5 Vitamin Terbaik Untuk Menumbuhkan Rambut Secara Efektif

5 Vitamin Terbaik Untuk Menumbuhkan Rambut Secara Efektif – Apa saja vitamin terbaik yang efektif untuk menumbuhkan rambut kita? Saat produk perawatan rambut dapat memperbaiki penampakan rambut Anda dan membuatnya luar biasa; di sisi lain tidak ada jalan pintas untuk mendapatkan nutrisi yang baik. Seperti yang telah ditekankan oleh para ahli bahwa rambut kita haruslah mendapatkan nutrisi terbaik seperti vitamin A, C, D, E dan vitamin B. Hal ini sangat penting untuk tetap menjaga rambut kita sehat, lembap dan terhindar dari kerusakan. Kekurangan vitamin-vitamin ini dapat menyebabkan kerontokan rambut atau kebotakan dan rambut Anda akan menjadi lebih cepat tua dari seharusnya.


Kunci untuk mendapatkan rambut berkilau bukan hanya dari produk perawatan rambut yang kita gunakan. Apa yang kita lakukan untuk menyuburkan rambut panjang kita dari dalam adalah hal yang sangat penting. Karena itu jika Anda ingin menumbuhkan rambut, pastikan bahwa nutrisi untuk rambut Anda terpenuhi. Tetapi ada beberapa vitamin tertentu yang lebih penting dari vitamin lainnya saat kita membicarakan rambut. Berikut adalah vitamin pertumbuhan rambut yang seharusnya kita tahu.

5 Vitamin Terbaik Untuk Pertumbuhan Rambut adalah :

1. Beri pelumas pada sistem tubuh kita dengan Vitamin A

Vitamin A sangat penting untuk membuat rambut kita tetap tumbuh, dapat digambarkan sebagai mesin yang diberikan pelumas dengan bik. Inilah nutrisi yang bertanggung jawab untuk produksi sebum. Sebum adalah minyak alami yang dihasilkan oleh tubuh untuk menjadi kulit dan rambut tetap lembab. Inilah mengapa rambut kita tidak menjadi kering saat dibiarkan begitu saja. Kelenjar sebum (yang memproduksi sebum) berada didekat akar rambut kita, di lapisan dermis kulit kita; bergantung pada asupan vitamin A yang larut dalam lemak untuk perkembangan dan pemeliharaan fungsi yang normal. Jadi jika kita ingin rambut yang lembut dan halus, pastikan makanan berikut ada dalam daftar belanja kita:

  • Jeruk
  • Buah dan sayura berwarna kuning
  • Sayuran dengan daun berwarna hijau gelap
  • Brokoli
  • Telur
  • Sereal dan susu
  • Minyak ikan

2. Vitamin B Untuk Pertumbuhan Rambut

Rambut yang sehat membutuhkan vitamin B. Tanpa vitamin B, akan terjadi kerontokan rambut; seperti ditemukan pada penelitian tentang pentingnya vitamin B Biotin. Kekurangan vitamin B12 pada masa kecil dapat mengakibatkan uban lebih awal. Tambahkan persediaan sereal yang diperkaya dengan vitamin B, ikan, telur, daging dan susu. Vitamin B12 biasanya ditemukan di :

  • kerang-kerangan
  • Daiging unggas
  • Susu
  • Telur
  • Jerohan hewan

3. Vitamin C : Pertahanan Kita Melawan Penuaan Dini

Vitamin C secara umum ditemukan pada buah sitrus dan jenis jeruk yang lain, sayuran berwarna oranye, bayam, tomat, kentang, ubi-ubian, kol, brokoli dan aneka beri; yang sangat penting pada produksi kolagen. Protein kolagen di batang rambut Anda dapat membantu rambut untuk bertumbuh dan berfungsi untuk membangun pertahanan untuk rambut itu sendiri. Disamping itu, anti oksidan pada vitamin C mempunyai andil yang sangat penting untuk menjaga tubuh kita dari kerusaka akiba radikal bebas dengan menetralkan zat radikal bebas ini. Tanpa adanya anti oksidan non enzimatik ini, rambut kita akan mengalami kerusakan yang progresif karena struktur selnya juga akan mengalami kerusakan yang kita sebut sebagai penuaan dini. Dan hasil penuaan ini ini adalah rambut yang beruban dan alopesia (kerontokan rambut akibat kerusakan sistem imunitas tubuh) atau berkurangnya pertumbuhan rambut.

4. Vitamin D

Para peneliti menemukan hubungan antara kekurangan asupan vitamin D dengan kerontokan rambut. Vitamin ini penting untuk pengaturan imunitas dan juga berpengaruh pada pertumbuhan dan deferensiasi sel. Penelitian pada binatang menunjukkan bahwa keuntungan dari terapi dengan nutrisi menunjukkan adanya pertumbuhan rambut pada mereka yang mengalami masalah kerontokan rambut. Akan tetapi, penelitian lebih lanjut dibutukan untuk memastikan keamanan dan keefektifan terapi nutrisi dengan Vitamin D ini pada manusia dengan masalah kerontokan rambut. Vitamin D bisa kita dapatkan dari beberapa jenis ikan seperti salmon, tuna dan makarel atau keju, kuning telur dan hati sapi. Penting juga untuk mendapatkan paparan sinar mathari yang cukup setiap harinya untuk membantu tubuh kita menghasilkan vitamin D secara alamiah.

5. Kenalilah Manfaat Pencegahan dari Vitamin E

Vitamin E sangatlah populer dalam dunia kosmetik, juga merupakan vitamin yang sangat bermanfaat untuk rambut kita. Diantara hal lain, Vitamin E menjaga rambut kita dari kerusakan akibat sinar matahari atau tekanan oksidasi saat rambut kita terpapar sinar ultraviolet. Salah satu penelitian membuktikan bahwa mengkonsumsi supplement Vitamin E selama 8 bulan dapat meningkatkan pertumbuhan rambut kita sebanyak 34,5%. Penelitian ini dilakukan pada mereka yang mengalami kerontokan rambut. Seperti Vitamin C, Vitamin E juga merupakan anti oksidan dan bagian dari tubuh kita yang melawan kerusakan akibat radikal bebas, uban dan mengurangi kerontokan. Vitamin E dapat ditemukan di makanan berikut :

  • Biji-bijian
  • Sayuran berdaun hijau
  • Brokoli
  • Kacang-kacangan

Akibat dari Kekurangan Vitamin antara lain adalah

  • Para peneliti telah menemukan bahwa kekurangan pigmen rambut, yang dikenal dengan uban, ada hubungannya dengan kekurangan vitamin D3 atau B12.
  • Kekurangan konsumsi vitamin dapat menyebabkan munculnya masalah kesehatan, selain rambut kitapun akan kekurangan vitamin juga. Kenyataannya, tidak terpenuhinya vitamin-vitamin ini dalam tubuh menyebabkan rambut kita lebih cepat beruban karena tidak adanya perlindungan oleh vitamin-vitamin ini.
  • Selain fungsi masing-masing, vitamin-vitamin ini juga merupakan anti oksidan yang berfungsi menjaga rambut kita. Vitamin-vitamin ini melindungi rambut kita dari racun yang terpapar yang dapat mempercepat kerusakan dan uban pada rambut.
  • Dengan kata lain, tampa vitamin, kita mungkin akan mempunyai rambut yang lebih kering dan lebih rapuh sehingga akan mudah rontok dan patah. Akibat lain adalah beruban lebih cepat dari seharusnya. Kalau kita kurang beruntung, mungkin saja kita akan mengalami semuanya.

Sumber : www.curejoy.com

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!