Keriangan dan Kesibukan Petani Saat Panen Padi di Lamongan JaTim

Keriangan dan Kesibukan Petani Saat Panen Padi di Lamongan JaTim – Bulan Maret 2016 lalu merupakan bulan tersibuk bagi para petani padi khususnya di daerah Lamongan, Jawa Timur. Hampir di semua desa di Kabupaten Lamongan  melakukan panen padi yang telah mereka tanam 3-4 bulan yang lalu.


Sepanjang jalan terlihat padi menguning yang siap untuk dituai, ah, seperti sajak lagu saja ya. Tapi memang itulah pemandangan yang akan kita lihat di sepanjang  perjalanan. Para petani baik lelak maupun perempuan bersama berbondong-bondong datang ke lahan garapannya sambil membawa peralatan panen.

Keriangan dan Kesibukan Petani Saat Panen Padi di Lamongan JaTim

Jaman sekarang sudah tidak ada lagi ani-ani,  alat panen yang digunakan kini adalah arit (sabit) karena hasil sabitannya lebih banyak daripada ani-ani sehingga panen lebih cepat selesai. Para perempuan dengan cekatan segera  menyabit padi yang bulir padi yang ranum dan siap dituai. Dengan gembira mereka memanen  bahkan sambil bercengkerama.  Para lelaki segera mengangkat hasil sabitan itu dan membawanya ke area yang telah diberi alas terpal. Mereka gembira karena hasil panen tahun ini melimpah sehingga mereka mendapatkan uang lebih untuk melanjutkan hidup dan membeli keperluan untuk masa tanam berikutnya. Bahkan membeli kendaraan bermotor baru jika harga jual gabah sedang baik.

Keriangan dan Kesibukan Petani Saat Panen Padi di Lamongan JaTim

Tak jauh dari area yang beralaskan terpal itu, telah menunggu beberapa lelaki dan mesin perontok gabahnya. Bulir padi yang telah disabit akan dimasukkan dalam mesin perontok ini sehingga menghasilkan gabah yang siap dimasukkan ke dalam karung untuk segera dikeringkan bahkan dijual.

Kesibukan panen hari itu mungkin melelahkan namun mereka gembira atas hasil panen yang baik dan berkualitas.  Sebuah kerja keras yang terbayarkan. Semoga hasil padi pada masa tanam berikutnya juga baik dan memuaskan.

3 Comments

  1. lilyudha1 April 7, 2017
  2. Terra May 3, 2017
    • lilyudha1 May 4, 2017

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!