Dari Bukit Bintang ke Stasiun Batu Caves dengan KTM Komuter

Dari Bukit Bintang ke Stasiun Batu Caves dengan KTM Komuter – Sebelum pandemi Covid 19 menyerang dunia, banyak orang yang suka datang ke Kuala Lumpur. Entah hanya untuk transit, berlibur bahkan tak jarang yang berburu makanan enak di kota bisnis Malaysia ini.

Saya adalah salah satu dari sekian banyak orang yang menikmati berjalan dan berburu makanan enak di Kuala Lumpur. Selain itu, ada beberapa tempat kegemaran yang sering kali saya kunjungi jika berada di Kuala Lumpur. Salah satu tempat favorit saya adalah Batu Caves dimana terdapat Kuil tempat bersembahyang umat Hindu Tamil.

Di kunjungan terakhir kemarin, saya menginap di kawasan Bukit Bintang. Salah satu area paling terkenal di kalangan pejalan mandiri ataupun pejalan ala ransel. Nah, bagaimana caranya pergi dari Bukit Bintang ke Stasiun Batu Caves dengan KTM Komuter.

Mudah saja! Dari Kawasan Bukit Bintang, melewati Jalan Nagasaril; saya berjalan menuju Stasiun Raja Chulan. Ini adalah stasiun dimana saya akan naik monorail menuju KL Sentral. Stasiun Raja Chulan ini hanya berjarak beberapa stasiun menuju KL Sentral. Anda juga dapat naik dari Stasiun Bukit Bintang. Mana saja yang lebih dekat dari posisi penginapan Anda tentunya.

Setelah membeli tiket di mesin Rapid KL, saya mendapatkan token yang digunakan untuk masuk ke dalam stasiun. Untuk membeli tiket ini, penumpang harus tahu stasiun tujuannya. Mengapa? Karena harga tiket yang harus dibayar tergantung jarak tempuhnya. Semakin jauh tentunya harganya lebih mahal.

Token harus diusapkan pada pintu masuk sesuai gambar. Setelah palang pintu terbuka, tentunya saya masuk dan naik ke platfom sesuai keterangan pada layar monitor. Ada 2 (dua) platform di stasiun Monorail Raja Chulan ini. Satu menuju KL Sentral dan satu lagi menuju Titiwangsa. Jangan salah naik platform karena pasti Anda akan naik kereta dengan tujuan sebaliknya.

Nah, tidak perlu lama untuk sampai di KL Sentral. Saya segera masuk ke Pusat Perbelanjaan NU Sentral yang memiliki akses tembusan ke KL Sentral. Setelah masuk ke stasiun terpadu terbesar di Kuala Lumpur ini, saya segera menuju loket KTM Komuter. Jika Anda datang dari arah NU Sentral, loket ini terletak di sebelah kiri Anda.

Rute KTM Komuter Malaysia

Antrilah di loket untuk membeli tiket. Harga tiket juga tergantung jarak tempuh. Dari KL Sentral menuju Stasiun Batu Caves, harga tiket yang harus saya bayar adalah RM 2.6. Setelah membayar, saya mendapatkan token warna kuning yang fungsinya sama seperti token yang saya dapat di Stasiun Raja Chulan. Untuk masuk platform, token ini harus diusapkan ke mesin sedang untuk keluar, token harus dimasukkan ke mesin.

Lokasi platform KTM Komuter tujuan Batu Caves dan Pulau Sebang berada di lantai dasar. Seingat saya tempat duduk untuk menunggu di area ini sangat terbatas. Jadi sebagian besar penunggu kereta akan berdiri. Tetapi tidak perlu khawatir karena kereta datang setiap 30 menit sekali. Namun terkadang, di jam-jam santai kereta datang dengan jeda kurang lebih 1 jam.

Kereta KTM Komuter pertama dari KL Sentral ke Batu Caves beroperasi pada pukul 06:56 pagi. Sedangkan kereta terakhir beroperasi pada pukul 22:46. Waktu tempuh dari KL Sentral ke Stasiun Batu Caves adalah kurang lebih 40-50 menit saja. Tidak terlalu lama kok.

Pastikan Anda menunggu di platform yang benar supaya Anda naik di kereta dengan tujuan yang benar. Perhatikan pengumuman di layar televisi di sekitar platform. Kereta datang, segeralah naik ke kereta. Penumpang dapat duduk di semua kursi yang kosong. Gerbong KTM Komuter cukup banyak jadi tidak perlu khawatir tidak mendapatkan tempat duduk.

Nah, tujuan kereta ini berakhir di Stasiun Batu Caves. Jadi tidak perlu khawatir untuk salah tujuan. Setelah keluar dari stasiun tujuan, saya tinggal mengikuti petunjuk arah menuju Kuil Batu Caves. Bahkan dari stasiun Batu Caves, kita sudah bisa kemegahan kuil ini.

Jadi, tidak perlu takut tersesat jika berjalan sendiri ke Batu Caves dari KL Sentral. Mudah dan murah. Untuk kembali ke KL Sentral dan Bukit Bintang, tinggal kebalikan dari arah berangkat tadi. Selamat berjalan-jalan!