Bermain Air dan River Tubing di Sumber Maron Kabupaten Malang

Bermain Air dan River Tubing di Sumber Maron Kabupaten Malang – Butuh tempat refreshing yang tidak jauh dari Kota Malang dengan harga tiket yang cukup murah tapi tetap menyenangkan? Jangan khawatir, Anda dapat menemukannya di sekitaran Kabupaten Malang. Loh kok di Kabupaten Malang?? Jangan protes dulu, lokasinya hanya sejauh 4 kilometer dari Kota Malang. Cukup dekat bukan?

Sumber Maron Kabupaten Malang

Sumber Maron ini adalah salah satu sumber air di Kabupaten Malang yang terletak di Dusun Adiluwih, Desa Pagelaran, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang. Sumber Maron ini sendiri sebenarnya terletak di perbatasan Kecamatan Kepanjen dan juga Kecamatan Gondanglegi

Apa sih Sumber Maron ini? Sumber Maron ini adalah sebuah air tawar yang sangat jernih yang sebelum dijadikan tempat wisata, oleh penduduk sekitar dimanfaatkan untuk tempat bertanam kangkung. Lokasinya sendiri berada ditengah perumahan dan persawahan di Desa Pagelaran ini. Jadi tidaklah mengherankan jika dahulu dimanfaatkan penduduk sekitar untuk sumber penghasilan.

Mengapa namanya Sumber Maron? Ada banyak versi, namun salah satunya menyebutkan bahwa sumber mata air ini berbentuk seperti Maron yaitu salah satu alat masak yang dikenal di Pulau Jawa.

Untuk mencapai sumber mata air yang sangat jernih ini, kita harus melewati rumah-rumah penduduk yang dengan kreatif menjual minuman, buah dan juga perlengkapan mandi bagi mereka yang tidak membawa dari rumah.

Bagaimana cara mencapai Sumber Maron ini? Jika Anda berangkat dari Kota Malang, ada baiknya menggunakan jalur Sukun-Pakisaji-Kepanjen. Kemudian lurus saja mengikuti jalan besar hingga menemukan pasar. Disini carilah petunjuk arah menuju Stadion Kanjuruhan. Dari sini ambillah arah menuju Gondanglegi hingga menemukan Masjid Jami Darussalam. Nah, dari depan masjid ini segera temukan petunjuk arah bertuliskan Sumber Maron. Ikuti saja jalan kecil menuju perkampungan dan tidak jauh dari sana Anda akan menemukan area parkir yang cukup luas. Disini para petugas parkir akan membantu Anda memarkir kendaraan Anda. Dari area parkir ini, kita perlu berjalan kaki ke arah bawah sekitar beberapa ratus meter untuk mencapai sumber air.

Di lokasi wisata Sumber Maron ini, pengunjung dapat berenang. Kolam ini terletak tidak jauh dari pintu masuk. Jika mau bermain air di sungai dengan river tubing, Anda masih harus berjalan lagi lebih jauh melintasi persawahan di sepanjang aliran sungai yang cukup deras ini. Jika sudah menemukan batu besar yang dialiri air yang bening dan segar, inilah lokasi bermain air.

Bermain air disini adalah berendam di aliran air di dekat batu besar dan air terjun kecil yang melintasinya. Hal lain yang dapat dilakukan adalah bermain river tubing. Jika ingin bermain river tubing, Anda harus menyewa ban dari kios-kios disekitar aliran sungai. Harga sewa ban di semua warung/kios ini sama.

River Tubing ini adalah salah satu aktivitas yang paling digemari para pengunjung Sumber Maron. Dengan duduk santai di atas ban yang disewa, pengujung akan membiarkan dirinya mengapung dan melintasi aliran sungai yang cukup deras ini serta tidak lupa merasakan sensasi terhalang bebatuan.

Ada baiknya Anda membawa baju ganti jika ingin bermain air dan river tubing di Sumber Maron Kabupaten Malang ini. Mengapa? Karena dipastikan tubuh dan baju Anda basah kuyub. Tidak perlu khawatir karena loker dan kamar mandi tersedia bagi para pengunjung yang membutuhkan. Tentu saja Anda harus membayar biaya sewa loker dan mandi di tempat ini.

Bermain Air dan River Tubing di Sumber Maron Kabupaten Malang ini dapat menjadi salah satu alternatif wisata murah dan menyenangkan di sekitaran Kota Malang. Harga tiketnya hanya Rp. 3,000 untuk dewasa dan Rp. 2,000 untuk anak (Harga Bulan Agustus 2017). Mungkin harga dapat dinaikan sehingga tempat ini dapat menjadi lebih baik dan terawat. Saat ini kondisinya masih kurang layak untuk dijadikan tempat wisata berkelas dan masih terkesan belum dikelola dengan profesional. Tapi hal ini tidak mengurangi niat pengunjung untuk menikmati kesegaran air Sumber Maron. Ayo segera main ke Sumber Maron dan rasakan sensasi bermain air dan river tubing disini. Pasti akan ketagihan.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE
error: Content is protected !!