Makan Nasi Buk Barokah ala Madura di Kota Wisata Batu

Makan Nasi Buk Barokah ala Madura di Kota Wisata Batu – Beberapa orang bilang kadang susah cari makan enak di Kota Wisata Batu. Tapi udara dingin membuat semua makanan hangat terasa enak. Ya memang, makan itu kembali ke selera. Mungkin tempat makan yang pernah Anda datangi sebelumnya belum cocok dengan selera Anda. Jangan khawatir, di Kota Wisata Batu mulai banyak tempat makan baru yang layak dicoba.

Salah satu tempat makan yang baru saja buka di awal tahun 2020 adalah Nasi Buk Barokah. Ya, Nasi Buk adalah masakan ala Madura. Biasanya untuk bisa menikmati makanan ini, penduduk Kota Wisata Batu harus pergi dulu ke Kota Malang. Mengapa? Karena memang dulunya tidak ada satupun tempat makan yang menyajikan Nasi Buk di Kota Wisata Batu.

Baru di awal tahun 2020, hadirlah Nasi Buk Barokah. Berkat tangan terampil dapur Hajjah Ririk, Nasi Buk Barokah hadir untuk meramaikan dunia kuliner di Kota Wisata Batu. Ya, sekaran warga Kota Wisata Batu dan para wisatawan yang berlibur ke kota ini dapat menikmati kelezatan kuliner ala Pulau Madura. Tidak perlu lagi jauh pergi ke Kota Malang untuk bisa menikmati sepiring nasi buk.

Seperti halnya nasi Buk yang lain, di Nasi Buk Barokah tersedia beberapa jenis lauk olahan daging sapi seperti empal, jerohan sapi : paru, limpa, lidah, usus dan juga sate daging. Jika Anda tidak mengkonsumsi daging sapi, Anda dapat memilih ayam goreng sebagai lauk.

Selain menu spesialnya ini, Warung Nasi Buk Barokah juga menyediakan menu lain seperti soto daging, rawon dan juga pecel. Jadi jika dalam rombongan Anda ataupun Anda sendiri, tidak makan daging; pecel atau nasi lodeh dapat menjadi pilihan.

Hari itu saya datang sudah cukup malam, menjelang jam 1900. Warung Nasi Buk Barokah hampir saja tutup dan kami adalah pengunjung terakhir hari itu. Untungnya, kami masih bisa menikmati makan malam kami disana. Saya dan teman-teman memesan Nasi Buk tentunya. Lauk yang kami pesan adalah lidah dan juga ayam.

Harga makanan di Nasi Buk Barokah Kota Wisata Batu ini berkisar antara Rp. 25.000 – Rp. 30.000. Sedangkan nasi pecel dibanderol dengan harga Rp. 10.000 (harga Mei 2020). Sayangnya, saya tidak sempat bertanya harga lauk lain malam itu.
Tanpa menunggu lama, pesanan kami tersaji di meja. Porsinya cukup besar dan isiannya banyak. Untuk sayur lodehnya, kita dapat memilih lodeh rebung atau nangka muda (tewel) tetapi jika mau dicampur keduanya juga boleh. Lalu ada serundeng, mendol tempe, kecambah, rempeyek kelapa khas Madura, lauk pilihan kita dan tentu saja sambal pedas khas Madura.

Nasi putih hangat membuat makanan ini terasa nikmat. Ditambah lagi bumbu masakan Nasi Buk Barokah ini memang pas dan enak tetapi tidak terlalu tajam. Sambalnya juga kuat dan pedas. Cocok dengan lodeh dan lauknya. Buat saya, rasa dan porsinya memuaskan.

Makan Nasi Buk Barokah ala Madura di Kota Wisata Batu ini bisa dijadikan sarapan ataupun makan siang. Sebelum Covid19, tempat makan ini buka mulai jam 0700 hingga 1900. Namun semenjak serangan virus ini, Nasi Buk Barokah Batu buka hingga jam 1500 saja.

Tempat ini bersih dan rapi serta tertata. Mudah saja untuk dapat menemukan tempat ini karena lokasinya tepat di seberang gedung BCA Batu. Benar-benar berlokasi di jalan utama Kota Wisata Batu. Bahkan tidak jauh dari Alun-alun Kota Wisata Batu.

Nah, ingin menikmati makanan tradisional enak di Kota Wisata Batu; silahkan saja mampir ke Nasi Buk Barokah olahan Hajjah Ririk. Enak! Perlu nasi kotak atau tumpeng? Nasi Buk Barokah juga dapat menyiapkannya untuk Anda. Direkomendasikan deh pokoknya!

NASI BUK BAROKAH – HJ. RIRIK

Jalan Panglima Sudirman 12, Depan BCA, Kota Wisata Batu

Tel : +62-878 7817 8543

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!