Soto Ayam Podjok Legendaris di Kota Kediri

Soto Ayam Podjok Legendaris di Kota Kediri – Kota Kediri memang terkenal dengan tahu dan industri rokoknya. Namun, ada beberapa hal lain yang dapat kita temui dan kunjungi di kota yang tenang ini. Ada Simpang Lima Gumul yang sering disebut sebagai fotokopi Arc de Triomphe de I’Etoile Paris. Lalu Puh Sarang sebuah tempat ziarah umat Katolik dimana terdapat jalan salib dan gua Maria.Tak jauh dari Simpang Lima Gumul, ada juga Padepokan Jayabaya yang terkenal di cerita rakyat Jawa.

Setelah berwisata seharian di Kota Kediri, tentunya kita perlu juga mengisi perut. Tentunya tidak afdol jika kita ke suatu kota tetapi tidak menikmati kuliner daerah itu. Ada beberapa tempat makan yang direkomendasikan untuk didatangi selama berada di Kota Kediri.

Bagi penggemar soto ayam, di Kota Kediri ada satu penjual soto ayam yang sudah melegenda. Menurut informasi, soto ayam ini sudah mulai beroperasi sejak tahun 1926. Konsisten dan tekun adalah kunci kesuksesan Soto Ayam Podjok Kota Kediri sehingga masih beroperasi hingga kini. Saat ini pengelolanya adalah generasi keempat dan kelima namun tetap menjaga rasa soto warisan keluarga ini.

Setelah sekian lama saya penasaran dengan depot ini, akhirnya di suatu akhir pekan saya mampir juga. Depot Soto Ayam Podjok di Kota Kediri ini bersih. Desain bangunannya bisa dibilang adalah bangunan kolonial yang tetap dipertahankan bentuknya.

Walaupun tanpa pendingin ruangan, berada Depot Soto Ayam Podjok ini tidak terlalu terasa gerah. Jendela besar dan terbuka membuat sirkulasi udara di depot ini mengalir baik. Meja dan kursi serta toples kacanya juga masih ala jadul namun terawat serta bersih. Untuk saya, tempat makan yang bersih adalah salah satu hal penting untuk dipertimbangkan.

Sesuai namanya, menu yang dijual di Depot Soto Ayam Podjok di Kota Kediri ini memang hanya soto ayam. Namun, ada beberapa makanan kecil lain yang dapat dipilih sebagai pendamping soto. Ada tahu goreng khas Soto Podjok, kulit ayam goreng, ampela ati ayam juga urian. Sedangkan minuman yang dijual adalah teh, kopi, jeruk nipis, sirup, soda gembira dan es squash.

Untuk makan siang saya hari itu, saya memesan semangkuk soto ayam pisah. Maksudnya nasinya dipisah dari kuah dan daging ayamnya. Jadi saya bisa menikmati benar-benar keistimewaan kuah soto olahan Soto Podjok Kota Kediri ini.

Kuah soto ayam olahan Soto Ayam Podjok Legendaris di Kota Kediri ini bening dan ringan. Ada sedikit koya, bawang merah goreng dan daun seledri yang dipotong halus. Rasa sotonya enak walaupun sayangnya di lidah saya, bumbu soto di sini kurang kuat. Tapi selera orang berbeda-beda kan?

Porsi sotonya tidak terlalu besar jadi paslah untuk saya. Cukup mengenyangkan untuk makan siang setelah perjalanan jauh menuju Kediri. Harga semangkuk soto pisah di Depot Soto Podjok Kota Kediri ini adalah Rp. 21.000 (November 2019). Mungkin bisa dibilang agak mahal dibandingkan dengan ukuran porsinya.

Karena Depot Soto Podjok Kota Kediri ini adalah salah satu legenda kuliner di Kota Kediri, tidak ada salahnya jika Anda mencobanya. Bisa jadi, sesuai dengan selera Anda. Pastinya ayam yang digunakan disini adalah ayam kampung asli. Jadi tidak terlalu berlemak dan berminyak.

Depot Soto Podjok Kota Kediri ini buka setiap hari bahkan di hari libur nasiona. Namun di bulan puasa, depot soto ini buka di pagi dan sore hari saja. Mudah menemukan Depot Soto Podjok ini. Karena saya datang dari arah Stasiun Kereta Api Kediri Kota, maka saya hanya berjalan kaki ke tempat ini. Kurang dari 10 menit, saya sudah tiba dan memesan semangkuk soto disini.

Dari Stasiun Kereta Api Kediri Kota, saya berjalan lurus keluar ke arah Jalan Dhoho. Belok kiri, sampai menemukan Hotel Grand Surya Kediri. Masih lurus lagi melalui kawasan pertokoan hingga ada pertigaan pertama. Nah, Depot Soto Podjok ada di sebelah kanan. Jadi saya harus menyeberang.

DEPOT SOTO PODJOK KOTA KEDIRI

Jalan Dhoho 146, Kediri – Buka setiap hari jam 0700 – 1600

Telepon : +62-354-688402

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!