir sepeda motor di halaman parkirnya yang tidak terlalu luas. Dari luar nampak bangunan dengan nuansa Jawa yang cukup jadul. Vintage kata anak jaman now.

Masakan Jawa Kuno di Kedai Rakjat Djelata Jogjakarta Masakan Jawa Kuno di Kedai Rakjat Djelata Jogjakarta

Segera kami masuk dan melihat menu yang ditawarkan sore itu. Di bagian depan, kami memesan makanan dengan memilih makanan yang disajikan di lemari saji. Sore itu saya memesan nasi dengan beberapa jenis lauk dan sayur. Lalu di sisi lain, kami memesan minuman. Saya sih tetap memesan teh tawar.

Makanan yang disajikan di Kedai Rakjat Jelata adalah makanan ala rumah-rumah di Jawa yang mungkin disajikan oleh penduduk-penduduk lokal di jaman penjajahan dulu. Mungkin karena itulah tempat makan ini diberi nama Kedai Rakjat Djelata. Ada pepes, lodeh, oseng-oseng dan masih banyak lagi yang tentu saja dengan citarasa Jawa. Yang menarik adalah menu sate ayam rasa kambing yang dinamai Sate Lemoe Pak Djo, tapi kami tidak memesan menu ini di kunjungan kali ini.

Masakan Jawa Kuno di Kedai Rakjat Djelata Jogjakarta

Masakan Jawa Kuno di  Kedai Rakjat Djelata Jogjakarta ini rasanya enak dan harganya cukup ramah dengan kantong para pengunjungnya. Sesuai juga dengan moto Kedai ini yaitu 100% Murah, 100% Enak dan 100% Halal; makanan di kedai ini memang murah, enak dan halal.

Hanya sayang, sore itu nasi putihnya agak keras tetapi secara garis besar makanan dan minuman di kedai ini memanjakan lidah para pengunjungnya. Saya mencoba oseng mercon ususnya, wah, pedas sesuai dengan namanya. Oh ya, coba juga menu bacemannya yang pilihannya adalah kepala, sayap dan ceker ayam yang konon adalah bagian yang tidak dimakan oleh para kolonial. Menurut teman saya, brongkosnya juga enak loh.

Ada lagi yang menarik saat menikmati masakan Jawa kuno di Kedai Rakjat Djelata Jogjakarta yaitu dekorasi yang menarik dan instagramable.  Bagi yang suka berfoto, dipastikan Anda akan betah mencari titik menarik untuk difoto. Barang-barang kuno dan alat masak jadul ditata rapi di kedai ini.

Masakan Jawa Kuno di Kedai Rakjat Djelata Jogjakarta Masakan Jawa Kuno di Kedai Rakjat Djelata Jogjakarta

Peralatan makan yang digunakan untuk menikmati masakan Jawa kuno di Kedai Rakjat Djelata ini unik yaitu menggunakan piring seng kuno yang dulu pernah saya gunakan dulu saat saya kecil. Selain itu, para pramusajinya juga mengenakan kebaya dan kain panjang atau baju jawa lurik, persis seperti orang-orang jaman dulu.

Setelah selasai makan dan hendak membayar, di dekat meja kasir, saya melihat satu sisi dinding yang berisi tempelan uang kuno Indonesia. Wah, keren! Benar-benar ingin membawa suasana kuno ke jaman sekarang. Oh ya, untuk harga makanan di Kedai Rakjat Djelata ini murah saja, mulai dari Rp. 5.000 – Rp. 20.000.

Untuk menikmati masakan Jawa kuno di Kedai Rakjat Djelata Jogjakarta ini, Anda dapat datang setiap hari mulai jam 10:00 hingga 22:30. Untuk pagi hari hingga jam 15:00 ada menu khusus sarapan juga loh. Anda juga dapat memesan menu khusus untuk arisan atau pertemuan seperti nasi kembulan atau juga Buffet Rijsttafel dengan harga yang ramah kantong. Untuk menu khusus ini, harus dipesan minimal satu hari sebelumnya dengan jumlah minimal 10 (sepuluh) orang.

 

Masakan Jawa Kuno di Kedai Rakjat Djelata Jogjakarta

KEDAI RAKJAT DJELATA

Jalan Dr. Sutomo 54 Jogjakarta

Telepon : +62-274-743 7435

Buka setiap hari jam 10:00 – 22:30

WA : +62-882 1501 7000 (Mas Begenk) /+62-812 2755 5552 (Mbak Soemiyati)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

No Responses

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
error: Content is protected !!